Menu
bangunan bersejarah
News and Lifestyle

8 Arsitektur Bangunan Bersejarah yang Mengagumkan

Ben Small Stars
Author
Ben
2022.03.14

Apakah kamu senang mengunjungi tempat bersejarah? Di Indonesia sendiri banyak sekali bangunan bersejarah yang bisa kamu kunjungi untuk wisata atau sarana edukasi. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan bangunan sejarah? Apa saja bangunan bersejarah yang bisa kita temukan di Indonesia? 

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Pada dasarnya, bangunan bersejarah merupakan wujud fisik dari konstruksi yang memiliki nilai penting seperti waktu, fungsi, keindahan, model, peristiwa, dan keunikan yang memiliki hubungan dengan masa lalu. Mengunjungi tempat bersejarah atau bangunan bersejarah seperti museum adalah kegiatan wisata yang menyenangkan untuk memperoleh banyak ilmu-ilmu baru dari sejarah yang ada di dunia.  

Pasti kamu ingat pada semboyan Jasmerah atau Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah? Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui sejarah, terutama bangunan bersejarah yang ada di sekitar kita.  

Mau tahu apa saja bangunan bersejarah yang ada di Indonesia? Let’s get right into it! 

1. Lawang Sewu

lawang sewu

Apakah kamu pernah mengunjungi Lawang Sewu? Bangunan bersejarah ini merupakan salah satu peninggalan sejarah di era penjajahan Belanda. Lawang Seru terletak di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.  

Pada zaman dahulu Lawang Sewu digunakan sebagai Kantor Perusahaan Kereta Api Hindia Timur. Keunikan dari arsitektur Lawang Sewu  membuat bangunan ini menjadi tempat wisata yang paling sering dikunjungi. 

Sesuai dengan namanya, Lawang Seru artinya adalah seribu pintu. Meskipun jumlah pintu yang ada di Lawang Sewu tidak mencapai seribu pintu, terdapat banyak pintu dan jendela yang membuat arsitektur Lawang Sewu menjadi sangat eksotik untuk dikunjungi. 

2. Kelenteng Sam Po Kong

sam poo kong

Bentuk arsitektur yang mirip dengan gua batu besar di bukit batu membuat Kelenteng Sam Po Kong dulunya dikenal dengan sebutan Gedung Batu.  

Awal mula Kelenteng Sam Po Kong pada zaman dahulu digunakan sebagai persinggahan Sam Po Tay Dijen atau Laksamana Cheng Ho dari Cina. Sementara di zaman sekarang, bangunan bersejarah ini digunakan sebagai tempat pemujaan maupun tempat peringatan.  

3. Keraton Yogyakarta

keraton yogyakarta

Apakah kamu sering mengunjungi Yogyakarta? Berwisata ke Daerah Istimewa Yogyakarta tanpa mengunjungi Museum Keraton Yogyakarta rasanya kurang lengkap nih! Karena di Keraton Yogyakarta kamu bisa mengetahui rumah sultan dan tradisinya, hingga koleksi milik kesultanan. 

Keraton Yogyakarta merupakan salah satu bentuk dari arsitektur istana khas Jawa yang terbaik. Hal ini dibuktikan dengan adanya balairung mewah serta paviliun yang luas membuatnya menjadi sangat mengagumkan. 

4. Benteng Fort Rotterdam

benteng fort rotterdam

Berlokasi di Makassar, Benteng Fort Rotterdam merupakan bangunan bersejarah yang masih berdiri megah dan memiliki arsitektur unik.  

Zaman dahulu Benteng Fort Rotterdam dibangun untuk melawan penjajah Belanda. Terdapat bentuk di bangunan tersebut yang memiliki ciri khasnya sendiri, yaitu bentuk permata atau bagian yang tajam di setiap penjuru mata angin dan dinding setinggi tujuh meter. Fungsi dari arsitektur tersebut yaitu sebagai penjaga di garis terdepan dan pertahanan ketika tentara Belanda menyerang.  

5. Monumen Nasional

monas

Monumen Nasional atau sering kita sebut sebagai Monas merupakan bangunan bersejarah yang menceritakan tentang sejarah di Indonesia sejak zaman kerajaan Hindu Buddha hingga pemerintahan Soeharto.  

Kemegahan bangunan bersejarah ini dapat kita lihat dari arsitekturnya yang mengagumkan hingga ciri khas Monas yaitu lidah api berlapis emas. Tinggi bangunan bersejarah ini yaitu mencapai 132 meter sehingga kita bisa melihat pemandangan Kota Jakarta dari puncak Monas.  

6. Istana Maimun

istana maimun

Istana Maimun merupakan ikon kota Medan yang menjadi bangunan bersejarah hasil dari rancangan arsitek asal Italia dan didirikan oleh Sultan Deli. Bangunan ini memiliki 30 ruangan dengan total luas bangunan sebesar 2,772 meter persegi. 

7. Candi Prambanan

candi parambanan

Sudah pernah mendengar kisah Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso? Legenda tersebut menceritakan tentang permintaan Roro Jonggrang untuk dibuatkan 1000 candi dalam waktu semalam. Hingga pada akhirnya terciptalah Candi Prambanan yang memiliki arsitektur megah dengan legendanya yang khas.  

8. Tongkonan

Pernahkah kamu mengunjungi rumah adat dengan arsitekturnya yang unik dan mengagumkan? Biasanya bangunan tersebut dibuat oleh arsitek yang handal. Akan tetapi berbeda dengan bangunan Tongkonan.  

Tongkonan merupakan kreasi dari sekelompok masyarakat Tana Toraja di Sulawesi Selatan yang mencintai adat istiadat. Bangunan ini kerap dianggap sebagai perahu telungkup dan mirip dengan Rumah Gadang.  

Nah sekarang kamu sudah mengenal 8 arsitektur bangunan bersejarah di Indonesia yang mengagumkan. Selain arsitekturnya yang khas, setiap bangunan bersejarah memiliki makna dan sejarahnya sendiri. Oleh karena itu kamu bisa mengunjungi bangunan—bangunan atau tempat bersejarah untuk sekedar rekreasi dan belajar sejarah. 

Biasanya wisatawan yang datang ke tempat bersejarah adalah orang asing dari luar negeri. Agar kamu tidak kesulitan ketika berbicara dengan mereka, ikut gabung di kelas demo GRATIS EF yuk! 

Di kelas ini kamu akan diajarkan cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah. Sebelum kehabisan tempat, DAFTAR SEKARANG juga! 😉  

Ben Small Stars
Author
Ben