Menu
olahraga asal jepang
News and Lifestyle

7 Olahraga Asal Jepang yang Mendunia

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.07.02

Siapa yang tidak tahu dengan negara Jepang? Terkenal dengan julukan negeri sakura ini memiliki sejuta pesona yang indah. Mulai dari Gunung Fuji hingga Menara Tokyo semua menjadi daya tarik tersendiri bagi negara Jepang.

Kental dengan budayanya yang khas, Jepang tidak bisa dipisahkan dari sejarah yang menyelimuti negerinya. Tidak hanya tersohor karena hal itu, ternyata Jepang memiliki warisan budaya tradisional berupa olahraga. Bahkan beberapa olahraga milik Jepang telah dinikmati dan dimainkan hingga seluruh dunia.

Apakah kamu penasaran? Artikel di bawah ini akan sedikit mengulik olahraga asal Jepang yang berhasil dikenal dunia. Kira-kira apa saja ya olahraganya? Yuk simak artikel dibawah.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Sumo

sumo olahraga asal jepang

Olahraga gulat tradisional asal Jepang ini memiliki popularitas yang cukup tinggi. Meski hanya memiliki enam turnamen setiap tahunnya, tetapi tiket pertandingan sumo selalu terjual habis dengan cepat. Pada dasarnya, sumo hampir sama seperti pertandingan gulat biasanya tetapi ada beberapa peraturan yang sedikit berbeda.

Dalam sebuah pertandingan sumo, dua pegulat saling berhadapan dalam sebuah arena. Pertandingan dimulai ketika kedua pegulat meletakkan kedua tangan di tanah dan berakhir ketika salah satu pegulat menjatuhkan lawannya ke tanah atau mendorongnya keluar dari arena.

Walau kepopuleran sumo telah mencapai kancah internasional, masih banyak yang belum tahu bahwa olahraga ini kental dengan aturan yang cukup ketat. Seorang pegulat sumo harus disiplin dalam mengikuti aturan yang ditetapkan. Seperti menjaga berat badan dan aturan berpakaian. Pada level profesional, pegulat sumo harus tinggal di tempat yang disebut heya untuk berlatih dan belajar displin yang ketat.

2. Kendo

kendo olahraga asal jepang

Berasal dari tradisi latihan berbasis pedang miliki samurai Jepang, olahraga kendo telah dikenal hingga seluruh dunia. Setidaknya diperkirakan terdapat enam juta orang yang berlatih kendo. Tidak hanya populer di negara asalnya saja, kendo juga ramai di negara seperti Korea, Amerika Serikat, dan sebagian Eropa. 

Permainan kendo mirip dengan anggar karena sama-sama menggunakan pedang di sebuah arena. Bedanya, dalam kendo menggunakan pedang yang terbuat dari kayu atau bambu. Dua orang dalam arena akan saling berhadapan dengan memakai pelindung kepala dan tubuh. Mereka akan “berduel” melawan satu sama lain dengan menggunakan berbagai teknik ayunan pedang.

3. Judo

judo olahraga asal jepang

Seni bela diri Judo telah dikenal secara global karena kehadirannya menjadi bagian dari ajang olahraga internasional empat tahunan. Sejak saat itu, Judo menjadi sangat populer di seluruh dunia. Selain Jepang, Perancis menjadi negara kedua yang memiliki lebih dari 500.000 pemain Judo. Berkat kepopulerannya, saat ini Judo dikatakan memiliki lebih dari 50 juta pemain di seluruh dunia.

Arti dari Judo sendiri yakni “the gentle way” atau “cara yang lembut”. Secara lebih mendalam, prinsip permainan Judo adalah dengan menggunakan kekuatan paling sedikit yang diperlukan untuk bisa melempar lawan dengan teknik dan waktu yang tepat. Seperti seni bela diri kebanyakan, Judo memiliki tingkatan yang dibedakan dengan warna sabuk.

4. Aikido

aikido asal jepang

Konsep permainan Aikido hampir mirip dengan Judo. Aikido berfokus pada pendekatan untuk mengarahkan serangan tanpa “membahayakan” lawan. Gerakan di Aikido lebih defensif dan hanya sedikit gerakan untuk menyerang. Dibanding dengan seni bela diri asal Jepang lainnya, Aikido paling dianggap memiliki filosofi anti dengan kekerasan.

Aikido merupakan olahraga yang dianggap cukup baru karena hadir pada tahun 1942. Masa keemasan olahraga ini ada pada sekitar tahun 1980-an. Meskipun tidak sepopuler dahulu, Aikido masih banyak dimainkan oleh beberapa orang dan beberapa tempat masih membuka latihan untuk olahraga Aikido.

5. Kyudo

kyudo asal jepang

Apabila kamu familiar dengan olahraga panahan, Kyudo merupakan olahraga tradisional Jepang yang permainan utamanya adalah memanah. Kyudo yang dikenal sekarang telah berevolusi dari bentuk aslinya. Dalam sebuah pertandingan, seorang pemain menembakkan panah ke sasaran yang berjarak 28 hingga 60 meter. Busur yang mereka gunakan panjangnya sekitar 2,21 meter dan terbuat dari kayu dan bambu yang direkatkan.

Pemenang pertandingan adalah orang yang mengenai target dengan jumlah anak panah paling banyak. Ada sekitar 500.000 pemain Kyudo dan sekitar 2.500 fasilitas Kyudo di Jepang saat ini. Peningkatan popularitas Kyudo disebarkan oleh orang Jepang yang tinggal di luar negeri.  Hingga saat ini Kyudo ramai dimainkan terutama di Amerika Serikat dan Eropa.

6. Yabusame

yabusame asal jepang

Sedikit berbeda dengan Kyudo, Yabusame merupakan sebuah tradisi yang menerapkan seni memanah dengan menunggang kuda. Sampai Abad Pertengahan, menembakkan panah sambil menunggang kuda dengan kecepatan penuh adalah keterampilan penting bagi para pejuang. Yabusame dimulai sebagai bentuk pelatihan militer yang menggabungkan menunggang kuda dan memanah.

Di antara acara Yabusame yang diadakan di seluruh Jepang, yang paling terkenal adalah Yabusame pada tanggal 16 September di Kuil Tsurugaoka Hachiman. Pada zaman modern, tujuan Yabusame yakni sebagai olahraga dan seni bela diri. Permainan Yabusame biasanya dilakukan dengan tujuan untuk dapat mengenai sasaran sambil bergerak di atas kuda. Hingga saat ini tradisi Yabusame menjadi daya tarik tersendiri bagi turis yang sedang berkunjung ke Jepang. Apakah kamu juga tertarik untuk mencobanya?

7. Karate

Karate merupakan seni bela diri yang muncul pada abad keempat belas di pulau Okinawa. Dalam bentuk karakter kanji, “kara” dan “te” masing-masing berarti “kosong” dan “tangan” untuk mencerminkan sifat seni bela diri yang tanpa senjata. Karate masih sangat dihargai di sekolah-sekolah Jepang saat ini. Hal ini karena Karate dianggap sebagai seni bela diri yang aman dan gerakan dasarnya tidak melibatkan menyerang lawan, serta tanpa memerlukan peralatan atau fasilitas khusus.

Seiring berjalannya waktu, Karate mulai berkembang dari bentuk yang asli dan memiliki beberapa perbedaan yang mencolok. Saat ini, karate telah menjadi fenomena global dan banyak negara yang familiar dengan permainan ini. Karate terus menjadi populer dan masih dipraktekkan sampai sekarang. Saat ini, sekitar 100 juta orang di lima benua dan 192 negara berlatih Karate, menjadikannya benar-benar olahraga yang dikenal dunia.

Nah, itu dia 7 olahraga asal Jepang yang telah mendunia. Dari artikel di atas, olahraga mana yang namanya baru kalian dengar? Ternyata selain menyimpan pesonanya, Jepang juga memiliki warisan olahraga nasional yang tidak kalah kerennya.

Mempelajari sejarah dan kebudayaan negara lain bisa menambah pengetahuan dan wawasan kita, lho! Selain belajar mengenai kedua hal tersebut, kamu juga bisa mengimbanginya dengan belajar bahasa Inggris.

Kamu tidak perlu bingung, karena di EF kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan guru profesional dan berbagai metode pembelajaran yang seru. Jadi, kamu bisa mengembangkan dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu!

Untuk kamu yang ingin bergabung, saat ini EF sedang ada promo menarik yang bisa kamu dapatkan. Kamu hanya perlu mengisi data diri pada halaman ini untuk bisa menikmati penawaran khusus. Yuk segera bergabung bersama EF!

Ben Small Stars
Author
Ben