Menu
7 makanan untuk tingkatkan daya ingat anak
Education Advice

7 Makanan untuk Tingkatkan Daya Ingat Anak

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.09.23

Salah satu yang mungkin jadi kekhawatiran Anda sebagai orang tua, mungkin adalah asupan dan makanan yang baik untuk anak-anak. Sebenarnya, apa saja makanan yang bisa membantu meningkatkan daya ingat sang buah hati? Simak 7 makanan peningkat daya ingat anak!

Melihat anak tumbuh dan berkembang dengan baik adalah impian bagi setiap orang tua. Peran dari orang tua merupakan salah satu faktor penentu bagi perkembangan anak. Terutama dalam membantu anak untuk bisa mengembangkan potensi yang dimilikinya sejak dini.

Terdapat beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa masa usia dini adalah periode emas bagi perkembangan anak.  Periode emas ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin karena menjadi bagian dari periode kritis yang dapat mempengaruhi perkembangan anak ke depannya.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Untuk melewati periode kritis ini, anak memerlukan asupan gizi, kesehatan, dan pendidikan yang merupakan pilar utama dalam proses perkembangan anak usia dini. Asupan gizi yang baik tentunya dipengaruhi oleh pola makan anak yang seimbang. Selain dapat mempengaruhi perkembangan anak, makanan juga dapat meningkatkan daya ingat anak.

Berikut tujuh jenis makanan untuk meningkatkan daya ingat anak yang perlu Anda tahu.

1. Sayuran

sayuran brokoli wortel

Sayuran merupakan salah satu sumber makanan yang sangat dibutuhkan oleh anak pada masa pertumbuhannya. Hal ini dikarenakan kandungan yang dimiliki oleh sayuran dapat memberikan sumber flavonoid, vitamin, dan mineral untuk tubuh, seperti Vitamin A, Vitamin C, zat besi dan fosfor.

Beberapa sayuran yang dapat meningkatkan daya ingat pada anak di antaranya adalah kubis, bayam, brokoli, wortel, labu, dan tomat.

2. Buah

buah alpukat jeruk berry

Selain kaya akan rasanya yang enak dan disukai anak, buah juga memberikan manfaat untuk meningkatkan daya ingat. Hal ini dikarenakan buah memiliki kandungan nutrisi seperti serat, Vitamin A, Vitamin C, folat, dan kalium yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Beberapa buah yang dapat meningkatkan daya ingat pada anak di antaranya adalah buah berry, delima, alpukat, jeruk, dan apel. Berdasarkan hasil penelitian, kandungan lemak pada alpukat merupakan jenis lemak yang dibutuhkan oleh sel otak dalam proses pembentukan dan penyimpanan daya ingat anak. Selain itu, apabila kita ingin mengonsumsi apel, ada baiknya tidak dikupas kulitnya karena terdapat kandungan kuersetin dan antioksidan yang dapat menurunkan risiko Alzheimer.

3. Serelia

bij bunga matahari

Jenis makanan serelia atau biji-bijian yang dapat meningkatkan daya ingat di antaranya adalah biji labu dan biji bunga matahari. Biji labu mengandung antioksidan kuat, seng, dan magnesium yang berfungsi untuk menangkal kerusakan radikal bebas, meningkatkan sinyal saraf, dan daya ingat.

Sementara itu, kandungan yang terdapat pada biji bunga matahari membuat kinerja otak lebih tenang dan mengurangi tekanan pada otak sehingga anak dapat menangkap daya ingat yang lebih besar. 

4. Kacang-kacangan

Jenis kacang

Kacang-kacangan dikatakan baik bagi otak karena merupakan sumber serat, mineral, dan vitamin. Selain itu, kacang-kacangan juga memiliki karbohidrat kompleks dan protein sehingga dapat memberikan energi pada otak dan meningkatkan kemampuan berpikir.

Beberapa kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan daya ingat anak di antaranya adalah kacang kedelai, kacang merah, kacang tanah, kacang walnut, kacang hazelnut, dan kacang pinto.

5. Telur

telur

Salah satu makanan yang sering kita konsumsi ini ternyata memiliki banyak vitamin yang berperan penting dalam menjaga kesehatan otak. Kandungan yang ada pada telur di antaranya adalah B6, B12, folat, dan kolin.

Berdasarkan penelitian, kandungan kolin pada telur bermanfaat untuk menjaga daya ingat dan mental yang lebih baik.

6. Ikan

ikan salmon

Sering sekali ikan dikategorikan sebagai makanan yang dapat mencerdaskan otak karena penyerapan daya ingat yang tinggi. Asam lemak yang ada pada ikan seperti omega 3 ini merupakan kandungan yang sangat penting dalam jaringan otak.

Kandungan ini bisa didapatkan apabila mengonsumsi beberapa jenis ikan seperti ikan tuna, ikan salmon, dan ikan kakap.

7. Daging

raw meat

Apakah anak Anda termasuk yang sangat suka mengonsumsi daging? Ternyata daging juga memiliki peran penting dalam meningkatkan daya ingat pada anak. Khususnya adalah daging sapi.

Pada daging sapi, terdapat kandungan mineral esensial dari zat besi dan seng yang membuat otak dapat berkonsentrasi dengan baik. Namun, sebelum mengonsumsi daging sapi untuk meningkatkan daya ingat anak, pastikan pilih daging yang tidak banyak mengandung lemak.

Apabila anak Anda sulit mengonsumsi beragam jenis makanan tersebut, ada baiknya Anda membuat hidangan makanan yang unik dan kreatif. Misalnya dengan mengubah bentuk makanan asli menjadi bentuk hewan yang disukainya atau kartun favoritnya.

Meningkatkan daya ingat anak tidak terlalu sulit. Apalagi jika Anda memutuskan untuk bergabung dalam kelas demo GRATIS di EF. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan promo menarik di bulan ini hanya dengan mengisi formulir pendaftaran yang telah tersedia.

Tertarik ingin mencoba? Daftar sekarang juga!

Ben Small Stars
Author
Ben