Menu
film remaja
Listening and Speaking

6 Rekomendasi Film Remaja Edukatif. Siap untuk Movie Maraton?

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.12.16

Libur telah tiba! Wah asyik ya yang sudah libur. Apa saja nih kegiatanmu? Jalan-jalan dengan keluarga, pergi rekreasi, liburan ke rumah nenek? Banyak pilihan ya pastinya. Setelah pusing dengan segala tugas dan ujian, sudah saatnya kamu refresh diri. Nah, salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan adalah nonton film, bisa bersama dengan keluarga lho. Siap untuk movie maraton?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Sebelum itu, alangkah baiknya, Jika kamu memilih film yang edukatif atau film yang bisa memberi pesan moral ya. Nah, 6 film ini bisa menjadi tontonan yang layak kamu nikmati di penghujung tahun 2022. Ada apa saja?

Yuk, simak artikel ini!

1. Enola Holmes

detektif

Siapa yang tahu Sherlock Holmes? Pernah baca bukunya atau nonton filmnya? Ceritanya mengenai detektif yang sangat detail, saat memeriksa tkp (tempat kejadian perkara). Saking pinternya, Sherlock menjadi dektektif yang sangat terkenal. Nah, kamu sudah tahu belum, kalau Sherlock punya adik perempuan, bernama Enola? Sama seperti kakaknya, Enola juga cerdik dan ingin menjadi detektif. Tapi, Enola masih remaja, jadi masih mencari jati diri. Tidak aneh juga kalau Enola sama seperti kakaknya, karena ternyata mereka dididik oleh Ibu yang cerdas.

Di film ini, kamu bisa melihat perjalanan Enola untuk menyelesaikan teka-teki dari Ibunya. Wah, Ibunya saja memberi teka-teki ya. Belum lagi kalau kamu intip rumah keluarga Holmes, isinya banyak sekali buku dan barang-barang yang berhubungan dengan pengetahuan lho!

2. Free Solo

pemanjat tebing

Untuk kamu yang suka panjat tebing atau suka olahraga ekstrem, kamu wajib nonton Free Solo. Pemenang Oscar sebelum My Octopus Teacher ini menceritakan mengenai Alex Honhold, seorang pemanjat tebing dalam usahanya menaklukan tebing El Capitan yang menjulang tinggi di Taman Nasional Yosemite, Amerika. Hebatnya, Alex memanjat tanpa menggunakan pengaman apa pun dalam waktu empat jam.

Salah satu hal sulit yang Alex alami adalah ketika ia harus bertumpu dengan satu jempol saja, karena tempat ia berpegangan sangat kecil. Terlebih lagi mental selama memanjat sangat diuji dan dibutuhkan konsentrasi yang tinggi, hingga ia berhasil sampai puncak. Hebat ya?

3. My Octopus Teacher

gurita

Sudah nonton film pemenang Oscar 2021? Yup, My Octopus Teacher adalah salah satu film dokumenter pemenang Oscar dengan kategori Best Documentary Feature. Film ini yang menunjukkan mengenai persahabatan antara manusia dan gurita. Cukup unik ya? Namun, di balik itu semua, terdapat misteri kehidupan bawah laut dengan latar belakang di Kalahari, gurun sabana berumput di bagian Afrika Selatan.

Berawal dari sang sutradara, Craig Foster yang mengalami masalah kesehatan, Craig mencoba mengatasi masalahnya tersebut dengan menyelam bebas di laut Western Cape yang terkenal akan ombaknya yang tinggi dan angin yang sangat kencang. Hingga akhirnya, Craig bisa kembali dekat dengan alam dengan banyak pelajaran yang ia dapatkan. Salah satunya adalah kepercayaan yang ia bangun dengan gurita.

4. The Creative Brain

kreatif

Bagaimana sebuah kreativitas bisa menghasilkan sebuah karya luar biasa? Kamu bisa lihat di dalam buku dan film The Creative Brain. Sebuah karya yang dibuat berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. David Eagleman, seorang ilmuwan yang mempelajari otak manusia selama dua puluh tahun. Bisa dibayangkan, sebanyak dan sevalid apa penemuannya?

Dalam dokumentasi tersebut, kamu bisa lihat bagaimana proses otak manusia bisa menghasilkan kreativitas, mana saja bagian otak yang aktif, cara memanfaatkan kreativitas, dan lain sebagainya.  Selain itu, tokoh yang diwawancari juga memang sudah ahli di bidangnya masing – masing. Sebagai info tambahan, kamu juga bisa memilih apakah ingin membaca buku atau menonton filmnya ya. Keduanya sama bagusnya dan yang pasti akan membuat kamu terpukau.

5. The Social Dilemma

media sosial

Social media addict angkan tangan! Hayo, siapa yang sering menghabiskan waktunya di depan layar? Scrolling, comment, posting, dan masih banyak kegiatan lainnya. Tak hanya media sosial, platform lainnya juga sukses membuat orang kecanduan. Artificial Intelligence (AI) yang diciptakan manusia ternyata malah menjadi boomerang untuk manusia itu sendiri, berdasarkan informasi dari para ahli yang bekerja langsung di platform besar terkemuka.

Mengungkap hal yang tidak banyak orang tahu. Kalau kamu nonton ini, yakin akan terus main media sosial? Dampaknya cukup mengerikan lho. Apalagi kalau kamu sampai konsumtif. Film ini juga banyak mengandung istilah teknologi yang banyak kamu jumpai di sekitarmu.

6. Inside Bill’s Brain: Decoding Bill Gates

coding

Siapa yang tak kenal Bill Gates? CEO dari Microsoft yang mendunia ini memiliki kisah yang layak kamu tonton. Film ini membahas mengenai biografi Gates dari lahir hingga dewasa. Kebiasaan Gates yang selalu menyempatkan diri untuk membaca buku, memiliki rasa penasaran yang tinggi terhadap software dan teknologi, hingga yayasan yang ia dirikan. Kamu juga bisa lihat bagaimana cara Gates berpikir, bagaimana cara ia menyelesaikan masalah, dan pandangan-pandangan lainnya yang tak kalah luar biasa.


Itu dia 6 rekomendasi film yang bisa kamu tonton untuk menemani libur akhir tahunmu! Tidak harus mengenai romansa saja bukan? Ada banyak film luar biasa yang sangat layak kamu tonton. Kamu akan dihadapkan langsung dengan fenomena atau realitas yang sesungguhnya. Sangat relate dengan apa yang kamu alami sehari-hari tentunya.

Semua film di atas juga menggunakan Bahasa Inggris loh. Hayo, kamu masih menonton dengan subtitle Bahasa Inggris atau tidak nih? Selain film yang seru, kamu juga bisa langsung mendapat banyak kosakata Bahasa Inggris. Seru bukan? Apalagi nonton bersama teman. Di EF Kids & Teens bisa lho! Nah, yuk tingkatkan level Bahasa Inggrismu dengan coba Free Demo Class EF! Gratis! Tunggu apalagi? 😉

Terakhir update artikel : 13-01-2023