Menu
kesalahan bahasa inggris
Grammar and Vocabulary

6 Kesalahan Umum yang Sering Terjadi dalam Berbahasa Inggris

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.01.26

Mungkin beberapa di antara kamu pernah berpikir bahwa berbicara bahasa Inggris yang baik adalah ketika kamu bisa berbicara dengan cepat dan menggunakan kosakata yang advanced. Namun, hal ini ternyata keliru loh!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Berbicara cepat adalah bonus dan untuk kamu yang memang tidak berbahasa Inggris sejak lahir, tentu kamu harus mempelajari tata bahasa dan sering berlatih. Dengan banyak latihan menulis, berbicara, dan membaca, kamu akan semakin mahir berbahasa Inggris.

Bicara mengenai bahasa Inggris, hayo, kesalahan apa yang pernah kamu lakukan saat berbahasa Inggris? Berikut daftar kesalahan umum yang sering dilakukan. Yuk simak artikel berikut!

1. Boring dan Bored

bored

Apakah kamu sering mengatakan “I’m boring”? Jika maksudmu adalah kamu ingin menyatakan bahwa kamu sedang bosan, katakan “I’m bored”. “I’m boring” artinya adalah kamu orang yang membosankan.

Contoh jika kamu ingin mengatakan bahwa sesuatu itu membosankan adalah “That film is boring” (film itu membosankan). Jangan menggunakan “I’m boring” lagi ya, kecuali jika kamu memang membosankan.

2. Have Visited dan Visited

visit

Apa yang akan kamu katakan jika kamu mengunjungi suatu tempat dalam bahasa Inggris? Hayo, mungkin kamu juga pernah keliru dengan mengatakan “I have visited (somewhere) last week” Nah, yang benar adalah “I visited (somewhere) last week

Jika kamu misalnya mengatakan “I have visited Japan last week” (Aku mengunjungi Jepang minggu lalu), gunakan kata kerja past simple "visited", karena terdapat keterangan waktu di masa lampau, yaitu “last week”. Jadi keterangan waktu lampau tidak dipakai pada present perfecthave visited”.

3. Thank dan Thanks

thanks

Thank adalah kata kerja (verb) untuk berterimakasih kepada seseorang yang sudah melakukan sesuatu. Sedangkan thanks adalah kata benda (noun) yang digunakan sebagai aksi bahwa kamu berterimakasih atas sesuatu. Selain itu, thank digunakan pada situasi yang lebih formal, sedangkan thanks digunakan pada situasi tidak formal.

4. Watch, Look, dan See

see

Ketiga kata kerja ini memang agak membingungkan. Meskipun dalam bahasa Indonesia artinya adalah melihat, namun watch, look, dan see digunakan pada situasi yang berbeda. Look digunakan ketika kamu melihat sesuatu secara langsung.

See digunakan untuk melihat sesuatu yang datang dan tak sengaja terlihat. Sedangkan watch adalah ketika melihat sesuatu secara hati-hati atau fokus, seperti pada saat kamu menonton film.

5. Since dan For

for

Masih bingung penggunaan "since" dan "for"? Kamu bisa menggunakan “since” jika kamu memiliki periode waktu dan waktu awal, sedangkan “for” ketika tidak ada periode waktu. Contoh:

- I have lived here for a year (aku tinggal di sini selama satu tahun) dalam kalimat tersebut, kamu tidak menyebutkan kapan kamu pertama kali tinggal di tempat tersebut.

- I have lived here since 1997 (aku sudah tinggal di sini sejak tahun 1997) di sini, kamu memberi informasi bahwa tahun 1997 adalah awal kamu tinggal di tempat tersebut.

6. Penggunaan Huruf Kapital

huruf kapital

Bagaimana dengan huruf kapital? Secara umum, huruf kapital dalam bahasa Inggris digunakan pada awal kalimat, pronoun I, nama seseorang, awal kutipan, bahasa, bangsa, gelar, profesi, dan tanggal. Hati-hati ketika kamu menulis pronoun I, walaupun ia berada di tengah kalimat, kamu harus tetap menulisnya dengan kapital.


Apa pun kesalahan yang pernah kamu lakukan dalam bahasa Inggris, jangan berkecil hati ya. Salah itu wajar, namanya juga sedang belajar. Lebih baik belajar tapi salah dan akhirnya kamu benar, dari pada tidak belajar sama sekali bukan?

Nah, supaya bahasa Inggrismu semakin pro dan fasih, yuk ikut Kelas Gratis EF! Kamu akan didampingi oleh guru yang berpengalaman disertai dengan materi yang menyenangkan loh. Bahasa Inggris jadi semakin mudah dan semakin lancar dengan EF Kids & Teens!

Hanya tinggal isi no hpmu di kolom atas atau bawah dan nikmati berbagai promo menarik lainnya! Ditunggu di kelas ya😉

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas

Terakhir update artikel : 26-01-2023