Menu
grammar
Grammar and Vocabulary

6 Kata Kerja yang Bisa Diikuti To-Infinitive dan Gerund

2023.01.03

Hallo! Kamu sudah berkegiatan apa saja nih selama liburan? Tidak lupa belajar Bahasa Inggris kan? Sambil mengisi kegiatan dan agar kamu tetap produktif, yuk belajar grammar. Nah, kali ini Tom akan membahas mengenai kata kerja (verb) yang bisa diikuti oleh to-infinitive sekaligus gerund (-ing).

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Hayo, sudah tahu belum? Kalau sebelumnya, ketika kamu memiliki dua kata kerja dalam satu kalimat, kamu harus memilih apakah kata kerja kedua harus menggunakan to-infinitive atau gerund. Nah, sekarang justru sebaliknya. Kamu bisa menggunakan keduanya. Tapi, penggunaannya akan berbeda, jadi harus kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Perlu diingat, dalam hal ini, kata kerja to-infinitive dan gerund digunakan pada kata kerja kedua ya. Lantas, kata kerja apa saja yang bisa kita gunakan untuk menggunakan keduanya?

Yuk, belajar bareng Tom, perhatikan artikel ini!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Go on

Mulai dari kata kerja pertama, ada kata kerja go on. Kata kerja go on bisa diikuti oleh to-infinitive, jika satu aksi diikuti oleh aksi lainnya. Contohnya adalah “After lunch she went on to work” (Setelah makan siang, ia pergi bekerja). Dalam kalimat tersebut, ia makan siang terlebih dahulu, lalu bekerja.

Selain itu, kamu bisa menggunakan gerund, jika aktivitas tersebut masih berlangsung atau terdapat pengulangan aktivitas. Contohnya, “She went on watching film, even though she didn’t like it” (Dia tetap menonton film, walau pun dia tidak menyukainya).

2. Remember

Kata kerja yang satu ini, cukup mudah digunakan. Kamu bisa menggunakan to-infinitive, ketika kamu mengingat sesuatu sebelum suatu hal terjadi. Sedangkan gerund, ketika kamu mengingat sesuatu setelah suatu hal telah terjadi.

Misalnya “I really remember giving a flower to my mom on Mother’s Day” (Aku benar-benar ingat bahwa aku memberi bunga untuk Ibuku di Hari Ibu) dengan “I don't remember on what I have done” (Aku tidak ingat apa yang sudah ku lakukan).

Pada kalimat pertama, ia ingat dan sudah memberi bunga tersebut untuk ibunya. Sedangkan pada kalimat kedua, ia tidak mengingat apa yang sudah terjadi.

3. Forget

Untuk kata kerja forget, gunakan to-infinitive, jika aksi tersebut tidak terjadi dan gerund, ketika aksi tersebut sudah terjadi. Sebagai contoh, ”I forgot to bring the food” (aku lupa membawa makanan) dengan “I won’t forget studying with my dad” (aku tidak akan lupa belajar bersama ayahku).

Contoh pada kalimat pertama adalah ia tidak membawa makanannya. Sedangkan pada kalimat kedua, ia dan ayahnya sudah belajar bersama. Bisa saja, ayahnya membantunya belajar, sehingga mereka sama-sama belajar.

4. Stop

Selanjutnya adalah stop. Gunakan to-infinitive, jika kamu sudah selesai mengerjakan satu aktivitas dan lanjut ke aktivitas lain. Contohnya adalah “My friend stopped to ask me something” (Temanku berhenti, kemudian bertanya sesuatu padaku)

Gunakan gerund, jika kamu benar-benar berhenti melakukan sesuatu. Misalnya adalah “I stop being a translator” (aku berhenti menjadi penerjemah). Dalam hal ini, ia tidak lagi menjadi seorang penerjemah.

5. Try

To-infinitive setelah kata kerja try bisa kamu gunakan untuk berusaha melakukan sesuatu, tapi ada kemungkinan sesuatu tersebut tidak berhasil. Sedangkan gerund adalah ketika kamu berkesperimen dengan melakukan sesuatu.

Contoh kalimatnya adalah “I have tried to take an IELTS exam” (aku sudah berusaha mengerjakan ujian IELTS). Dalam hal ini, ada kemungkinan bisa saja kamu tidak lulus.

Contoh lain adalah “I’m trying to put salt into coffee” (aku mencoba menaruh garam di dalam kopi). Nah, dalam kalimat tersebut, ia sedang bereksperimen bagaimana ya jika garam ditaruh di dalam kopi?

6. Need

Terakhir adalah kata kerja need. Kamu bisa gunakan kata kerja to-infinitive, jika subyek pada kalimat tersebut mengerjakan aksi. Contohnya, “I need to fry an egg” (aku harus menggoreng telur). Sedangkan gerund bisa kamu pakai untuk kalimat pasif. Misalnya “The chair need folding” (kursi itu perlu dilipat). Di sisi lain, kita tidak tahu siapa yang melipat kursi tersebut.


Itu dia 6 kata kerja yang bisa kamu gunakan dengan to-infinitive dan gerund. Pelajari bedanya dan sesuaikan dengan kebutuhanmu ya. Bagaimana? 6 kata kerja tadi juga mudah sekali kamu ingat dan pasti sering kamu gunakan.

Belajar grammar akan lebih mudah, jika kamu belajar bersama teman dan guru profesional loh. Nah, maka dari itu, yuk gabung Free Demo Class EF! Gratis! Tingkatkan kemampuan grammar Bahasa Inggrismu dengan EF Kids & Teens. Ayo daftar sekarang! 😉

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas

Terakhir update artikel : 03-01-2023