Menu
menjaga kelestarian satwa
Education Advice

6 Cara Menjaga Kelestarian Satwa

Ben Small Stars
Author
Ben
2022.01.02

Satwa adalah segala jenis hewan yang hidup di darat, air, dan udara. Menjaga kelestarian satwa Indonesia itu penting, loh! Lalu, bagaimana cara menjaga kelestarian satwa di Indonesia?

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Umumnya satwa disebut juga sebagai hewan atau binatang. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak sekali dari kita yang menyukai beragam jenis satwa hingga memeliharanya di rumah. Menurut Undang - Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, terdapat dua jenis satwa di Indonesia yaitu satwa yang dilindungi dan satwa yang tidak dilindungi.

Nah, jenis satwa yang diperbolehkan untuk kita rawat dan pelihara di rumah yaitu satwa yang tidak dilindungi karena jumlah populasinya masih banyak ditemukan di sekitar kita seperti kucing, anjing, kelinci, dan lain-lain.

Berhubung setiap tanggal 10 Desember akan selalu diperingati International Animal Rights Day, kita harus menjaga hak dan kebebasan satwa layaknya manusia. Hal ini karena manusia, satwa, dan lingkungan saling berhubungan satu sama lain di bumi ini.

Oleh karena itu, salah satu cara atau bentuk kontribusi yang dapat kita lakukan untuk menjaga kelestarian satwa ialah sebagai berikut:

1. Tidak berfoto bersama satwa liar

komodo dragon

Berfoto bersama satwa liar mungkin terdengar unik, namun sangat dianjurkan untuk tidak melakukan hal ini, ya!

Dengan tidak berfoto bersama satwa liar, kamu menghormati binatang-binatang tersebut untuk hidup dalam habitatnya. Hal ini juga sejalan dengan program EF World Animal Protection yang bertujuan untuk menjaga para satwa tanpa mengganggu tempat mereka hidup. Yuk, ini saatnya melindungi mereka!

2. Tidak berburu satwa langka

berburu satwa langka

Bagi sebagian orang, melihat satwa langka dan unik adalah hal yang paling menyenangkan. Akan tetapi, apakah kamu pernah berpikir untuk memburunya? Jawabannya tentu tidak boleh, ya! Jika kamu memburu satwa langka maka jenis satwa di Indonesia dan keberagamannya akan semakin berkurang.

Hal ini karena perburuan satwa yang kerap terjadi biasanya menggunakan alat berburu yang dapat merusak ekosistem kita. Alat berburu tersebut pun dapat membuat satwa yang diburunya terluka, terbunuh, hingga punah.

3. Mendukung upaya pelestarian satwa langka

koala

Jika poin pertama sudah dilakukan, maka cara menjaga kelestarian satwa yang kedua ialah dengan mendukung upaya atau program yang bertujuan untuk pelestarian satwa.

Semakin lestari satwa yang ada di Indonesia maka keseimbangan ekosistem pun akan tetap terjaga. Salah satu upaya yang dilakukan dalam menjaga kelestarian satwa adalah dengan melakukan penangkaran dan membudidayakan satwa agar keberadaannya tidak punah.

Beberapa penangkaran yang ada di Indonesia yaitu Taman Nasional Komodo, Taman Nasional Ujung Kulon, Taman Nasional Way Kambas, Penangkaran Hiu Karimunjawa, Penangkaran Penyu Ujung Genteng, dan masih banyak penangkaran satwa lainnya yang dapat kamu temui di Indonesia.

4. Melakukan reboisasi

reboisasi

Reboisasi adalah upaya yang dilakukan untuk penanaman pohon dan penghijauan kembali untuk melestarikan ekosistem hutan.

Seperti yang kita tahu, hutan adalah tempat tinggal atau habitat bagi berbagai jenis tumbuhan dan satwa. Apabila penebangan hutan liar sering terjadi, maka habitat satwa pun akan semakin berkurang sehingga satwa yang tadinya tinggal di hutan akan berjalan hingga ke lingkungan manusia. Beberapa di antaranya diburu untuk kepentingan pribadi.

Berdasarkan hal tersebut, sebagai upaya menjaga kelestarian satwa Indonesia kita harus melakukan reboisasi agar habitat satwa tetap terlindungi.

5. Memilih produk yang ramah lingkungan

produk ramah lingkungan

Untuk mendukung cara menjaga kelestarian satwa pada poin nomor 3, kita harus memilih produk yang ramah lingkungan agar habitat dan keberadaan satwa di Indonesia semakin terjaga.

Misalnya ketika hendak membeli dan memakai produk dalam kehidupan sehari-hari harus digunakan sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan.

Selain itu, kita juga harus cermat dan mencari tahu mana produk yang sekiranya berpotensi merusak ekosistem dan produk yang dapat menjaga keberlangsungan ekosistem kita. Tentunya salah satu produk yang tidak akan merusak ekosistem kita dan tetap menjaga kelestarian satwa ialah dengan tidak lagi menggunakan plastik sebagai wadah dari produk tersebut.

6. Tidak melakukan jual beli satwa langka

gajah

Cara terakhir menjaga kelestarian satwa Indonesia yaitu dengan tidak melakukan jual beli satwa langka. Hal ini karena satwa langka yang dipelihara manusia akan memerlukan waktu yang lama untuk beradaptasi jika kembali ke habitat aslinya.

Oleh karena itu, edukasi satwa kepada generasi mudah menjadi sangat penting agar kelestarian satwa Indonesia tetap terjaga.

Sambil menjaga kelestarian satwa Indonesia, kamu juga bisa menghafalkan nama-nama satwa dalam bahasa Inggris.

Ingin tahu tips and trick menghafalkan kosakata bahasa Inggris dengan mudah? Salah satu cara tepat yang dapat kamu lakukan yaitu dengan mendaftar kelas demo GRATIS di EF yang tertera pada formulir di halaman ini.

Apakah kamu tertarik untuk belajar bersama di kelas secara GRATIS? Yuk, daftar sekarang! πŸ˜‰

Ben Small Stars
Author
Ben