Menu
video games
Education Advice

5 Video Game untuk Mengasah Bahasa Inggrismu

2020.05.19

Bagi beberapa orang, video game dinilai buruk dan hanya membuang-buang waktu saja. Tapi sebenarnya banyak sisi positif yang justru meningkatkan kualitas intelegensi. Selain itu, game juga dapat membantu seseorang dalam belajar bahasa Inggris. Bagaimana caranya?

Banyak game yang masih menggunakan bahasa Inggris sebagai pedoman dan alur ceritanya meskipun beberapa sudah ada yang berbahasa Indonesia. Namun, bagi para pemain game, bahasa Inggris akan lebih menjelaskan cerita karena akan banyak istilah-istilah dalam game yang belum masuk sebagai kosakata bahasa Indonesia. Berikut lima game yang bisa mengasah kecerdasan dan membantu dalam belajar bahasa Inggris.

HORE! KAMU DAPAT KELAS DEMO GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mencoba kelas demo, GRATIS!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Football Manager

5 Video Game yang Mampu Mengasah Kemampuan

Football Manager adalah game tentang menjadi pelatih sebuah klub sepak bola. Kamu ditantang untuk membentuk tim yang kuat dan solid dengan menggunakan keterbatasan dana yang dimiliki.

Football Manager akan melatih kamu dalam membuat keputusan dan mengasah analisis kamu melalui data-data yang disajikan, misalnya timmu membutuhkan pemain tengah, maka kamu akan menganalisis pemain mana yang cocok untuk mengisi tim kamu.

Football Manager juga dapat melatih kemampuan kepemimpinanmu karena harus berani memilih keputusan-keputusan penting. Kamu dapat belajar listening dalam game ini karena akan ada suara komentator yang memeriahkan pertandingan. Biasanya akan ada menu surat kabar dengan kata-kata yang unik yang akan memuat perkembanganmu sebagai pemain game dan itu akan membantumu dalam mempelajari kosakata.

SimCity

5 Video Gim yang Mampu Mengasah Kemampuan

Pernah berpikir betapa rumitnya menjadi walikota? Atau bahkan kamu pernah bercita-cita jadi presiden? Kamu bisa belajar membangun suatu kota dengan cara yang mudah tanpa harus bertemu dengan kegiatan administratif yang rumit. Menjadi walikota di dunia nyata memanglah sulit. Tapi kamu bisa belajar dasar-dasarnya telebih dahulu dalam game SimCity.

SimCity merupakan game simulator membangun suatu kota. Kamu berperan sebagai walikota dan membangun kota benar-benar dari titik nol. SimCity akan mengajarkan kamu untuk melakukan perencanaan yang baik. Kamu harus membangun jalan, rumah-rumah, perkantoran, dan fasilitas untuk diberikan kepada masyarakat. Kamu jadi dapat mengenal istilah-istilah yang ada dalam konstruksi dan kosakata tentang kota bila memainkan game ini.

Harvest Moon

5 Video Game yang Mampu Mengasah Kemampuan

Harvest Moon merupakan game yang dapat dikatakan sudah melegenda. Hal yang menarik dari game ini adalah jalan cerita yang menarik. Harvest Moon dapat meningkatkan kemampuanmu dalam melakukan perencanaan tentang masa depan. Selain itu, Harvest Moon juga dapat mengajarkan kamu tentang kerja keras.

Harvest Moon sendiri merupakan game dengan cerita yang cukup unik. Karakter utama akan menjadi seorang petani dan peternak. Plot ceritanya akan berbeda tiap seri yang dimainkan. Tetapi game Harvest Moon akan mengajarkanmu tentang cara bertani, cara merawat hewan ternak, berbisnis sebagai petani dan peternak, dan cara bertahan hidup. Dalam game Harvest Moon, plot cerita yang disediakan sangatlah menyenangkan. Kamu dapat belajar bahasa Inggris tentang grammar dan vocabulary dari game ini karena munculnya kotak dialog dalam bentuk tulisan.

The Sims

5 Video Gim yang Mampu Mengasah Kemampuan

Jika kamu mau mengetahui bagaimana kehidupan ketika dewasa, kamu dapat belajar dari game The Sims. The Sims merupakan game simulator kehidupan ketika berada di usia dewasa. Tentunya banyak hal dapat dijaddikan bahan pelajaran melalui game ini.

Dari game ini, kamu dapat mempelajari bagaimana manusia harus bertahan hidup dari mencari pekerjaan, memiliki kemampuan bersosialisasi, bahkan sampai harus meluangkan waktu untuk menghilangkan stres.

Game ini akan menjadikan gambaran hidupmu kelak ketika dewasa. Kamu jadi tahu apa yang perlu kamu lakukan dan tidak perlu dilakukan. Selain itu, kamu dapat mempelajari hal-hal seperti interior dan mengelola ruangan. Dari game ini kamu akan mengerti beberapa istilah dan kosakata bahasa Inggris karena munculnya pilihan-pilihan dalam melakukan kegiatan dalam bentuk tulisan.

Animal Crossing: New Horizon

5 Video Gim yang Mampu Mengasah Kemampuan

Cukup mirip dengan SimCity, Animal Crossing: New Horizon memiliki cerita untuk membangun pulau. Tidak seperti SimCity, cerita yang dibangun dalam Animal Crossing: New Horizon di awal cerita adalah dipinjamkan modal untuk membangun pulaunya. Dan utang tersebut harus dilunasi. Ini akan mengajarkan kamu untuk bertanggung jawab terhadap kewajibanmu dan melatihmu dalam mengatur keuangan.

Ada juga hal yang akan memberikan pelajaran lainnya. Dalam game Animal Crossing: New Horizon, ada kegiatan crafting yang akan melatih kreativitasmu. Di dalam game terdapat ratusan resep DIY yang bisa kamu jadikan referensi. Animal Crossing: New Horizon juga menampilkan kotak dialog yang berisi tulisan sehingga kamu dapat mempelajari dialog bahasa Inggris yang baik.