Menu
pun dalam bahasa Inggris
Grammar and Vocabulary

5 Tips Membuat "A Good Pun" dalam Bahasa Inggris

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.11.08

Pada umumnya, kita sering sekali mendengar dad jokes atau lelucon yang dibuat oleh seseorang dengan tujuan untuk menghibur pendengarnya. Mungkin beberapa lelucon tersebut terdengar cukup ‘garing’, namun apakah kamu pernah mendengar “pun” dalam bahasa Inggris?

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Pun adalah sebuah lelucon atau permainan kata-kata untuk menciptakan suasana humor. Pun disebut juga sebagai “Paronomasia” yang berarti membuat perubahan pada nama atau kata. Untuk menciptakan pun yang baik, kita perlu memperhatikan situasi dan kondisi pada saat itu. Ketika seseorang membuat pun dalam waktu yang tepat maka pun tersebut memiliki efek yang kuat walau hanya sekedar lelucon hingga orang-orang akan tertawa mendengarkannya.

Kunci sukses dalam membuat pun adalah pengetahuan atau wawasan yang luas terkait konteks tersebut. Nah, bagi kamu yang sedang mencari sumber inspirasi untuk membuat pun, berikut 5 tips membuat “A Good Pun” dalam bahasa Inggris yang harus kamu tahu. Simak artikel ini sampai tuntas ya! 😉

1. Ketahui Tipe - Tipe Pun dalam Bahasa Inggris

pun bahasa indonesianya

Pun atau lelucon dalam bahasa Inggris ini diklasifikasikan dengan cara yang berbeda tergantung pada efek yang disengajakan dari frasa tersebut. Beberapa permainan kata ini dibuat dengan melibatkan kata-kata yang terdengar mirip seperti “rained” dan “reigned”.

Pun sendiri memiliki 5 tipe yang berbeda, di antaranya adalah:
  • Homophonic pun: melibatkan kata-kata yang terdengar sama namun memiliki arti yang berbeda. Contoh: reading while sunbating makes you well red.

  • Compound pun: mengandung lebih dari satu pun dalam kalimat yang sama. Contoh: He thinks my runny nose is funny, but it's snot.

  • Homographic pun: disebut sebagai permainan kata heteronim, yakni bermain pada kata yang dieja dengan cara yang sama namun memiliki arti ganda. Contoh: Every calendar's days are numbered.

  • Visual pun: permainan kata visual atau grafologi yang dibentuk melalui gambar, grafik, atau logo dan bentuk visual lainnya.

  • Recursive pun: permainan kata dua bagian, di mana seseorang harus mengenali pun pada bagian pertama agar permainan kata atau lelucon di bagian kedua masuk akal.

2. Pikirkan Pun Seperti Sajak

cara membuat pun

Jika kamu memiliki target frasa yang ingin dijadikan sebagai lelucon, cobalah permainan kata dalam bahasa Inggris dengan membuatnya seolah-olah seperti sajak. Apabila kamu kesulitan menemukannya, kamu bisa mengunjungi situs rhyming dictionary online untuk membantumu menghasilkan ide dari kata-kata yang sesuai.

Pastikan kamu menggabungkan kata-kata tersebut dengan cara yang menarik dan lucu ya!

3. Manfaatkan Peluang untuk Menciptakan Lelucon

pun dalam bahasa Inggris

Jika dalam sebuah percakapan kamu menemukan hal unik untuk dijadikan sebagai lelucon maka manfaatkanlah peluang itu!

Misalnya ketika seseorang berbicara “I just don’t feel…” dan terdapat jeda setelahnya maka kamu bisa berkata You don’t feel AT ALL? Sounds like you are having a problem. You should probably see someone about that,” atau ketika mereka mengatakan “I think Mrs. Hyde is …” lalu dapat kamu pangkas dengan “Probably nowhere to be found! As her name implies. In fact, I haven’t seen Hyde,”

Berdasarkan kalimat tersebut, hyde disandingkan dengan hide dari tipe homophonic pun.

4. Biasakan dengan Ketidaksempurnaan dalam Bahasa Inggris

lelucon dalam bahasa Inggris

Membuat kalimat dalam bahasa Inggris dengan Grammar yang baik adalah hal yang paling penting jika ingin menjadi native speaker. Akan tetapi, ejaan atau Grammar yang tidak masuk akal juga memberikan kamu ruang untuk permainan kata atau membuat pun dalam bahasa Inggris.

Misalnya adalah, “the past, the present, and the future walk into my bed. It was tense!”

Meskipun begitu, kamu tetap harus memahami Grammar dengan baik ya! Karena bentuk ketidaksempurnaan dalam bahasa Inggris itu juga perlu diperhatikan sesuai dengan Grammar yang baik agar menghasilkan pun yang menarik.

5. Tingkatkan Perbendaharaan Vocabulary

lelucon dalam bahasa Inggris

Hal yang paling penting dari yang terpenting untuk membuat pun dalam bahasa Inggris adalah kosakata atau vocabulary yang kita miliki.

Caranya yaitu dengan mencatat setiap kosakata dan frasa baru yang kamu dengarkan, lalu pikirkanlah sesuatu yang membuatnya lucu. Dengan meningkatkan perbendaharaan vocabulary maka kita dapat membangun hubungan-hubungan yang menarik antar kata sehingga menghasilkan permainan kata yang lucu.

Jika saat ini kamu sulit mempelajari vocabulary dengan cepat dan mudah, bergabung di kelas demo GRATIS EF adalah cara terbaik yang dapat kamu lakukan.

Kelas ini GRATIS loh! Jadi, DAFTAR sekarang juga yuk supaya lelucon dalam bahasa Inggris yang kamu buat menjadi lebih menarik! 😉

Ben Small Stars
Author
Ben