Menu
Ilmuwan Wanita
News and Lifestyle

5 Teknologi Keren Ini Ternyata Dibuat Ilmuwan Wanita

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.03.02

Tahukah kamu bahwa banyak wanita yang menciptakan teknologi yang kamu pakai sekarang? Yuk, simak ulasan menarik di bawah tentang 5 teknologi keren yang ternyata dibuat oleh ilmuwan wanita dalam rangka memperingati International Women's Day!

Di masa lalu, terdapat anggapan yang memberatkan derajat wanita dalam strata sosial. Berangkat dari keprihatinan tersebut, setiap tanggal 8 Maret diperingati sebagai International Women's Day (Hari Perempuan Internasional). Tujuannya tidak lain adalah untuk mewujudkan dunia yang setara bagi laki-laki dan perempuan dalam semua bidang, mulai dari sosial, ekonomi, budaya, hingga politik.

Untuk memperingatinya, Ben akan membahas para perempuan yang telah berkontribusi dalam bidang teknologi. Yuk, cek dalam list di bawah ini!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Tidak jarang perempuan dianggap sebelah mata dalam kaitannya dengan teknologi. Padahal, ilmuwan wanita yang berkiprah di bidang ini nyatanya berperan dalam menciptakan teknologi yang memberikan manfaat yang amat besar bagi kehidupan kita sehari-hari. Siapa saja mereka dan apa saja teknologi yang ditemukan? Gulir ke bawah untuk memperoleh jawabannya!

1. Marie Van Brittan Brown - CCTV

CCTV (Closed-Circuit Television) atau kamera pengintai merupakan teknologi yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Keberadaan CCTV pada suatu bangunan berguna untuk merekam apa yang terjadi di sana. Biasanya, alat ini dipasang untuk mencegah tindak kejahatan. Selain itu, jika sebuah kejahatan tersebut tidak terhindarkan, maka CCTV bisa digunakan untuk melihat pelaku dan segala gerak-geriknya.

Bersama dengan suaminya, Marie Van Brittan Brown menemukan sistem keamanan rumah pertama di dunia pada tahun 1966. Penemuan tersebut menjadi pionir bagi sistem keamanan rumah modern. Brown merupakan seorang perawat yang sering berada di rumah seorang diri pada malam hari. Ketakutan pada penjahat yang bisa saja menyerang pada waktu tersebut menjadi titik tolak bagi Brown untuk membuat CCTV.

Berkat penemuan Brown, kini rumah kita jadi lebih aman dari gangguan.

2. Roberta Willimas - Games Petualangan Grafis

Di balik graphic adventure games atau games petualangan grafis yang memberikan keseruan saat dimainkan, rupanya terdapat sosok wanita yang berjasa besar, yakni Roberta Williams. Ia merupakan seorang ibu rumah tangga yang memiliki ketertarikan pada video games. Dengan bantuan suaminya, ia berhasil menciptakan sejumlah games petualangan grafis awal, seperti Phantasmagoria, Mystery House, dan King's Quest. Mereka merilis games pertamanya pada tahun 1980.

3. Ada Lovalace - Algoritma

Ada Lovalace dikenal atas kolaborasinya dengan Babbage terkait mesin hitung otomatis. Catatan Lovalace mengenai algoritma memiliki andil bagi perkembangan teknologi sekarang. Karya Lovalace yang menampilkan persamaan yang dibuatnya dianggap sebagai algoritma komputer pertama di dunia. Ia juga dijuluki sebagai programmer komputer pertama di dunia.

Algoritma sendiri adalah formula tertentu yang biasa digunakan untuk pemrograman pada komputer. Dengan kata lain, algoritma merupakan prosedur yang sistematis untuk memproses data secara otomatis.

4. Grace Brawster Murray Hopper - Kompilator dan COBOL

Grace Brawster Murray Hopper, seorang ahli komputer sekaligus perwira tinggi Angkatan Laut Amerika Serikat, merupakan orang pertama yang menemukan kompilator. Selanjutnya, kompilator inilah yang menjadi dasar bagi pemrograman otomatis. Kompilator berfungsi untuk menerjemahkan bahasa tertulis ke dalam kode komputer.

Hopper juga mengembangkan COBOL yang termasuk ke dalam bahasa pemrograman modern pertama. Tidak hanya itu, pernahkah kamu mendengar istilah “bug” dalam hubungannya dengan computer? Hopper adalah orang yang menciptakan istilah "bug". Penemuan-penemuan Hopper memberi pengaruh besar di bidang teknologi.

5. Hedy Lamarr - Nirkabel

Ialah Hedy Lamarr, seorang aktris dan juga ilmuwan yang menemukan teknologi wireless/sistem nirkabel. Teknologi yang dibuat Lamarr, yaitu "frequency-hopping communication system" menjadi pembuka jalan bagi kemunculan Wi-Fi, GPS, dan bluetooth. Di mana ketiganya menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia sekarang. Meskipun telah ditemukan sejak tahun 1940-an, penemuan Lamarr baru dikenal luas pada tahun 1990-an.

Sudah sepatutnya kita berterima kasih kepada Lamarr sehingga saat ini kita bisa berselancar di dunia maya dengan Wi-Fi, bepergian dengan bantuan GPS, dan berbagi file secara mudah dengan bluetooth.

Itu dia 5 teknologi keren yang dibuat oleh ilmuwan wanita. Membanggakan bukan pencapaian dari para ilmuwan wanita di atas? Mari memberikan apresiasi setinggi-tingginya bagi mereka yang telah memberi sumbangsih bagi teknologi yang berguna bagi kehidupan kita.

Ben Small Stars
Author
Ben