Menu
cara belajar efektif
Education Advice

5 Rahasia Cara Belajar Efektif untuk Kamu

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.09.09

Saat kamu sedang belajar, apakah kamu pernah bingung bagaimana cara belajar efektif? Sebenarnya, ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan, loh. Bagaimana caranya?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Nah, tahukah kamu pada dasarnya, setiap orang memiliki kemampuan untuk belajar. Tetapi sayangnya tidak semua orang mengetahui bagaimana cara yang efektif untuk belajar.

Untuk kamu yang belum mengetahui cara belajar yang efektif, jangan khawatir! Pada artikel ini Tom akan memberikan 5 Rahasia Cara Belajar Efektif yang harus kamu ketahui. Simak terus artikel ini sampai tuntas ya!

5 Cara Belajar yang Efektif

1. Menentukan tujuan atau capaian belajar

tujuan belajar

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan menentukan target tujuan atau capaian belajar kamu. Cara ini termasuk ke dalam cara yang efektif ketika belajar karena dengan cara ini kamu akan mendapatkan motivasi belajar.

Motivasi belajar itusangat penting terhadap setiap pencapaian. Maka dari itu, untuk menjadikan belajarmu efektif, dibutuhkan sebuah target agar kamu memiliki motivasi untuk mencapai target tersebut dan terus belajar.

2. Menentukan waktu yang pas untuk belajar

waktu belajar efektif

Pernahkan kamu mendengar istilah practice makes perfect atau dapat diartikan sebagai belajar membuat sempurna. Nah, dari kata-kata tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa untuk mendapatkan hasil yang sempurna kita harus tetap belajar. Mulai kenalilah dirimu dan tentukan waktu yang pas untuk belajar.

Luangkanlah setidaknya 10-20 menit dalam sehari untuk belajar, tidak apa-apa jika hanya sedikit yang dapat dipelajari. Hal tersebut lebih baik dilakukan dibandingkan dengan metode kebut semalam. Tetapi harap diingat, jangan lupa untuk mengistirahatkan otak juga ya ketika belajar, karena pada dasarnya suatu yang dipaksakan tidak akan menghasilkan sesuatu.

3. Belajarlah di tempat yang nyaman

tempat belajar efektif

Tempat juga mempengaruhi kemampuan belajar seseoran, loh! Tempat yang nyaman akan mempengaruhi mood seseorang. Ketika tempat tersebut sangat nyaman secara otomatis otak kamu menerimanya dengan baik, proses belajar pun berjalan secara lancar. Begitupun sebaliknya, jika tempat yang kamu gunakan untuk belajar kurang nyaman, otak akan menolak segala informasi yang masuk. Percuma saja, bukan?

Jadi, untuk melakukan belajar yang efektif kamu harus mencoba mencari suasana belajar yang nyaman untukmu.

4. Membuat rangkuman pembelajaran

membuat rangkuman

Nah, cara selanjutnya untuk mencapai pembelajaran yang efektif adalah dengan membuat rangkuman pembelajaran. Tulislah materi-materi yang sudah kamu pelajari, akan lebih baik jika kamu menuliskannya dengan menggunakan kata-kata kamu sendiri. Dengan membuat rangkuman pembelajaran, secara tidak sadar kamu juga akan mengulang dan mengingat kembali materi yang sudah kamu pelajari.

Semakin sering kamu mengulang materi pembelajaran, akan semakin baik juga pemahaman kamu terhadap materi tersebut.

5. Mengerjakan latihan soal

latihan soal

Cara belajar efektif yang terakhir adalah dengan mengerjakan latihan soal. Setelah kamu mempelajari teori-teori dari sebuah pembelajaran, kamu harus melakukan latihan soal agar kamu mengetahui seberapa paham kamu terhadap materi tersebut.

Selain untuk mengetahui pemahaman kamu terhadap materi pembelajaran, dengan mengerjakan latihan soal kamu juga bisa mengingat kembali dan mengetahui poin-poin mana sajakah yang belum kamu mengerti. Jadi, kamu bisa mempelajarinya lagi setelah latihan soal dilakukan.


Nah, itu tadi 5 cara belajar efektif untuk kamu. Carilah cara belajar yang sesuai dengan dirimu agar kamu tidak merasa terpaksa untuk belajar. Ada banyak sekali metode belajar efektif yang ada di dunia ini, tetapi semuanya tetap kembali ke diri masing-masing. Sebagai contoh ada seseorang yang nyaman jika belajar sendiri, tetapi ada juga seseorang lain yang nyaman jika belajar secara berkelompok. Jadi, dapat kita simpulkan bersama bahwa metode belajar efektif dalam setiap individu itu berbeda-beda, ya.

Untuk kamu yang suka sekali belajar secara berkelompok coba Free Demo Class EF, yuk. Di EF kamu akan diajarkan materi-materi bahasa Inggris yang seru-seru tentunya. Guru yang mengajar juga guru-guru yang profesional dan menggunakan metode belajar yang efektif, jadi, kamu tidak akan bosan jika belajar bersama di EF.

Jadi, tunggu apalagi? Daftar sekarang, sebelum kehabisan! 😉