Menu
perpustakaan
News and Lifestyle

Wow 5 Perpustakaan Keren Ini ada di Indonesia!

2021.07.30

Kamu suka membaca buku? Jika jawabanmu adalah ya, apakah kamu suka pergi ke perpustakaan untuk melihat koleksi buku yang bisa kamu baca dengan leluasa? Dalam artikel kali ini, EF Blog akan mengajakmu untuk melihat 5 perpustakaan keren yang ada di Indonesia. Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

Jika berbicara tentang perpustakaan unik dan megah, mungkin pikiranmu sepintas melayang pada 📍 Binhai Library di Tiongkok, atau 📍 Starfield Library di Korea Selatan. Dengan struktur bangunan yang keren dan koleksi buku yang lengkap, tentunya perpustakaan-perpustakaan tersebut dapat menjadi surga bagi pencinta buku, bukan?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Nah, jika kamu seorang pencinta buku, kamu tidak usah jauh-jauh pergi ke luar negeri untuk melihat koleksi buku raksasa tersebut. Ternyata, Indonesia juga memiliki perpustakaan-perpustakaan megah yang menjadi rumah dari puluhan ribu hingga jutaan buku yang bisa kamu akses dengan mudah, loh! Kira-kira, apa saja ya?

Yuk, simak 5 dari perpustakaan-perpustakaan keren yang ada di Indonesia!

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas), Jakarta

perpustakaan nasional republik indonesia

Berdiri semenjak tahun 1980, tepatnya pada tanggal 17 Mei di Jakarta, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia adalah sebuah perpaduan dari 4 perpustakaan besar yang berada di ibu kota. Diprakarsai oleh Ibu Tien Soeharto, Perpusnas kemudian dibangun di atas tanah seluas 16,000 meter persegi. Perpustakaan ini sendiri berlokasi di Jl. Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Pada saat renovasi pertama, Perpusnas dibangun sebanyak 9 lantai. Dewasa ini, Perpusnas tercatat memiliki 24 lantai yang menyimpan lebih dari satu juta judul buku, serta fasilitas-fasilitas lain yang dapat dinikmati oleh masyarakat yang berkunjung ke sana. Di antara fasilitas-fasilitas tersebut adalah ruang teater, ruang audio visual, data center, koleksi buku langka dan area baca untuk umum.

Walau kamu tidak diperkenankan untuk membawa pulang buku-buku yang dikoleksi di perpustakaan ini, kamu tetap dapat menjadikan Perpusnas salah satu destinasi wisata edukasi dengan beragamnya buku yang ditawarkan. Jadi, jangan lupa berkunjung ke Perpusnas saat kamu berada di Jakarta!

Lihat lebih detail di Google Maps

Microlibrary Bima, Bandung

microlibrary bandung

Perpustakaan bertema ramah lingkungan ini memiliki desain yang amat unik. Bagaimana tidak? Bagian atas dalam desain bangunan Microlibrary Bima dibangun dengan menggunakan dua ribu ember plastik es krim yang berasal dari sampah. Uniknya, ember-ember ini juga berfungsi sebagai ventilasi dan pencahayaan alami.

Berlokasi di Taman Bima, Bandung, perpustakaan berukuran kecil ini dibangun dengan tujuan untuk memberantas iliterasi di kalangan masyarakat. Terdapat pula panggung pada bangunan bagian bawah yang bisa digunakan untuk pertunjukkan seni, atau kegiatan-kegiatan kemasyarakatan lain.

Falsafah “buku adalah jendela dunia” juga diwakili oleh susunan ember-ember yang dirancang menjadi sebuah kode biner. Seakan, menjadikan perpustakaan ini salah satu gagasan arsitektur terbaik yang bisa kamu temukan di Indonesia.

Perpustakaan Universitas Indonesia, Depok

perpustakaan universitas indonesia

Perpustakaan yang satu ini sering disebut-sebut sebagai salah satu perpustakaan terbesar di Asia Tenggara. Memang, saat kamu pertama kali menengok arsitektur bangunan ini, mungkin kamu akan teringat dengan bangunan modern ala mal, lengkap dengan kafe dan fasilitas ala anak muda yang disertakan di dalamnya.

Perpustakaan Universitas Indonesia sendiri menawarkan berbagai kemudahan untuk kamu yang mencari sumber pengetahuan dalam berbagai bentuk. Menaungi lebih dari 1.5 juta buku, perpustakaan ini juga menyertakan koleksi digital hingga arsip dan dokumentasi yang terbilang sangat lengkap.

Balai Pustaka Soeman Hasibuan, Riau

perpustakaan soeman hasibuan

Terletak di kota Pekanbaru, Balai Pustaka Soeman Hasibuan adalah sebuah perpustakaan megah yang memiliki arsitektur unik. Konon, bentuk bangunannya dibuat menyerupai meja untuk membaca Al-Qur’an, karena kental dengan budaya Melayu yang erat dengan unsur Islami.

Perpustakaan ini sendiri memiliki daya tampung mencapai 1.000 orang, dan menjadi rumah dari lebih dari 230 ribu buku. Kamu juga bisa mengunjungi perpustakaan ini untuk belajar, karena Balai Pustaka Soeman Hasibuan menyediakan fasilitas-fasilitas keren yang bisa kamu nikmati. Seperti WiFi, ruang kedap suara, serta café kekinian.

Perpustakaan Bung Karno, Blitar

perpustakaan bung karno blitar

Dilandasi oleh kekaguman terhadap ide dan gagasan dari sosok Bung Karno, Perpustakaan Bung Karno Blitar menjadi salah satu perpustakaan yang wajib kamu kunjungi. Perpustakaan kepresidenan ini dibangun dengan dasar untuk membekali masyarakat Indonesia dalam menghadapi globalisasi.

Bangunannya sendiri memiliki konsep yang elok, melalui perpaduan bangunan yang terinspirasi dari Candi Penataran dengan unsur modern. Terdapat berbagai macam layanan-layanan gratis yang bisa dinikmati oleh para pencinta buku yang menyambangi perpustakaan ini. Seperti layanan koleksi khusus, umum, hingga koleksi digital berupa arsip, dokumentasi hingga film.

Ada pula museum yang biasanya menjadi favorit para wisatawan yang berkunjung ke perpustakaan ini. Dalam museum tersebut, kamu bisa melihat berbagai peninggalan Bung Karno seperti foto, lukisan hingga dokumentasi dari pahlawan-pahlawan bangsa lainnya.

📍 Lokasi Perpustakaan Bung Karno, Blitar

Setelah membaca lima perpustakaan keren yang ada di atas, perpustakaan mana yang akan menjadi destinasi utamamu?

Perpustakaan sebagai sebuah tempat yang menaungi beragam jenis buku, dapat menjadi pilihan baik untuk kamu yang haus akan pengetahuan dan informasi. Seperti falsafah yang dinaungkan dalam desain bangunan salah satu perpustakaan di atas: “Buku adalah Jendela Dunia.”

Karenanya, sangat penting bagi kamu untuk makin rajin membaca buku, baik dalam bahasa Indonesia atau bahasa asing lainnya. Tahukah kamu? Dengan menguasai lebih banyak bahasa, maka akan lebih banyak juga sumber pengetahuan yang bisa kamu akses. Termasuk salah satunya dengan memahami bacaan berbahasa Inggris.

Kamu juga dapat membangun minat untuk mempelajari bahasa Inggris dengan lebih banyak membaca buku yang menarik bagimu. Di EF, hal ini menjadi salah satu metode belajar yang dinilai sangat penting. Dengan dibimbing oleh gurumu, kamu bisa belajar bahasa Inggris melalui materi-materi yang disesuaikan untuk kamu. Jadi, kamu bisa menguasai bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan!

Yuk, coba kelas demo gratis bersama EF sekarang dengan mengisi data dirimu pada formulir yang bisa kamu temukan di halaman ini. Kesempatan ini terbatas!

Mari buka jendela dunia melalui buku dan bahasa!