Menu
5 Moda Transportasi Unik di Indonesia
News and Lifestyle

5 Moda Transportasi Unik di Indonesia

Ben Small Stars
Author
Ben
2022.03.25

Apakah kamu pernah menaiki becak? Atau  mungkin moda transportasi yang umumnya kita lihat seperti mobil dan motor? Tentu transportasi tersebut sudah tidak asing lagi bagi kita. Akan tetapi apakah kamu tahu moda transportasi apa saja yang unik dan masih ada di Indonesia sampai saat ini?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Pada dasarnya moda transportasi adalah kendaraan atau alat angkut yang digunakan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Moda transportasi dikelompokkan transportasi darat, laut, dan udara. Di antara tiga moda transportasi tersebut ternyata masih dapat kita temui jenis-jenis transportasi lainnya yang kerap digunakan.

Mau tahu apa saja? Let’s get right into it!

1. Bajaj

bajaj

Saat beradai di sekitar daerah Jakarta pasti kamu tidak asing lagi melihat moda transportasi yang satu ini. Yap! Ini adalah bajaj atau sering kita panggil dengan sebutan bajay.

Bajaj merupakan salah satu moda transportasi unik darat di Jakarta yang mengalami evolusi dari tahun ke tahun. Dahulu bajaj terkenal akan suaranya yang bising dan semburan asapnya. Namun kini kamu dapat menemukan bajaj yang lebih modern. Sayangnya kapasitas penumpang di dalam bajaj hanya cukup untuk 2-3 orang saja.

2. Becak

becak

Masih kendaraan roda 3, kita memiliki becak sebagai kendaraan yang sudah ada sejak zaman dahulu hingga saat ini. Meskipun dahulu becak ramai di Jakarta, saat ini kamu bisa menemukannya kembali di Yogyakarta atau Semarang sambil menikmati perjalanan wisata yang ditawarkannya.

3. Bentor

bentor

Hampir sama dengan becak, bentor dikendarai oleh pengemudi sepeda motor. Bentor ini merupakan salah satu moda transportasi khas Medan yang unik.

Berbeda dengan becak, bentor telah ikut arus perkembangan zaman sehingga Ia tidak lagi mengayuh pedal sepedah. Cara kerja bentor ini yaitu dengan menggunakan tenaga mesin pada motor sehingga dapat mempermudah supir membawa penumpang sesuai dengan kapasitasnya.

4. Delman

delman

Masih ingat dengan lagu Naik Delman? Jika lupa, berikut lirik lagunya:

Pada hari minggu ku turut ayah ke kota

Naik delman istimewa ku duduk di muka

Ku duduk samping pak kusir yang sedang bekerja

Mengendarai kuda supaya baik jalannya

Tuk tik tak tik tuk tik tak tik tuk tik tak tik tuk

Tuk tik tak tik tuk tik tak suara spatu kuda

Tuk tik tak tik tuk tik tak tik tuk tik tak tik tuk

Tuk tik tak tik tuk tik tak suara spatu kuda

Setelah menyanyikan lagu Naik Delman, rasanya ingin naik delman sungguhan ya. Apalagi jika kita diajak jalan-jalan keliling tempat wisata sambil mendengarkan alunan khas dari sepatu kuda.

5. Bemo

Apakah kamu ingin mencoba naik moda transportasi yang sangat bersejarah? Jika iya, cuss kita ke temukan bemo!

Bemo ini merupakan kendaraan roda 3 yang dapat mengangkut 5-7 penumpang. Bemo sudah ada sejak tahun 1960an dan eksistensinya sampai saat ini kian memudar. Pada tahun 2017 secara resmi bemo sudah dilarang untuk beroperasi lagi di wilayah Jakarta. Hal ini dikarenakan asap polusi yang dikeluarkannya kurang bersahabat dengan lingkungan.

Namun kamu tidak perlu khawatir, terdapat moda transportasi umum yang mampu membawa banyak penumpang juga loh. Di antaranya adalah angkot atau angkutan umum, bis, dan bis tingkat.

Moda transportasi tersebut dapat membawamu dengan cepat sampai ke tempat tujuan, termasuk ke tempat kursus bahasa Inggris.

Berbicara tentang kursus, kini EF telah membuka kelas demo GRATIS loh! Siapa pun kamu dan kapan pun itu bisa merasakan kelas GRATIS belajar bahasa Inggris dengan guru yang profesional. Di kelas ini kamu akan diajarkan cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan cepat dan mudah. Selain itu, akan banyak sekali petualangan seru bersama guru dan teman-teman di kelas.

Kapan lagi bisa bermain sambil belajar yang menyenangkan? Sebelum kehabisan tempat, daftar sekarang juga!

Ben Small Stars
Author
Ben