Menu
jenis teks bahasa inggris
Reading and Writing

5 Jenis Teks Bahasa Inggris yang Harus Kamu Pelajari

2020.08.25

Apakah kamu tahu sebenarnya ada berapa sih jenis teks bahasa Inggris? Secara umum, kamu akan menemukan 13 jenis teks. Namun, mungkin yang paling akrab di telinga dan harus sekali untuk kamu pelajari adalah 5 jenis teks ini. Apa saja?

Narrative, procedure, descriptive, report dan recount text adalah 5 jenis teks bahasa Inggris yang harus kamu pelajari. Mengenal jenis teks sangat dibutuhkan apalagi saat kamu sedang melakukan ujian bahasa Inggris. Biasanya, pada bagian reading, kamu harus mengidentifikasi terlebih dahulu jenis teksnya. Akan sulit kalau kamu tidak menguasi dasar-dasarnya.

Oleh karena itu, artikel kali in akan membahas tentang 5 jenis teks yang dapat kamu pelajari agar semakin jago bahasa Inggrisnya.

Seperti apa penjelasannya? Langsung saja simak di bawah ini!

HORE! KAMU DAPAT KELAS DEMO GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mencoba kelas demo, GRATIS!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Narrative Text

Jenis teks yang satu ini akan kamu temukan saat sedang membaca cerita legenda atau dongeng. Narrative text berisikan tentang suatu cerita yang menghibur dan rangkaian peristiwanya saling terhubung.

Ciri-ciri dari teks ini adalah menggunakan action verb dalam bentuk past tense dan menggunakan adjective yang membentuk noun phrase.

Lalu struktur yang digunakan adalah:

  1. Orientation (pengenalan)

  2. Complication (konflik)

  3. Resolution (pemecahan masalah)

  4. Reorientation (kesimpulan)

2. Procedure Text

Kamu sering melihat tutorial memasak? Kalau begitu procedure text sudah tidak asing lagi bagi kamu. Teks ini adalah jenis teks yang menjelaskan dan membantu kita dalam membuat atau menggunakan sesuatu.

Untuk tahu jenis teks ini sangatlah mudah karena dari judulnya saja sudah dapat terlihat. Biasanya ketika ada tulisan 'how to make' atau 'how to use' sudah pasti ini adalah procedure text.

Stukrut dari teks ini terdiri dari tiga, yaitu:

  1. Goal (tujuan)

  2. Material atau Ingredient (bahan)

  3. Step (langkah)

3. Descriptive Text

Lalu jenis teks berikutnya adalah descriptive text. Teks ini memberikan informasi serta menggambarkan suatu hal apapun itu seperti manusia, hewan, tumbuhan, dan benda mati secara detail. Saat membaca teks ini, secara otomatis kamu bisa langsung membayangkan apa yang dimaksud dalam teks tersebut.

Descriptive text menggunakan simple present tense karena banyak berbicara tentang fakta. Selain itu, jika menggunakan banyak kata sifat dan kata kerja penghubung.

Kalau untuk struktur, teks ini hanya memiliki 2, yaitu:

  1. Identification (identifikasi)

  2. Description (deskripsi)

4. Report Text

Report text seringkali disamakan dengan descriptive text. Kedua teks tersebut tentunya berbeda. Jika descriptive text menjelaskan sesuatu secara detail dan berdasarkan opini penulis, maka report text memberikan deskripsi secara umum dan ditulis berdasarkan fakta ilmiah yang ada.

Karena sifat dari teks ini adalah menjelaskan secara umum, kamu akan lebih sering menemukan general nouns dibandingkan particular nouns. Lalu teks ini juga menggunakan istilah-istilah teknis.

Sama seperti descriptive text, struktur dari report text ini hanya terdiri dari 2, yaitu:

  1. General Classification (klasifikasi umum)

  2. Description (deskripsi)

5. Recount Text

Jenis teks yang satu ini adalah untuk menceritakan. Berbeda dengan narrative text, recount text memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pengalaman masa lalu dengan cara menceritakan kembali kejadian tersebut secara berurutan. Biasanya jika teks tersebut tentang pengalam liburan, bertemu dengan idola, atau hal- hal yang berkaitan dengan masa lalu maka itu disebut sebagai recount text.

Teks ini ditulis menggunakan simple past tense, past continous tense, past perfect tense, dan past perfect continous tense. Selain itu juga menggunakan temporal sequence dan action verb.

Struktur yang digunakan dalam teks ini ada 3, yaitu:

  1. Orientation (pengenalan)

  2. Event (peristiwa)

  3. Reorientation (kesimpulan)

Itu dia 5 jenis teks bahasa Inggris yang harus kamu pelajari agar kemampuan membaca ataupun menulismu semakin meningkat. Kamu juga bisa loh melatih tulisan bahasa Inggrismu menjadi lebih menarik lagi.

Ingin tahu caranya? Yuk, klik tombol di bawah ini dan dapatkan penawaran eksklusif, khusus untuk kamu!