Menu
hobi jadi profesi
News and Lifestyle

5 Hobimu yang Bisa Dijadikan Profesi

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.05.18

Hampir setiap orang memiliki hobi dan kegemaran yang mereka lakukan untuk mengisi waktu senggang. Meskipun sederhana, hobi menjadi kegiatan yang sangat penting bagi kita untuk mendatangkan rasa senang. Biasanya hobi seperti apa yang sering kamu lakukan?

Hobi adalah kegiatan di waktu senggang yang mendatangkan kesenangan. Hobi dapat menenangkan pikiran seseorang karena dapat mengerjakan sesuatu yang disukai. Tetapi jika kita dapat mengembangkan hobi dengan baik, hobi bisa mendatangkan keutungan untuk kita loh. Keuntungan bisa didapatkan apabila kita mengembangkan hobi untuk menjadikannya sebagai profesi.

Nah, hobi-hobi seperti apa saja ya yang sebenarnya bisa dijadikan profesi? Agar kita semakin semangat untuk menekuni hobi favorit kita. Mari kita simak penjelasan di bawah ini mengenai hobi-hobi yang bisa dijadikan profesi.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Menulis

profesi hobi menulis

Bagi kalian yang mempunyai hobi menulis, kalian bisa mengembangkan hobi kalian ini untuk menghasilkan tulisan yang nantinya bisa dinikmati oleh banyak orang. Tidak perlu malu untuk mempublikasikan hasil tulisan kalian melalui blog, buku, puisi, cerpen dan berbagai karya tulis lainnya. Bahkan jika kalian mempunyai hobi menulis diary, diary yang kalian tulis juga dapat dijadikan karya tulisan yang menarik.

Bukan hanya sampai disitu, karya tulis kalian tentunya akan menjadi sumber penghasilan apabila kalian berhasil menjadikan hobi menulis tersebut sebagai profesi. Jenis profesi yang dimulai dari hobi menulis, contohnya seperti penulis novel, penulis buku, freelancer, blogger, jurnalis dan lain-lain.

2. Memasak

profesi hobi memasak

Memasak menjadi hobi yang menarik untuk dikembangkan menjadi sebuah profesi. Daripada makanan yang kalian masak hanya dinikmati oleh orang terdekat, mengapa tidak mencoba untuk berbisnis makanan dari hasil masakan kalian? Selain hobi memasak menyenangkan buat kalian, berbisnis makanan juga mendatangkan sumber keuntungan.

Kalian bisa membuka kios ataupun menjual makanan kalian secara online. Jika ingin mengembangkan hobi kalian ini dengan serius, kalian bisa membuka kedai ataupun restoran kalian sendiri. Tidak hanya berbisnis makanan, kemampuan memasak juga dapat ditingkatkan apabila kamu mengikuti pelatihan atau kursus memasak. Jenis profesi yang dimulai dari hobi memasak adalah pemilik restoran, chef industry, chef celebrity, food stylist dan sebagainya.

3. Fotografi

profesi hobi berfoto

Fotografi menjadi hobi yang banyak disukai di setiap kalangan. Hampir setiap orang mengabadikan momen penting mereka dengan berfoto. Bagi kalian yang hobi berfoto hasil dari foto yang kalian ambil ternyata bisa menghasilkan keuntungan besar loh jika kalian menekuni dunia fotografer. Kalian dapat menjualnya ke website penyedia layanan stock foto.

Kemudian sebaiknya kalian mengembangkan hobi berfoto tersebut dengan mempelajari fotografi secara mendalam. Karena nantinya kalian juga bisa menjadi penyedia jasa foto untuk momen pernikahan, wisuda, event, sampai dengan keperluan iklan. Jadi jangan lupa untuk selalu simpan hasil jepretan foto kalian di tempat yang aman ya.

4. Bermain Game

profesi bermain game

Bukan hanya fotografi saja, tetapi hobi yang satu ini juga tidak kalah peminatnya. Ya, bermain game menjadi aktivitas yang paling menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersantai sambil melepas penat. Jika bermain game menjadi hobi kalian, kalian bisa menjadikan hobi kalian ini sebagai sumber penghasilan yang besar.

Pastinya kalian sudah banyak menyaksikan banyak sekali gamer ataupun Youtuber gaming di luar sana yang berhasil mengubah hobi mereka menjadi profesi. Profesi sebagai gamer tentu juga memerlukan keseriusan dan tidak sekedar bermain-main saja. Kalian perlu mengembangkan hobi ini dengan mengikuti dan memenangkan berbagai pertandingan e-sports yang diadakan di berbagai event.

5. Menggambar

profesi hobi menggambar

Buat kalian yang memiliki hobi menggambar, kegemaran ini memilik peluang profesi yang sangat luas. Hasil karya dari menggambar bisa bermanfaat untuk orang banyak apabila kalian mengembangkan kemampuan ini lebih mendalam. Bagi kalian yang hobi menggambar, gambar apa saja yang sudah pernah kalian buat?

Kalian dapat mengasah kemampuan menggambar di bidang-bidang tertentu seperti desain grafis, desain interior, desain komunikasi visual, seni rupa murni. Kemudian jika menyukai fashion, kalian juga bisa merancang mode dan mengambil bidang yang berhubungan dengan fashion. Di bidang tersebut kalian dituntut untuk belajar mengenai teori dan praktik untuk membuat suatu karya ataupun desain. Biar nantinya hasil karya dari gambar itu menjadi lebih berkualitas serta memiliki nilai jual yang tinggi.

Setelah membaca penjelasan di atas, apa kalian tertarik untuk mengembangkan hobi menjadi profesi? Menjadikan hobi sebagai profesi mempunyai banyak kelebihan, karena kalian menyukai apa yang dikerjakan tanpa perlu merasa jenuh ataupun bosan. Selain mengembangkan hobi, kita juga perlu mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris untuk memudahkan kita dalam menggapai cita-cita.

Kamu tidak perlu bingung, karena EF akan membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu dengan metode yang unik dan seru. EF punya kegiatan-kegiatan seru yang bisa kamu ikuti sambil mengerjakan hobi yang kamu sukai. Kegiatan tersebut dinamakan dengan EF Life Club. EF Life Club adalah kegiatan ekstrakulikuler yang diadakan EF untuk melengkapi kegiatan belajar di EF.

Kalian pasti penasaran, bukan? Jadi yuk bergabung dengan EF dan ikuti keseruannya.

Ben Small Stars
Author
Ben