Menu
game seru
Education Advice

5 Games Seru untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak

Ben Small Stars
Author
Ben
2020.11.16

Apakah Anda termasuk yang merasa kesulitan untuk membuat anak konsisten belajar karena ia lebih memilih bermain games? Nah, alih-alih sepenuhnya melarang anak untuk bermain games, bagaimana jika Anda memanfaatkan games sebagai media pembelajaran?

Kini, sudah terdapat berbagai games seru yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak. Jadi, Anda bisa mengajaknya belajar dengan cara yang lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Ini dia 5 games seru yang bisa Anda coba mainkan bersama:

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Scrabble

scrabble

Anda pasti sudah tidak asing dengan permainan ini. Scrabble adalah boardgame menyusun kata. Permainan ini sangat sangat cocok untuk mengembangkan kosakata bahasa Inggris sekaligus menguji kreativitas. Dapat dimainkan oleh 2-4 orang, masing-masing pemain harus menyusun kata di atas papan dari kepingan-kepingan huruf yang dimiliki. Poin didapat berdasarkan jumlah angka di kepingan huruf yang tersusun dan bisa mendapat bonus jika kata disusun diletakkan di kolom-kolom bonus. Pemenang permainan ini adalah yang berhasil meraih jumlah poin tertinggi.

2. Pictionary

pictionary

Sesuai namanya yang terdiri atas ‘picture’ dan ‘dictionary’, Pictionary adalah permainan tebak kata berdasarkan gambar yang idealnya dimainkan oleh 2 kelompok. Pertama, masing-masing kelompok akan mendapatkan sejumlah kartu yang masing-masing berisi 4 kosakata. Lalu, mereka dapat memilih satu kosakata untuk digambar. Kemudian, tugas selanjutnya bagi pemain yang lain adalah untuk menebak kata berdasarkan gambar yang dibuat. Kelompok yang menjadi pemenang adalah yang berhasil menebak kata lebih banyak secara benar. Permainan ini dapat menantang anak untuk mengenal dan memahami lebih banyak lagi kosakata bahasa Inggris.

3. Taboo Game

taboo game

Taboo Game adalah permainan untuk melatih kemampuan mendesripsikan kata. Pada permainan ini, seorang pemain akan mendapatkan sebuah kartu yang berisi satu kata utama dan 5 kata lain di bawahnya. Tugas pemain tersebut adalah mendeskripsikan kata utama tanpa menggunakan 5 kata yang ada di bawahnya. Sementara itu, tugas pemain lainnya adalah menebak kata yang dimaksud.

Contohnya adalah terdapat kartu dengan kata utama ‘Yearbook’. Kata ini harus dideskripsikan tanpa menyebutkan kata-kata di bawahnya, yaitu photos, class, sign, memories, school. Dengan begini, para pemain dituntut untuk menjadi lebih kreatif dalam mendeskripsikan sesuatu dalam bahasa Inggris.

4. Dabble

dabble

Dabble adalah permainan menyusun kata dari kepingan huruf yang cukup mirip dengan Scrabble. Permainan ini cocok untuk dimainkan 2-4 orang, dan masing-masing pemain akan mendapatkan 20 keping huruf. Tugas para pemain adalah menyusun 5 kata bahasa Inggris yang terdiri atas kata 2 huruf, 3 huruf, 4 huruf, 5 huruf, dan 6 huruf dalam waktu 5 menit. Pemain yang paling cepat menyelesaikan misi tersebut akan menjadi pemenang.

5. Scattergories

scattergories

Pada permainan Scattergories, para pemain akan diminta untuk menuliskan kata yang termasuk dalam kategori yang diberikan. Lalu, pada setiap putaran, seorang pemain akan mengocok dadu yang masing-masing sisinya bertuliskan 1 huruf. Tugas para pemain adalah memikirkan kata yang sesuai dengan kategori dan diawali dengan huruf yang ditentukan.

Misalnya kategorinya adalah sesuatu yang dingin. Anda dapat menulis kata seperti ice cream atau igloo. Pemain akan mendapatkan poin jika jawabannya berbeda dengan jawaban pemain lainnya. Jadi, tentu saja Anda dan anak Anda harus berlomba-lomba mencari kata yang anti-mainstream.

Nah, itu dia 5 games seru yang bisa Anda mainkan bersama dengan anak sekaligus menjadikannya sebagai sarana belajar bahasa Inggris. Dengan suasana bermain yang menyenangkan, anak-anak akan semakin tertantang untuk bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya.

EF juga hadir untuk membantu para orang tua yang merasa kesulitan membuat anak mau belajar. Terdapat program belajar online dengan metode khusus yang dirancang menarik dan menyenangkan bagi anak-anak. Temukan voucher khusus yang ada di halaman ini untuk bergabung di EF!

Ben Small Stars
Author
Ben