Menu
cara menjaga bumi
Education Advice

5 Cara Mudah Melestarikan Bumi dari Rumah

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.04.14

Hampir setiap hari kita melakukan aktivitas sehari-hari di bumi yang kita cintai ini. Tapi apakah kalian sadar kalau bumi kita juga harus dijaga kelestariannya demi masa depan kita, serta generasi-generasi di bawah kita nanti?

Tanpa kita sadari sebenarnya kita juga berkontribusi pada kesehatan bumi. Padahal, bumi kita ini sedang berada di bawah ancaman perubahan iklim yang bisa berujung pada pemanasan global. Lalu, bagaimana cara kita untuk dapat mulai ikut melestarikan bumi?

Sebagai manusia yang menempati bumi, hendaknya kita merawat tempat tinggal kita ini supaya selalu bersih dan terjaga serta terhindar dari bencana yang bisa merusak bumi kita. Tidak sulit untuk merawat bumi kita yang besar ini, kamu hanya perlu memulai dari rumah saja untuk melestarikan bumi.

Yuk, temukan caranya di bawah ini!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Membersihkan Sampah di Sekitar Rumah

membuang sampah

Ketika kita membersihkan sampah yang ada di rumah kita, kita otomatis juga menjaga bumi kita tetap bersih dan aman untuk semua orang. Membersihkan sampah dengan cara memisahkan sampah organik dan sampah anorganik juga perlu ya teman-teman. Karena nanti nya sampah anorganik dapat di daur ulang, apabila kita membuang sampah anorganik sembarangan maka sampah tersebut sulit untuk diuraikan sehingga tidak baik untuk lingkungan.

Sampah organik itu terdiri dari sampah seperti sisa makanan, sisa sayuran, kulit buah, serta sisa dari makhluk hidup yang dapat terurai sehingga dapat melalui proses pembusukan. Sedangkan sampah anorganik terdiri dari sampah yang bukan berasal dari makhluk hidup seperti plastik, kaca, kaleng, aluminium, styrofoam dan masih banyak lagi. Semoga dengan mengetahui perbedaannya, kamu langsung tergerak untuh membersihkan sampah di rumahmu ya.

2. Matikan Lampu dan Alat Lainnya Saat Tidak Digunakan

matikan lampu

Tidak hanya lampu, kamu juga harus menghemat pemakaian listrik lainnya ketika sedang tidak digunakan. Kita sendiri terkadang masih sering menggunakan secara berlebihan, seperti lupa mematikan listrik ketika sudah tidak digunakan lagi. Tidak kita sadari masih banyak daerah-daerah diIndonesia yang belum memiliki akses penuh terhadap listrik. Lantas bagaimana jika kita tidak menghemat listrik mulai dari sekarang dan apa dampak nya bagi masa depan kita?

Pemakaian listrik yang berlebihan ini berdampak kepada pemanasan global atau Global Warming. Pemanasan global inilah yang membuat es di Kutub mulai meleleh karena temperatur di Bumi kita semakin panas. Temperatur panas di bumi mengakibatkan perubahan iklim yang tidak menentu serta berdampak pula dengan ekosistem yang ada di bumi.

3. Menanam Tanaman di Rumah

menanam tanaman

Banyak sekali manfaat jika kita menanam beberapa tanaman di rumah. Tidak hanya menjernihkan udara, namu juga bisa menyediakan rumah bagi makhluk hidup lainnya. Rumahmu beserta lingkungan sekitar akan menjadi dingin dan sejuk kalau kamu menanam banyak tanaman di halaman rumahmu.

Ada banyak jenis tanaman yang bisa kamu tanam di rumah, seperti tanaman hias, tanaman hidroponik, dan tanaman produktif seperti sayur dan buah. Apabila kita menanam tanaman di setiap rumah, tentunya iklim di bumi kita akan terjaga dan dapat terhindar dari pemanasan global.

4. Matikan Keran Air Ketika Tidak Digunakan

matikan keran

Menghemat air sangat diharuskan, karena pemakaian yang tidak terkontrol menyebabkan berkurangnya air bersih dan dapat mengancam kehidupan di Bumi. Meskipun air sangat berlimpah, kita tetap perlu memakainya dengan bijak karena yang membutuhkan air bukan hanya manusia, melainkan makhluk hidup lain seperti tumbuhan dan hewan juga membutuhkan air.

Apabila kita tidak menghemat, maka kita akan mengalami krisis air bersih yang mengakibatkan bencana kekeringan di banyak tempat. Oleh karena itu, kita sebaiknya menggunakan air secukupnya dan mematikan keran apabila tidak digunakan lagi.

5. Membeli Barang dengan Kemasan Minimalis

membeli barang

Bagi kamu yang suka belanja atau memesan makanan secara online, ada baiknya kamu memilih makanan atau barang yang mempunyai kemasan yang minimalis. Kemasan yang sederhana tentunya tidak membuang banyak bahan pengemasan. Kemasan yang minimalis dapat mengurangi pencemaran lingkungan dengan tidak menambah sampah plastik, kaca, styrofoam dan jenis sampah lainnya.

Perlu kamu ketahui bahwa Indonesia merupakan negara penghasil sampah plastik nomor 2 di dunia, berdasarkan studi McKinsey and Co. dan Ocean Conservancy. Kemasan makanan dan barang kebanyakan menggunakan plastik, dikarenakan biaya produksi plastik cenderung murah dan efisien. Jadi kalau kamu membeli barang, pastikan kemasan yang dipakai itu kemasan yang minimalis ya.

Dari penjelasan di atas kamu bisa menerapkannya di rumah sehingga kita tetap bisa melestarikan bumi kita. Kamu perlu belajar banyak mengenai lingkungan agar kamu selalu tau bagaimana menjaga lingkungan di sekitar kamu. Di EF kamu juga bisa belajar tentang lingkungan dalam materi-materi seru berbahasa Inggris loh.

Kamu bisa memperlancar bahasa inggris kamu bersama EF tanpa perlu khawatir dan malu. Pastikan kamu tidak ketinggalan mendaftar di bulan Ramadhan ini karena ada diskon spesial. Jadi jangan sampai kelewatan ya, kami akan tunggu kedatanganmu!

Ben Small Stars
Author
Ben