Menu
5 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri dalam Berbicara Bahasa Inggris
Education Advice

5 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri dalam Berbicara Bahasa Inggris

Ben Small Stars
Author
Ben
2020.12.31

Melatih diri untuk senantiasa merasa percaya diri memang tidaklah mudah. Terkadang, ada saja halangan yang membuatnya kian surut kembali. Hal tersebut juga mungkin pernah dirasakan ketika kamu sedang berusaha meningkatkan kepercayaan diri saat belajar bahasa Inggris. Lalu, bagaimana cara meningkatkannya?

Tentunya tidak ada cara instan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kamu harus melatih kepercayaan dirimu secara perlahan. Dalam artikel ini, kamu akan mendapatkan tips-tips efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri terutama saat berbicara dalam bahasa Inggris. Semuanya dapat dimulai dari diri sendiri selama ada keinginan, tekad, dan semangat yang kuat.

HORE! KAMU DAPAT KELAS DEMO GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mencoba kelas demo, GRATIS!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Mengapa Begitu Penting?

Mengapa Kepercayaan Diri untuk Berbicara Bahasa Inggris Begitu Penting

Semakin tinggi rasa percaya diri untuk berbicara dalam bahasa Inggris, maka akan semakin lancar pula proses untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Jika diibaratkan, kepercayaan diri merupakan suatu kunci untuk membuka pintu keraguan yang selama ini menjadi penghalang saat kamu berusaha mencari jalan keluar.

Oleh karena itu, kepercayaan diri haruslah dikendalikan agar tidak terus bersembunyi dan membuat segalanya terlihat rumit. Termasuk saat kamu belajar bahasa Inggris. Latihan berbicara biasanya merupakan salah satu tahap yang dianggap paling berat. Jika dibiarkan terus tanpa mencoba, kemungkinan kemampuan bicaramu tak akan berkembang.

Berikut adalah beberapa tips sederhana yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri saat berbicara menggunakan bahasa Inggris:

cara meningkatkan kepercayaan diri dalam berbicara bahasa inggris

1. Carilah ‘Role Model’

Siapa saja dapat kamu jadikan role model sebagai motivasi sekaligus inspirasi dalam belajar bahasa Inggris. Contohnya, ketika kamu menyukai dan mengagumi sosok selebriti, YouTuber, musisi, atau bahkan orang di sekitar yang memiliki kepandaian berbicara bahasa Inggris. Setidaknya, pasti ada keinginan dalam diri untuk sekedar meniru gaya bicaranya. Hal ini dapat memicu keberanianmu untuk mulai berbicara dalam bahasa Inggris, hingga lama-kelamaan kepercayaan diri pun dapat terbangun dengan sendirinya.

Meskipun begitu, kamu harus tetap berhati-hati dalam memilih role model. Jangan lupa untuk melihat latar belakang serta kebiasaannya dalam kehidupan sehari-hari. Pilihlah yang sekiranya dapat membawa pengaruh positif baik dalam perkembangan bahasa Inggrismu maupun cara pandangmu terhadap sesuatu.

cara meningkatkan kepercayaan diri dalam berbicara bahasa inggris

2. Ikuti Pengucapan Secara Fonetis

Merupakan cara mendasar yang dapat membantumu berbicara dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar. Pengucapan secara fonetis biasanya sering dijumpai di kamus online maupun offline yang disertai simbol penulisan fonetik di dalamnya. Dengan mendengarkan dan membaca kata dalam kamus bahasa Inggris secara fonetis, maka kamu akan mempelajari cara pengucapan yang biasa dituturkan oleh penutur aslinya.

Sebelum memutuskan untuk menyesuaikan pengucapan bahasa Inggris secara fonetis, kamu pun dapat memilih preferensi aksen yang diinginkan. Karena, baik aksen American maupun British tentunya memiliki pengucapan fonetis yang berbeda. Kepercayaan diri untuk berbicara dalam bahasa Inggris pun tentunya akan meningkat karena adanya aturan pengucapan yang benar dan sesuai pedoman.

cara meningkatkan kepercayaan diri dalam berbicara bahasa inggris

3. Kesalahan dalam Belajar Itu Wajar

Manusia memang tak ada yang sempurna, terutama dalam mempelajari sesuatu. Peningkatan yang didapatkan pun tentunya selalu berawal dari ketidaktahuan. Maka dari itu, hiraukanlah pikiran negatif yang membuatmu takut untuk berbicara dalam bahasa Inggris karena tidak mau dianggap salah. Justru karena kesalahan itulah, kamu jadi termotivasi untuk mencapai tahapan selanjutnya.

Tanamkan pada dirimu bahwa tak mengapa jika ada kesalahan dalam suatu proses selagi kamu mau untuk berkembang dan terus belajar. Teruslah berusaha melakukan trial and error hingga kamu menemukan jawabannya. Hal tersebut lebih berarti ketimbang hanya berdiam diri dan tak mau memulai sama sekali. Karena sesungguhnya ‘practice makes perfect’ itu benar adanya.

cara meningkatkan kepercayaan diri dalam berbicara bahasa inggris

4. Apresiasi ‘Small Wins’

Apa itu small wins? Dikenal sebagai kemenangan atau pencapaian kecil yang didapatkan oleh seseorang. Kamu dapat menerapkan hal ini ketika sedang berlatih berbicara menggunakan bahasa Inggris. Kepercayaan diri dapat terbangun karena adanya kemajuan serta peningkatan dalam diri. Tanpa mengapresiasi small wins, mungkin kamu tak akan menyadari keberhasilan kecil yang telah dicapai selama belajar.

Cukuplah bandingkan diri sendiri saat pertama kali mencoba berbicara bahasa Inggris dengan dirimu yang sekarang. Jangan coba-coba membandingkan diri dengan orang lain, karena prosesnya pun tentu berbeda. Dengan mengingat atau bahkan menuliskan small wins selama belajar, kepercayaan dirimu dapat meningkat lebih mudah dan cepat.

cara meningkatkan kepercayaan diri dalam berbicara bahasa inggris

5. Jadikan Kebiasaan

Setelah mengetahui tips-tips di atas, langkah selanjutnya adalah untuk membiasakan hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Jika sudah dijadikan kebiasaan, maka semuanya akan berjalan secara natural dan tentunya terasa lebih ringan. Kamu pun akan merasa tenang karena telah terbiasa melakukannya.

Cara untuk membiasakannya dapat dimulai dari mendengarkan obrolan, tayangan, atau lagu dalam bahasa Inggris dengan memperhatikan pengucapannya, lalu ikuti kembali di depan cermin. Kamu juga dapat mencurahkan isi hati dengan monolog bahasa Inggris tanpa harus takut akan kesalahan gramatikal maupun pengucapannya. Jika ingin melakukannya bersama, ajaklah teman atau keluarga untuk berinteraksi menggunakan bahasa Inggris dengan santai.

Bagaimana? Ternyata memang benar bahwa kepercayaan diri dalam belajar bahasa Inggris haruslah dilatih agar terus meningkat.

EF dapat membantumu untuk terbiasa berbicara dalam bahasa Inggris dengan penuh rasa percaya diri. Karena, dalam setiap interaksi baik dengan pengajar maupun sesama teman akan dilakukan menggunakan bahasa Inggris. Sehingga, kamu tak perlu merasa malu atau tidak percaya diri lagi.

Yuk, langsung saja tekan tombol pink di bawah ini untuk mendapat pengalaman belajar yang menakjubkan!

Sampai jumpa di kelas!

Ben Small Stars
Author
Ben