Menu
aplikasi belajar gratis
Education Advice

5 Alternatif Aplikasi Belajar yang Bisa Kamu Download Gratis

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.04.27

Aplikasi bisa kamu download secara gratis ataupun berbayar melalui smartphone, PC, tablet dan lain-lain. Apakah aplikasi-aplikasi tersebut membantu kegiatanmu? Sebagai pelajar biasanya aplikasi apa yang sering kamu gunakan?

Biasanya aplikasi yang digunakan pelajar adalah aplikasi-aplikasi yang memudahkan aktivitas pembelajaran dengan jarak jauh. Selain itu sejumlah aplikasi ini sangat praktis karena memudahkan kamu untuk belajar di mana saja dan kapan saja.

Kamu hanya perlu mengakses dengan jaringan internet, dan selanjutnya kamu sudah bisa belajar secara online dan menambah pengetahuan kamu melalui aplikasi tersebut.

Di bawah ini, ada beberapa alternatif aplikasi untuk belajar yang bisa kamu download secara gratis tanpa harus ribet dengan aplikasi yang berbayar. Jadi yuk perhatikan penjelasannya, agar kamu semakin semangat untuk belajar!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. EF Small Stars

Dari EF sendiri memiliki aplikasi EF Small Star yang merupakan aplikasi belajar bahasa Inggris khususnya untuk anak-anak berusia 3 sampai 6 tahun. Aplikasi yang interaktif ini memberikan latihan-latihan melalui lagu, bacaan dan video animasi yang lucu sehingga dapat digemari oleh anak-anak. Setiap anak yang telah menyelesaikan latihan-latihan ini akan mendapatkan bintang dan dapat menemukan stiker animasi yang lucu.

Aplikasi ini mengajak anak-anak untuk semakin aktif dalam membaca, menulis dan mengenal huruf-huruf. Kemudian EF Small Stars bertujuan untuk mendorng kemampuan phonics dan pra-literasi anak agar semakin terbentuk dengan baik. Di samping itu, orang tua bisa belajar bersama dengan anak di rumah melalui petunjuk yang sudah diberikan.

2. EF Hello

EF Hello adalah aplikasi pembelajaran bahasa Inggris dengan konsep percakapan yang berbasis obrolan. Aplikasi ini juga gratis dan mudah diakses dan terdapat bermacam-macam jenis latihan bahasa Inggris yang menarik dan interaktif. Materi di dalam aplikasi ini mengajarkan tata bahasa, kosakata, speaking, writing, reading, listening dan masih banyak lagi.

Kemudian EF Hello dilengkapi dengan adanya kamu terjemahan langsung dan Language Buddies. Language Buddies merupakan ruang obrolan yang terhubung dengan pelajar bahasa Inggris lainnya, agar pengguna bisa belajar berbicara dalam bahasa Inggris bersama teman-teman baru di aplikasi tersebut.

3. Grammarly

Yang ketiga adalah Grammarly, aplikasi yang dapat digunakan secara gratis oleh siapa saja. Grammarly adalah aplikasi cek grammar bahasa Inggris khusus untuk memperbaiki tata bahasa, kalimat dan tulisan bahasa Inggris. Tidak hanya grammar, aplikasi ini juga dapat mengenali beberapa istilah teknis seperti singkatan dan akronim.

Aplikasi ini mampu mendeteksi kesalahan kata dan kalimat yang ditampilkan di layar desktop seperti kesalahan status di sosial media ataupun aplikasi chat messenger. Setiap penulisan grammar yang salah akan ditandai dengan garis merah. Jika ingin memperbaiki tulisan, cukup mengarahkan kursor ke kata yang ditandai itu.

4. Brainly

Aplikasi Brainly ini merupakan aplikasi pendidikan online yang lebih berfokus kepada pembahasan soal-soal bagi penggunanya yang menemukan kesulitan. Aplikasi ini membuka diskusi untuk para pengguna lainnya yang ingin membantu menjelaskan dan menjawab pertanyaan sulit, agar pengguna yang bertanya menjadi lebih paham.

Bagi pengguna yang telah menjawab pertanyaan pengguna lainnya akan mendapatkan poin yang telah ditentukan oleh penanya. Brainly juga bisa di install secara gratis di Android dan iOS. Aplikasi ini menyediakan tiga jenjang pendidikan dimulai dari SD, SMP dan SMA dengan 25 kategori mata pelajaran.

5. Edmodo

Aplikasi e-learning yang satu ini dapat digunakan untuk pembelajaran interaktif antara guru dan muridnya. Disini Edmodo mempunyai banyak fitur di dalamnya sebagai penunjang untuk pembelajaran kelas online. Seperti kuis dari guru serta tempat mengumpulkan tugas para siswa dengan menggunakan fitur waktu pengingat.

Selain itu, guru dan siswa dapat berbagi tautan seperti catatan, dokumen, peringatan dan acara menggunakan kerangka waktu yang telah ditentukan. Di Edmodo juga mempunyai fitur polling untuk keperluan diskusi online serta penilaian kinerja dan perilaku siswa secara individu.

Jadi begitulah penjelasan mengenai aplikasi gratis yang dapat kamu gunakan saat belajar. Aplikasi belajar seperti di atas sangat berguna agar kamu tetap bisa belajar kapanpun dan dimanapun. Termasuk ketika kamu ingin belajar bahasa Inggris secara praktis dan menyenangkan melalui aplikasi EF Small Stars dan EF Hello.

Selain dari aplikasi tersebut, kamu juga bisa belajar secara langsung bersama EF dengan bimbingan pengajar-pengajar yang profesional. Kamu dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris menggunakan metode-metode unik dan seru. Di bulan Ramadhan ini ada promo khusus buat kamu yang ingin daftar loh.

Yuk, jadi percaya diri berbahasa Inggris bersama EF!

Ben Small Stars
Author
Ben