Menu
bahasa inggris
News and Lifestyle

5 Alasan Kenapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional

2023.01.12

Tahukah kamu ada berapa jumlah bahasa yang tersebar di dunia? Jawabannya adalah ribuan! Sebanyak lebih dari 7000 bahasa sudah digunakan di dunia. Nah, di antara sekian ribu bahasa yang tersebar, bahasa Inggris menjadi bahasa yang paling banyak diterapkan di dunia loh!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Saking banyaknya orang yang berbicara dalam bahasa tersebut, bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang populer di dunia dengan lebih dari 1.45 milyar orang, yaitu sekitar 370 ribu native (orang yang memang berbicara bahasa Inggris) dan lebih dari 1 milyar non-native (orang yang tidak berbicara bahasa Inggris sejak lahir).

Bisa kamu bayangkan ada berapa banyak orang yang belajar bahasa Inggris? Padahal mereka tidak terlahir sebagai orang yang berbahasa Inggris. Lalu, mengapa bahasa Inggris menjadi bahasa yang sangat populer di dunia? Yuk, pelajari lebih lanjut dengan baca artikel ini sampai habis!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Kekuasaan Kerajaan Inggris

kekuasaan

Alasan pertama mengapa bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional adalah karena adanya strategi kerajaan Inggris, termasuk dalam bidang perdagangan. Negara Inggris pada saat itu memiliki banyak perluasan wilayah dan mereka menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi. Sehingga bahasa Inggris secara otomatis terus menyebar. Contoh wilayah yang terkena perluasan kekuasaan adalah India. Jika kamu pernah berbicara dengan orang India, biasanya mereka menggunakan bahasa Inggris dengan orang asing.

2. Kerja Sama Internasional

kerja sama

Lahirnya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ternyata juga memberi peluang bangsa Inggris mengadakan banyak kerja sama dengan berbagai negara. Hal ini tentunya membuat Bahasa Inggris berkembang dalam bidang ekonomi. Selain itu, adanya penerjemahan dan pembuatan kamus bahasa asing juga sudah mulai banyak dilakukan. Hayo, kamu bisa tebak ada berapa kerja sama yang sudah dilakukan oleh bangsa Inggris?

3. Perkembangan Teknologi

teknologi

Kalau yang satu ini sudah tidak aneh ya? Seiring berjalannya waktu, semua yang ada di dunia mengalami perkembangan, termasuk teknologi. Contohnya, saat ini kamu sedang membaca EF Blog dan tentunya kamu membutuhkan koneksi jaringan internet bukan? Belum lagi media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan berbagai media lainnya yang dimainkan oleh banyak pengguna.

Dengan adanya banyak media dan teknologi yang semakin canggih, tentu bahasa Inggris juga semakin sering digunakan. Coba kamu tengok gadgetmu atau gadget orang tuamu, apakah menggunakan bahasa Inggris?

4. Mudah Dipahami

mudah

Kamu sudah pernah belajar bahasa lain? Seperti bahasa Mandarin, bahasa Prancis, bahasa Jerman, dan bahasa lainnya. Kalau sudah, coba kamu bandingkan mana bahasa yang mudah dipelajari. Contohnya adalah bahasa Prancis. Dalam bahasa Prancis, kamu harus menggunakan keterangan gender atau jenis kelamin dari sebuah benda. Yup, kamu harus tahu apakah gender yang digunakan untuk benda tersebut masculin (laki-laki) atau feminin (perempuan).

Contoh lain adalah bahasa Jerman atau bahasa Belanda, di mana gender untuk setiap benda, tidak hanya maskulin atau feminin, tetapi juga ada gender netral (bisa digunakan untuk masculin atau feminin). Selain itu, pada bahasa asing lainnya, kamu harus menyesuaikan kata kerja sesuai dengan subyek yang digunakan. Jadi lebih mudah bahasa Inggris bukan?

5. Industri Hiburan

musik

Kamu suka mendengar musik atau menonton film? Biasanya kamu akan selalu menggunakan subtitle bahasa Indonesia atau bahasa Inggris bukan? Baik menonton di bioskop, youtube, atau di mana pun, kamu pasti akan menemukan subtitle bahasa Inggris. Biasanya, bahasa Inggris selalu tersedia dalam daftar pilihan subtitle. Hayo, siapa yang menonton film Korea atau Jepang, tapi menggunakan subtitle bahasa Inggris?

Sstttt… tenang, banyak kok yang selalu menggunakan subtitle bahasa Inggris, walaupun film yang ditonton tidak berbahasa Inggris. Selain film, musik juga menjadi media penyampaian bahasa Inggris. Kamu tahu Jimmy Young dan The Beatles? Nah, karena lagu yang mereka suguhkan sangat terkenal dan tentunya dalam bahasa Inggris, mereka pun memiliki banyak penggemar. Kalau sebuah lagu sudah enak didengar, kita pasti akan terus menyanyikannya. Lama-kelamaan, jadi hafal lagunya deh.


Bagaimana? Kamu masih ragu belajar bahasa Inggris? Saking banyaknya penutur bahasa Inggris, kamu bisa rasakan betapa mudahnya berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan siapa pun tanpa melihat asal negara, asal budaya, dan berbagai latar belakang lainnya loh. Contoh kecilnya adalah saat kamu pergi ke luar negeri di negara mana pun, jika kamu tidak bisa bahasa negara tersebut, pasti kamu menggunakan bahasa Inggris bukan?

Nah, agar komunikasimu semakin lancar dan bahasa Inggrismu semakin bagus, Yuk Coba Kelas Gratis EF! Selain kamu belajar dengan guru yang ahli, materi yang diajarkan juga seru dan menyenangkan. Ayo kembangkan bahasa Inggrismu lebih dalam! Jangan sampai ketinggalan!😉

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas

Terakhir update artikel : 12-01-2023