Menu
3 Jenis Perlombaan Umum yang Kamu Harus Tahu
Education Advice

3 Lomba Bahasa Inggris yang Kamu Harus Tahu

Ben Small Stars
Author
Ben
2022.01.04

Apakah kamu pernah mengikuti perlombaan bahasa Inggris sebelumnya? Jika ya, lomba apa yang kamu ikuti? Tahukah kamu bahwa ada beberapa perlombaan bahasa Inggris yang sering diadakan di berbagai negara? Yuk, intip 3 perlombaan bahasa Inggris paling umum di bawah ini!

Menjadi seorang juara adalah impian bagi setiap orang. Di samping hadiah yang akan didapatkan, terdapat manfaat positif bagi sang juara, seperti meningkatkan motivasi untuk selalu bekerja keras, hingga mampu mengembangkan rasa percaya dirinya yang tinggi dengan mengikuti berbagai jenis perlombaan.

Mengikuti sebuah perlombaan bukan berarti kita harus melawan musuh dengan jiwa kompetitif yang tinggi. Meskipun menurut KBBI perlombaan didefinisikan sebagai kegiatan untuk mengadu kecepatan dalam keterampilan, kepandaian, hingga ketangkasan, para peserta harus bersikap sportif dan jujur untuk memenangkannya.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Dalam bahasa Inggris sendiri, terdapat banyak jenis lomba yang paling sering diadakan di banyak negara--terutama negara-negara yang menerapkan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua atau English as a Second Language (ESL) dan negara yang menerapkan bahasa Inggris sebagai bahasa asing atau English as a Foreign Language (EFL).

Dari mulai kompetisi yang bertema uji pengetahuan, menulis, berbicara, hingga mengeja; banyak lomba bahasa Inggris yang kini bahkan telah dianggap sebagai ajang pretensius yang pesertanya didatangkan dari berbagai belahan dunia.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang perlombaan atau kompetisi tersebut, yuk ketahui 3 jenis perlombaan bahasa Inggris paling umum di bawah ini!

1. Spelling Bee Competition

spelling bee

Pernahkah kamu berpikir untuk mengeja kosakata dalam bahasa Inggris dengan tepat dan cepat? Mungkin bagi sebagian orang, mengeja kosakata bahasa Inggris sangat mudah. Meskipun hanya mengeja salah satu kata yang disebutkan, ternyata kegiatan ini dibuat sebagai perlombaan yang positif loh untuk anak-anak.

Pada mulanya, kompetisi ini dilaksanakan pertama kali di Amerika Serikat pada tahun 1925 hingga akhirnya berkembang ke Indonesia sejak tahun 2003 yang dilaksanakan oleh EF.

Pada tahun 2006, Spelling Bee Competition dilaksanakan dalam skala yang lebih besar. Mulai dari tingkat regional hingga tingkat nasional. Di tahun 2022 ini, kompetisi Spelling Bee akan dilaksanakan pada tanggal 15 Januari – 26 Februari di tingkat regional, dan tanggal 5 – 6 Maret untuk peserta yang lolos ke babak semi final di tingkat Nasional.

 Para peserta yang ikut dalam kompetisi ini pun beragam, yaitu mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 9 SMP. Terdapat pembagian para peserta Spelling Bee yang dikelompokkan menjadi empat grup, yaitu Grup A untuk kelas 1-2 SD, Grup B untuk kelas 3-4 SD, Grup C untuk kelas 5-6 SD, dan Grup D untuk kelas 7-9 SMP.

Apakah kamu berminat ikut dalam kompetisi ini? Daftar, yuk! Temukan informasinya di halaman ini.

2. English Debate Competition

lomba debat bahasa inggris

Lomba debat bahasa Inggris atau sering disebut sebagai English Debate Competition adalah salah satu jenis kompetisi yang paling sering diadakan oleh banyak insititusi dan lembaga di seluruh dunia. Biasanya dalam setiap babak kompetisi akan terdapat dua grup yang bertanding. Keduanya kemudian akan mewakilkan kubu pendukung (proposition) dan kubu oposisi (opposition).

Saat lomba dimulai, dewan juri akan menentukan satu topik yang kemudian akan menjadi ide utama dalam babak debat. Dua grup yang berlomba diberikan waktu untuk menyampaikan argumentasi mereka mengapa topik tersebut dapat/tidak dapat diterima. Juri kemudian akan menilai kualitas dari argumentasi yang disampaikan.

Dewasa ini, English Debate Competition sering diadakan di banyak negara di dunia, salah satunya adalah World Schools Debating Championship (WDSC) yang mempertandingkan murid SMA dari seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, lomba ini kerap diadakan oleh SMA atau kampus sebagai ajang unjuk gigi kemampuan bahasa Inggris siswa-siswinya.

3. English Speech Contest

lomba pidato bahasa Inggris

Jenis perlombaan yang satu ini sudah tidak asing kita dengar. Biasanya peserta yang mengikuti lomba pidato bahasa Inggris adalah mereka yang berusaha untuk menunjukkan rasa percaya diri untuk berbicara di depan banyak orang.

Tips and trick untuk memenangkan perlombaan ini dimulai dengan mempersiapkan script pidato bahasa Inggris sesuai dengan tema, menghafalkan naskah tersebut, perhatikan audience, artikulasi dengan jelas, dan buat interaksi dengan audience.

Kunci sukses menjadi juara dalam pidato bahasa Inggris yaitu dengan melakukan trik interaksi dengan audience sehingga mereka tidak merasa bosan saat mendengarkanmu. Selain itu, dengan adanya interaksi seperti menyisipkan lelucon dan sebagainya berguna agar mereka dapat memahami perkataanmu dengan tepat.

Jika kamu lupa dengan naskah, kamu bisa melakukan improvisasi. Tentunya cara ini hanya bisa dilakukan jika kemampuan bahasa Inggris kamu sudah baik ya… karena bisa saja juri akan mengurangi nilai ketika kamu salah menyebutkan kosakata bahasa Inggris yang tepat.

Untuk mengatasi hal ini terjadi, yuk cek kemampuan bahasa Inggris kamu di kelas demo GRATIS dengan hanya mengisi nomor telepon pada formulir di halaman ini.

Selain mendapatkan kelas secara GRATIS, kamu juga akan diberikan tips and trick memenangkan perlombaan bahasa Inggris oleh guru yang profesional.

Jadi, tunggu apalagi? DAFTAR SEKARANG JUGA! 😉

Ben Small Stars
Author
Ben