Menu
Ide Menulis dalam Bahasa Inggris
Grammar and Vocabulary

20 Ide Menulis dalam Bahasa Inggris yang Bisa Kamu Gunakan

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.01.12

Ingin menulis dalam bahasa Inggris tapi nggak punya ide? Jangan panik karena Ben akan memberitahumu! Kira-kira, apa 20 ide menulis dalam bahasa Inggris yang bisa jadi inspirasi kamu?

Menulis dalam bahasa Inggris adalah kegiatan yang sangat bermanfaat. Menulis berarti menuangkan isi kepala (pikiran) ke dalam bentuk kata-kata. Proses tersebut bisa membuat kreativitas kamu meningkat. Selanjutnya, menulis juga mampu melatih imajinasi kamu. Yang tidak kalah penting, kemampuan bahasa Inggrismu juga pasti akan semakin lancar dengan banyak berlatih menulis. Oleh karena itu, sangat disarankan agar kamu rajin menulis.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Berikut kami sajikan 20 ide menulis untuk membangkitkan inspirasi menulis dalam bahasa Inggris.

1.      Letter (surat)

Momen awal tahun bisa kamu jadikan kesempatan untuk menulis surat, terutama bagi orang-orang tersayang yang berada jauh darimu. Selain berguna untuk menunjang kemampuan menulismu, berkirim surat juga berperan dalam menjaga hubungan agar tetap dekat satu sama lain.

2.      Hometown (kampung halaman)

Sebagai tempat kamu bertumbuh, kampung halaman pasti memiliki makna tersendiri yang dapat kamu tuangkan dalam tulisan.


3. Memorable Moment (momen tak terlupakan)

Ceritakan tentang momen tak terlupakan dalam hidupmu, misalnya ketika perayaan ulang tahunmu yang pertama.

4. Dream (cita-cita)

Cita-cita merupakan sesuatu yang ingin kamu capai di masa depan. Contohnya, kelak kamu ingin menjadi dokter. Maka, kamu dapat menuliskan tentang hal ini, lengkap dengan alasannya.

5. Best holiday ever (liburan yang paling berkesan)

Di antara berbagai liburan yang pernah kamu lewati, tentu ada yang paling berkesan buatmu. Nah, itu juga bisa jadi ide untuk menulis.

6. Friendship (pertemanan)

Baik di lingkungan sekolah ataupun di lingkungan rumah, kamu pasti punya teman baik kan? Tidak ada salahnya untuk menceritakan tentang pertemananmu dengan mereka dalam bentuk tulisan.

7. Hobby (Hobi)

Ada banyak sekali jenis hobi, seperti bersepeda, memancing, melukis, dan sebagainya. Kalau kamu, hobi apa yang digemari? Di tulisanmu, kamu bisa membahas tentang hal ini.

8. Favorite Subject (mata pelajaran yang disukai)

Dari sekian banyak mata pelajaran yang kamu pelajari di sekolah, apa yang menjadi kesukaanmu? Rangkailah kata-kata tentang mata pelajaran tersebut sehingga menjadi tulisan yang baik.

9. Online Learning Experience (pengalaman sekolah daring)

Sudah berapa lama kamu menjalani pembelajaran online? Apakah kamu menikmatinya atau justru sebaliknya? Melalui tulisan, kamu dapat mengungkapkannya.

10. On-repeat Songs (lagu yang diputar berulang)

Lagu yang kerap kamu dengarkan secara berulang untuk menemani kamu beraktivitas ataupun bersantai bisa juga diceritakan alam tulisanmu.

11. Family (keluarga)

Seberapa pentingkah arti keluarga bagi kamu? Untuk menunjukkan betapa berharganya mereka, kamu bisa menulis tentang mereka.

12. Inspiring Books (buku yang menginspirasi)

Jika kamu pernah membaca buku yang menginspirasi hidupmu, maka hal itu juga bisa menjadi ide menulis yang apik.

13. Idol (Idola)

Siapakah orang yang kamu jadikan panutan? Siapapun orangnya, coba saja buat cerita tentang orang tersebut dalam bentuk tulisan.

14. A place you want to visit (tempat yang ingin kamu kunjungi)

Adakah tempat di dunia ini yang sangat ingin kamu kunjungi? Barangkali akan menjadi kenyataan kalau kamu menuliskannya terlebih dahulu.

15. Mom’s Cooking (masakan Ibu)

Tidak ada makanan yang lebih enak dari masakan Ibu, benar begitu bukan? Apa saja menu yang paling kamu tunggu-tunggu untuk dihidangkan di meja makan? Sepertinya akan sangat seru apabila kamu deskripsikan dalam sebuah tulisan.

16. Sport (Olahraga)

Manakah yang lebih kamu sering kamu lakukan? Bersepeda, bulu tangkis atau yang lain? Untuk memberitahukannya, silakan kamu menulis tentang hal tersebut.

17. Film Review (Ulasan Film)

Mengulas tentang film yang kamu tonton menjadi salah satu ide menulis yang dapat diterapkan.

18. Transportation (Alat transportasi)

Alat transportasi, baik kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum yang bermacam-macam memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Manakah yang menjadi pilihanmu dalam bepergian? Ayo, buat tulisan tentang ini.

19. Opinion on Game (pendapat tentang permainan)

Sebagian orang beranggapan bahwa game lebih banyak menyebabkan dampak yang negatif. Sedangkan sebagian lagi menilai bahwa game memberikan lebih banyak dampak positif. Kamu lebih setuju yang mana? Pendapatmu tentang hal ini bisa kamu gunakan sumber ide untuk menulis.

20. Study Tips (tips belajar)

Setiap orang mempunyai cara belajar yang berbeda. Begitu pula dengan kamu, tips belajar ala kamu dapat dituangkan saat menulis.

Bagaimana? Apakah kini kamu sudah menemukan ide menarik untuk membuat tulisan dalam bahasa Inggris?

Tahukah kamu bahwa untuk menjadi mahir berbahasa Inggris, hal utama yang kamu harus lakukan adalah membuatnya menjadi hobimu?

Di EF, kamu dapat belajar bahasa Inggris dengan metode yang dirancang khusus untuk kamu, dan tentunya dapat memacu kamu untuk mencintai bahasa Inggris. Penasaran? Yuk, temukan ide-ide lainnya dengan menjadi bagian dari EF sekarang!

Ben Small Stars
Author
Ben