Menu
introvert
News and Lifestyle

2 Januari, Hari Introvert Sedunia! Ketahui Perbedaan Introvert dan Ekstrovert

2023.01.02

Tahukah kamu kalau setiap tanggal 2 januari diperingati sebagai hari introvert sedunia? Hayo, sudah pernah dengar istilah introvert? Coba kamu tengok sekelilingmu. Kamu pasti pernah memiliki teman yang sukanya menyendiri dan teman yang sangat senang menghabiskan waktu dengan orang lain.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Yup, temanmu yang menyendiri bukan berarti pendiam, tapi bisa saja dia introvert loh! Sedangkan temanmu yang sangat aktif berada di kerumunan adalah seorang ekstrovert. Sebenarnya, setiap orang memiliki dua sisi kepribadian tersebut. Namun, pasti didominasi oleh salah satunya.

Lalu, apa perbedaan antara introvert dan ekstrovert? Yuk, baca lebih lanjut artikel berikut!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Bagaimana Ciri Introvert?

introvert

Beberapa cara bisa kamu lakukan untuk mendeteksi keberadaan seorang introvert. Pertama, energi mereka akan terkuras saat menghabiskan waktu dengan banyak orang, sehingga lebih senang melakukan aktivitas sendiri. Kedua, memiliki kesadaran akan diri sendiri.

Seorang introvert mampu mengenali dirinya sendiri lebih baik dengan mempelajari kelebihan dan kekurangan yang ada pada mereka. Ketiga, memiliki kemampuan mendengar dan mengamati yang baik. Jika kamu curhat dengan seorang introvert, kamu tidak perlu khawatir, karena mereka akan mendengarkan dan memahami karaktermu. Mereka menyukai observasi terlebih dahulu sebelum bertindak.

Dibaik ciri-cirinya, bukan berarti introvert tidak bisa berkomunikasi dengan orang lain loh. Hanya saja, mereka akan lebih memilih teman. Hal ini karena mereka ingin bersama seseorang yang membuatnya nyaman dan cenderung tidak bisa basa-basi.

2. Bagaimana Ciri Ekstrovert?

ekstrovert

Sudah mengetahui ciri introvert, sekarang kita pelajari ciri kepribadian ekstrovert. Apa saja ya? Pertama, seorang ekstrovert akan mudah bosan saat sendiri. Biasanya, mereka lebih menyukai aktivitas dengan orang lain.

Kedua, gemar berbicara. Kebalikan dari introvert, ekstrovert justru sangat senang berbicara dan memiliki banyak ide atau pendapat untuk disampaikan terhadap lawan bicaranya, sehingga mereka akan selalu memiliki banyak energi. Ketiga, asertif. Mereka yang memiliki kepribadian ekstrovert dapat menyampaikan langsung apa yang diinginkan secara jelas tanpa menyinggung.


Itu dia ciri-ciri introvert dan ekstrovert. Kamu yang mana nih? Untuk kamu yang masih bingung, kamu bisa melakukan test psikologi langsung dengan ahlinya ya. Jangan self-diagnosis. Nah, untuk kamu yang memiliki kepribadian introvert, jangan takut, tetap jadi diri sendiri ya.

Kamu bisa mengeksplor banyak hal loh. Apalagi kamu suka menganalisa sesuatu, pasti kamu suka belajar bukan? Pas banget, kamu bisa nih ikut Free Demo Class EF! Gratis! Di kelas EF, kamu bisa mulai bertemu banyak orang dengan berbagai latar belakang dan belajar bersama dengan teman barumu. Selain itu, kamu bisa mencoba banyak kegiatan lainnya. Penasaran? Yuk, segera daftarkan dirimu!😉

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas

Terakhir update artikel : 02-01-2023