Menu
kosakata pahlawan indonesia
Grammar and Vocabulary

15 Kosakata tentang Pahlawan dan Artinya

Ben Small Stars
Author
Ben
2020.11.10

Tanggal 10 November setiap tahunnya di Indonesia diperingati sebagai Hari Pahlawan. Siapa pahlawan Indonesia yang paling kamu ingat perjuangan dan jasa-jasanya?

Agar lebih bersemangat dalam membahas dan mengenang jasa para pahlawan, yuk cari tahu lebih lanjut tentang 15 kosakata dalam bahasa Inggris tentang pahlawan beserta artinya berikut ini!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Heroes Day

Heroes Day artinya adalah Hari Pahlawan yang bertujuan untuk mengenang jasa pahlawan yang telah berperang melawan penjajah Di Indonesia, Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November, bertepatan dengan peristiwa Battle of Surabaya yang terjadi pada tanggal 10 November 1945.

Contoh: Indonesia’s National Heroes Day is celebrated on November 10th every year.

bung tomo pahlawan indonesia

Sharpened Bamboo

Sharpened bamboo artinya adalah bambu runcing. Senjata tradisional asal Indonesia ini digunakan para pahlawan mengusir penjajah hingga akhirnya menjadi simbol perlawanan.

Contoh: Sharpened bamboo is the Indonesian traditional spear used to fight the colonizers.

Colonizers

Colonizers atau penjajah adalah bangsa yang menguasai bangsa lain dan melakukan penindasan terhadap mereka. Dulu, Indonesia sempat dikuasai oleh berbagai bangsa penjajah selama beratus-ratus tahun.

Contoh: Our national heroes worked hard to fight the colonizers.

Independence

Arti kata ini adalah kemerdekaan. Setelah lama dijajah, akhirnya bangsa Indonesia berhasil memproklamirkan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh Ir.Soekarno, presiden pertama Indonesia.

Contoh: Indonesia declared its independence from the Dutch on August 17th, 1945.

Guerrilla

Guerrilla atau gerilya dalam bahasa Indonesia artinya adalah taktik perang yang dilakukan dengan sembunyi-sembunyi dan penuh kecepatan. Bangsa Indonesia pernah melancarkan perang gerilya, lho untuk melawan penjajah dan mempertahankan kemerdekaan.

Contoh: General of the Army Sudirman is well-known for his guerrilla strategy.

Revolution

Revolution atau revolusi berarti perubahan yang terjadi secara mendasar dalam suatu bidang. Misalnya adalah revolusi yang terjadi dalam sistem pemerintahan. Peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia termasuk ke dalam revolusi karena Indonesia akhirnya membentuk negara sendiri dan tidak dikuasai penjajah lagi.

Contoh: The group started a revolution after being oppressed for many years.

Integrity

Integrity dalam bahasa Indonesia berarti sikap yang menunjukkan kewibawaan dan kejujuran seseorang. Sikap ini sangat penting, lho untuk dimiliki bagi setiap orang.

Contoh: Everyone trusts him as he is known as the man of the highest integrity.

Merit

Pernah mendengar tentang kata ‘merit’? Kata ini dalam bahasa Indonesia berarti ‘jasa’. Hari Pahlawan ini sendiri diperingati untuk mengenang jasa para pahlawan Indonesia yang telah berjuang di masa lalu.

Contoh: We must not forget the merit of our national heroes.

Undaunted

Undaunted dalam bahasa Indonesia berarti ‘berani’. Kata ‘berani’ tentunya sudah akrab di telingamu. Namun dalam bahasa Inggris, sebenarnya terdapat beberapa alternatif kata yang melambangkan keberanian seperti ‘brave’, ‘dare’ atau ‘courage’.

Undaunted sendiri lebih tepat digunakan dalam konteks keberanian untuk bertarung saat menghadapi situasi berbahaya atau kesulitan.

Contoh: The heroes were undaunted by the dangers they faced on the battlefield.

Battle

Apa kamu tahu artinya ‘battle’? Battle sendiri dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai ‘pertarungan’. Dalam beberapa konteks, ‘battle’ juga dapat diartikan sebagai ‘perlawanan’ atau ‘peperangan’.

Contoh yang tepat dalam konteks ‘pertarungan’ adalah seperti berikut:

Bung Tomo played a key role in the Battle of Surabaya.

Power

Power berarti kekuatan. Namun, dalam konteks kalimat lain ‘power’ dapat berarti ‘kekuasaaan’, ‘wewenang’ atau ‘tenaga’. Kata ini juga dapat dipakai untuk memberi semangat untuk orang lain, sebagai contoh:

Show me your power as our national heroes did! I know you can do it!

Persistence

Persistence artinya adalah kegigihan atau ketekunan. Untuk mempermudah mengingatnya, kamu dapat mengingat kegigihan (persistence) yang pahlawan bangsa tunjukkan saat berperang melawan penjajah seperti contoh kalimat berikut ini:

Our heroes’ persistence in fighting the colonizers is what brought Indonesia to its independence.

Nationalism

Nationalism berarti nasionalisme. Kata ini sendiri menunjukkan kesetiaan seseorang pada bangsanya dan selalu mendukung serta berniat memajukan kesejahteraan semua orang yang berada di dalamnya.

Contoh penggunaan nationalism adalah:

Cut Nyak Dien, as one of the most well-known national heroes in Indonesia, had shown an admiring degree of nationalism in her battles against the Dutch colonial forces.

Biography

Biography adalah istilah bahasa Inggris dari ‘biografi’. Biography sendiri berarti riwayat hidup seseorang yang biasanya menceritakan pengalaman atau sejarah sang tokoh sampai saat mereka mencapai titik tertentu.

Contoh: I love reading Ahmad Yani’s biography. He is such an amazing role model!

Dari semua kata-kata di atas, yang mana yang menjadi favoritmu?

Dengan mengetahui vocabulary atau kosakata mengenai kepahlawanan, maka kini kamu juga dapat membaca lebih banyak kisah-kisah mengenai pahlawan nasional yang diterbitkan dalam berbagai versi bahasa dan mengetahui jasa mereka dari berbagai sudut pandang.

Sebagai generasi muda, kita tetap harus mempertahankan semangat juang pahlawan-pahlawan yang telah mengorbankan nyawa mereka demi kemerdekaan dengan menanamkan jiwa nasionalisme dan memajukan bangsa.

Yuk, jadi generasi gemilang bersama dengan EF!

(Psst, EF juga punya voucher khusus untuk kamu yang ingin lebih jago lagi dalam bahasa Inggris, loh. Temukan di halaman ini, ya!)

Ben Small Stars
Author
Ben