Menu
game online
Grammar and Vocabulary

14 Istilah Game Online yang Paling Sering Digunakan

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.07.14

Kamu suka bermain game online? Eits, jika jawabanmu adalah iya, jangan ngaku gamer dahulu jika belum mengetahui istilah online game dalam bahasa Inggris yang ada di bawah ini!

Baik melalui ponsel pintarmu, komputer, atau konsol, game online atau permainan daring kini seakan menjadi fenomena di seluruh pelosok dunia. Banyak sekali jenis permainan daring yang bisa kamu temukan dan mainkan. Terdapat games simulation, arcade, MMORPG, FPS, hingga gatcha games yang banyak di antara mereka dapat kamu unduh secara gratis.

Nah, jika kamu adalah salah satu orang yang menikmati permainan online, maka kamu harus mengetahui 14 istilah game online yang paling sering digunakan berikut ini! Jangan lupa untuk mengecek kosakata game yang kamu harus tahu, jadi kamu tidak akan bingung jika menemukan kata-kata tersebut saat bermain game.

Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

MMORPG

MMORPG (atau singkatan dari Massively Multiplayer Online Role-Playing Game) adalah satu jenis permainan daring yang dapat banyak pemain dalam saat yang sama melalui sebuah permainan bermain peran (RPG).

Contoh dari game MMORPG yang terkenal adalah World of Warcraft (WOW), Ragnarok Online, dan Final Fantasy XIV.

FPS

FPS (atau singkatan dari First-Person Shooter) adalah sebuah permainan daring yang biasanya erat kaitannya dengan senapan atau senjata api. Dalam permainan ini, biasanya pemain akan mengambil sudut pandang orang pertama, dan harus mengalahkan tim lawan dengan menggunakan senjata api.

Contoh dari game FPS adalah Call of Duty (COD), Free Fire, PUBG dan Overwatch.

AoE

AoE atau Area of Effect adalah suatu istilah yang paling sering digunakan oleh game dengan genre RPG. Biasanya AoE menandakan sebuah area yang berada dalam jangkauan serangan lawan. Jika kamu melihat AoE dalam sebuah permainan, jangan lupa untuk menghindarinya, ya!

Spawn

Spawn atau yang sering disebut juga sebagai respawn adalah proses kemunculan yang bisa terjadi berulang-ulang. Objek yang bisa melakukan spawn atau respawn biasanya adalah karakter yang sudah mati kemudian hidup kembali. Bisa juga berupa benda/monster yang sulit untuk dihancurkan.

HP

Mungkin kamu sering melihat HP (Health Point atau Hit Point) ketika sedang bermain sebuah game. HP sendiri adalah sebuah pengukuran ‘sehat’ atau tidaknya karakter yang kamu mainkan. Misalnya, ketika diserang lawan, maka otomatis kamu akan kehilangan beberapa HP kamu. Hati-hati, jangan sampai kamu kalah gara-gara lupa mengecek HP-mu!

Push

Hampir sama seperti bahasa Indonesianya, push berarti mendorong. Di dalam game, push bisa berarti segala kegiatan yang mendorong menuju objektif dalam game. Misalnya, melakukan push untuk menghancurkan tower lawan atau mendorong creep untuk maju. 

Buff

Pasti kalian sudah tidak asing dengan istilah satu ini, buff adalah peningkatan status atau pemberian efek tertentu yang bisa menguntungkan player. Pada beberapa game, buff juga berarti perubahan dalam sebuah permainan yang menambah kekuatan untuk menstabilkan suatu game.

Nerf

Apabila buff berarti meningkatan, nerf memiliki arti sebaliknya. Nerf adalah penyesuaian yang mana mengurangi kemampuan dan fungsi dari suatu item atau karakter dalam sebuah game. 

Banyak player yang benci dengan istilah ini karena dianggap merugikan. Namun, sama seperti buff, nerf juga diperlukan untuk menyeimbangkan sebuah game.  

Ganking

Istilah ini mengacu pada kondisi ketika pemain melakukan strategi tertentu untuk menyerang lawan. Disebut sebagai ganking karena serangan ini biasanya dilakukan oleh lebih dari satu pemain dan dilaksanakan secara terencana.

Roaming

Secara arti dalam bahasa Indonesia, roaming berarti menjelajah atau berkeliaran. Begitu juga dalam game, roaming adalah situasi ketika seorang player berjalan atau berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Fungsi dari roaming adalah untuk mengetahui pergerakan lawan, membuka map, atau membantu teman.

Farming

Pada permainan tertentu player diharuskan mengumpulkan resources baik berupa item, gold, exp, level, dan lain-lain. Di sini, farming memiliki arti seorang player untuk secara aktif mengumpulkan resource tersebut dengan berbagai cara. Misalnya, membunuh monster atau mengeliminasi lawan.  

Bait

Dalam bahasa Indonesia, bait memiliki arti sebagai umpan. Pada game sendiri, bait berarti memancing atau menjadikan diri sebagai umpan supaya lawan keluar dan bisa terlihat dalam map.  

Cooldown

Ketika bermain game seringkali ketika ingin mengeluarkan skill atau item terdapat jeda untuk menggunakannya. Nah, ini yang disebut dengan cooldown atau sering disingkat menjadi CD. Fungsi cooldown dalam permainan sendiri supaya gameplay tetap stabil sehingga diperlukan jeda pada item atau skill.

META

Istilah META sering dijumpai terutama pada game dengan aliran MOBA. META sendiri ternyata merupakan singkatan dari Most Effective Tactic Available. Jadi, META adalah metode, taktik, atau teknik paling efektif yang bisa digunakan untuk mencapai suatu objektif dalam permainan.  

Nah, bagaimana? Apakah kini kamu sudah lebih mengerti mengenai istilah-istilah umum dalam game online?

Selain mengisi waktu luangmu, kamu juga bisa memanfaatkan video games sebagai salah satu sarana untuk belajar bahasa Inggris. Banyak sekali kosakata yang bisa kamu temukan dalam permainan-permainan tersebut. Namun ingat, jangan sampai lupa waktu dan lakukan kewajibanmu yang lain juga, ya!

Cara lain untuk belajar bahasa Inggris dengan seru adalah dengan mempraktekannya bersama dengan teman-temanmu, misalnya sambil bercakap-cakap tentang destinasi impian kalian, atau bertemu dengan teman-temanmu di kelas EF.

Di EF, murid-murid diajarkan bahasa Inggris dengan cara yang menarik, sehingga mereka tidak akan merasa bosan saat belajar bahasa Inggris.

Penasaran? Yuk, segera bergabung di EF dan dapatkan voucher Kelas Demo GRATIS yang bisa kamu bisa temukan di halaman ini! Kesempatan ini terbatas!

Mari bermain sambil belajar!

Ben Small Stars
Author
Ben