Menu
memilih kursus anak
Education Advice

10 Tips Memilih Tempat Kursus Anak

2020.06.25

Saat membuka artikel ini, apa yang Anda pikirkan? Tentunya memilih tempat kursus atau les terbaik yang dapat membantu masa depan anak menjadi hal yang Anda impikan. Namun, apa saja sebenarnya hal yang harus Anda perhatikan sebagai orang tua?

Banyak dari Anda yang berpikir bahwa pelajaran dari sekolah saja belum tentu cukup. Pada zaman globalisasi seperti sekarang, anak perlu dibekali dengan kemampuan khusus agar ia dapat bersaing dan memperoleh masa depan yang gemilang. Kemampuan linguistik seperti bahasa Inggris, atau bahkan kegiatan fisik seperti olahraga, mungkin menjadi pertimbangan Anda saat memilih program kursus yang terbaik baginya.

Kiranya, apa saja hal yang harus Anda perhatikan saat memilih tempat kursus untuk sang buah hati? Berikut 10 tips memilih tempat kursus yang tidak boleh Anda lewatkan!

1. Jangan Terbuai dengan ‘Harga Murah’

harga murah

Mungkin Anda sering melihat brosur yang menawarkan harga rendah untuk kursus tertentu. Namun, apakah Anda dapat menjamin kualitas dari kursus tersebut? Apakah Anda akan mendapatkan hasil yang efektif dari pembelajaran yang mereka tawarkan, atau Anda hanya akan membuang-buang uang dan waktu saja?

Saat memilih tempat kursus, pastikan bahwa harga yang Anda bayarkan memang setimpal dengan hasil yang ingin Anda dapatkan. Bagaimanapun, masa depan sang buah hati harus menjadi pertimbangan utama yang harus Anda pikirkan saat memilih tempat untuk mengembangkan kemampuannya.

2. Lokasi Strategis

lokasi kursus strategis

Akses ke tempat kursus juga harus menjadi salah satu pertimbangan utama Anda. Bayangkan, dalam setiap minggunya, berapa kali tepatnya anak Anda harus pergi ke tempat kursus? Lokasi yang sulit dijangkau akan membuatnya lelah dalam perjalanan, bahkan mungkin hal ini akan mengganggunya untuk berkonsentrasi saat menerima pelajaran.

Pilihlah tempat kursus yang memiliki lokasi yang mudah diakses, lebih baik lagi jika Anda dengan mudah dapat menemukan moda transportasi atau fasilitas publik yang dekat dengan tempat kursus. Kini, Anda dapat mencoret satu kekhawatiran Anda saat sang buah hati pergi ke tempat kursusnya.

3. Cari Tempat yang Sudah Terpercaya dan Memiliki Reputasi

tempat kursus reputasi tinggi

Kepercayaan adalah kunci. Saat Anda memilih satu dari tempat kursus tertentu di antara puluhan lembaga pendidikan lainnya, Anda tentunya sudah menyimpan kepercayaan yang besar sebagai tempat kursus tersebut.

Reputasi dan nama besar mungkin dapat menjadi hal yang harus Anda pertimbangkan. Mungkin Anda berpikir ‘Belum tentu, saya tidak keberatan dengan nama yang tidak terlalu besar asal ia menjanjikan hasil yang baik’. Namun, apakah Anda tahu biasanya para pemegang nama besar memiliki standar yang mereka pegang teguh untuk menjamin kualitas terbaik bagi para peserta didiknya?

Keberhasilan tiap siswa adalah hal yang penting bagi tempat kursus yang memiliki reputasi yang baik. Mengapa harus mencoba peruntungan Anda di tempat yang belum terpercaya jika sudah ada lembaga kursus yang sudah memiliki kualitas yang terjamin?

4. Lihat Metode Pembelajaran yang Diajarkan

pembelajaran terbaik

Metode pembelajaran adalah salah hal yang paling penting untuk diperhatikan. Apakah metode tersebut cocok untuk anak Anda? Seperti apa metode yang akan diberikan yang dapat menjamin bahwa materi yang ia terima dapat diserap dengan baik?

Sebuah tempat kursus tidak harus hanya menyediakan ‘materi’, dalam kegiatan pembelajaran, buku teori tidaklah harus menjadi satu-satunya sumber ia belajar. Carilah tempat kursus yang juga menyediakan kegiatan interaktif serta program yang dapat memacu kecintaannya untuk belajar.

Seperti EF yang menerapkan Efekta© sebagai metode pembelajarannya, yang tidak hanya diaplikasikan dalam program regulernya, namun juga program liburan milik EF.

Cek Selengkapnya di Sini

5. Lihat Kompetensi Para Guru

guru bule EF

Oke, mari bayangkan saat Anda memasukkan anak Anda ke sebuah tempat kursus. Mungkin tempat kursus ini adalah sebuah tempat belajar bahasa—misalnya bahasa Inggris sebagai bahasa yang paling penting di era globalisasi. Anda melihat bahwa tempat kursus tersebut memiliki seorang guru berkebangsaan asing, dan Anda kontan merasa bahwa, ‘Baiklah. Saya ingin murid saya belajar dengan guru ini’.

Namun, apakah Anda yakin dengan kompetensi guru tersebut? Mungkin Anda perlu mengingat bahwa untuk menjadi pengajar, dibutuhkan serangkaian keterampilan atau kompetensi yang dapat menjamin kualitas pengajarannya, bukan hanya kebangsaan atau tampilan luarnya.

Untuk menilai kompetensinya, Anda dapat mencoba tempat kursus yang menyediakan kelas demo gratis, dan melihat bagaimana sang pengajar menyampaikan materinya.

6. Pastikan Anda Dilibatkan Sebagai Orang Tua

orang tua saat anak kursus

Melihat perkembangan anak Anda di tempat kursus merupakan hal yang sangat penting. Namun, tidak semua tempat kursus menyediakan layanan yang dapat memberi kabar terbaru tentang kemajuan anak kepada orang tua. Padahal, hal ini menjadi salah satu faktor terbesar dari proses pembelajaran seorang anak. Mengapa demikian?

Dengan mengetahui perkembangan anak Anda, Anda juga dilibatkan dalam menjadi bagian untuk kegiatan belajarnya. Saat itulah, Anda juga ikut paham mengenai kesulitan yang mungkin ia hadapi, atau mengetahui bagian yang ia sukai dan mengembangkan bakatnya.

Pembelajaran terbaik adalah ketika seorang anak memiliki pendamping di setiap tahap ia belajar. Sebagai orang tua, peran Anda adalah untuk memastikan bahwa ia mendapat pengalaman belajar yang terbaik dalam setiap tahap perkembangannya.

7. Cari Tahu Pendapat dari Peserta Kursus yang Sudah Mendaftar

peserta kursus EF

Melihat masukan atau feedback dari orang-orang yang sudah mengikuti program kursus dapat menjadi salah satu cara untuk mempertimbangkan keputusan Anda dalam memasukkan anak Anda ke sebuah tempat les.

Apakah tempat les tersebut memiliki metode yang terbaik? Bagaimana perkembangan peserta kursus tersebut setelah menerima pendidikan di sana? Bagaimana staf yang bekerja di sana dapat membantu Anda? Anda dapat menanyakan hal-hal tersebut pada rekan Anda, atau melihatnya secara daring dengan sekali sentuh pada gawai Anda.

Kini, giliran Anda untuk menentukan pilihan.

8. Lihat Kebersihan Ruangan

ruangan kelas EF bersih

Mungkin saja poin yang satu ini terlintas di pikiran Anda, namun mungkin juga tidak. Kebersihan ruangan dapat menjadi faktor yang dapat masuk ke dalam pertimbangan Anda, karena anak Anda akan menghabiskan banyak waktunya dalam lingkungan tersebut.

ruangan kelas EF nyaman

Tentunya, kebersihan tempat kursus harus menjadi salah satu hal yang diperhatikan oleh lembaga pendidikan, karena berkenaan dengan kesehatan para peserta kursus.

9. Pastikan Tempat Kursus Tersebut Menjamin Keamanan dan Kenyamanan Anak Anda

teman teman di EF

Apakah tempat kursus tersebut memastikan keamanan para siswa dan siswi dengan menyediakan tenaga penjaga? Atau mungkin tempat kursus tersebut juga menjamin Anda sebagai orang tua untuk dapat menghubungi seseorang saat Anda membutuhkan sesuatu? Bagaimana dengan peserta kursus lain, apakah mereka dapat saling mendukung dengan anak Anda dalam mengikuti kegiatan-kegiatan di tempat les? Selain itu, apakah para guru dapat membimbing mereka dengan baik?

Anda tidak perlu ragu dalam mempertanyakan hal-hal di atas. Bagaimanapun, Anda ingin sang buah hati untuk dapat belajar tanpa perlu khawatir dan membuatnya tetap fokus pada pelajarannya. Sudah semestinya faktor keamanan dan kenyamanan ada di salah satu pertimbangan Anda.

10. Memiliki Fasilitas yang Mumpuni

teknologi di kelas EF

Pada era teknologi sekarang ini, sudah seharusnya sebuah tempat kursus meningkatkan pelayanannya dengan menyediakan fasilitas-fasilitas yang dapat mendukung kegiatan belajar mengajar. Misalnya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam menyampaikan materi, atau bahkan menyediakan aplikasi yang dapat diunduh dari gawai Anda masing-masing untuk belajar di rumah.

Selain itu, mungkin Anda khawatir bahwa saat anak Anda tidak dapat keluar rumah dengan leluasa, ia juga tidak lagi dapat mengikuti kegiatan di tempat kursusnya.

Karena itu, Anda juga harus melihat tempat kursus yang menyediakan fleksibilitas saat hal ini terjadi. Misalnya, dengan menyediakan kelas online atau daring saat murid tidak memungkinkan untuk pergi ke tempat kursus.

multimedia di kelas EF

Setelah membaca 10 tips untuk memilih tempat kursus di atas, apakah kini Anda sudah bisa menetapkan tempat les terbaik bagi anak Anda?

Mungkin ini juga adalah saat Anda untuk mempertimbangkan tempat kursus yang terbaik sebelum anak Anda kembali ke sekolah, untuk mempersiapkannya menghadapi kompetisi dan membangun masa depannya.

Selain itu, salah satu tips yang mungkin juga dapat Anda lakukan saat mempertimbangkan soal harga, adalah mendaftar saat tempat kursus incaran Anda membuka penawaran terbatas. Misalnya saja dengan mengikuti program promosi terbatas EF seperti diskon untuk premium online class yang hanya dibuka untuk periode tertentu.

Penasaran? Anda dapat mengisi nomor telepon Anda pada formulir di bawah ini. Course consultant EF akan menghubungi Anda untuk memberikan informasi lebih lanjut mengenai penawaran terbatas dari kami.

Selamat memilih!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku