Menu
10 kosakata seputar lingkungan
Grammar and Vocabulary

10 Kosakata Seputar Lingkungan dalam Bahasa Inggris

vocabulary
Ben Small Stars
Author
Ben
2021.06.04

Kata-kata seperti reduce, reuse, recycle atau yang dikenal sebagai 3R mungkin bukan lagi menjadi suatu kata yang asing didengar oleh telinga kita. Tiga kata tersebut familiar sebagai kata-kata yang digunakan untuk menjaga lingkungan hidup. Namun, tahukah kamu tentang istilah lain seperti reforest atau deforestation?

Nah, selain reduce, reuse, recycle, apa kosakata tentang lingkungan hidup yang harus kamu ketahui? Berikut merupakan 10 kosakata seputar lingkungan dalam bahasa Inggris supaya kamu tidak bingung ketika menjumpainya.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Reforest

reboisasi hutan

Reforest memiliki arti penanaman hutan kembali. Dalam bahasa Indonesia, reforest juga lebih akrab dengan sebutan reboisasi. Kata reforest digunakan untuk mengatakan hutan yang gundul atau sudah habis ditebang telah dilakukan penghijauan kembali agar hutan tetap menjadi hijau.

2. Deforestation

penggundulan hutan

Apabila reforest memiliki arti penanaman kembali, deforestation memiliki arti kebalikannya. Deforestation sendiri memiliki arti sebagai penghilangan pohon-pohon atau penggundulan hutan. Misalnya, ketika seseorang melakukan kegiatan deforestation berarti sedang melakukan penebangan pohon-pohon di hutan.

3. Rewilding

rewilding forest

Hampir sama dengan reforest, rewilding memiliki arti sebagai menghidupkan kembali. Aktivitas rewilding digunakan untuk mengembalikan dan melindungi area liar yang sudah rusak.

4. Sustainability

sustainability earth

Kata sustainability diambil dari dua kata yakni sustain yang memiliki arti berlanjut dan ability yang berarti kemampuan. Apabila digabungkan sustainability memiliki arti keberlanjutan. Sustainability sendiri kerap muncul untuk menandakan keberlanjutan dari suatu lingkungan hidup.

5. Endangered

hewan terancam punah

Endangered dalam lingkungan hidup memiliki arti sebagai terancam punah. Kata endangered digunakan untuk menandakan spesies seperti hewan atau tumbuhan yang statusnya sudah terancam punah di bumi ini.

6. Extinction

hewan punah

Apabila kata endangered di atas berarti terancam punah, kata extinction ini memiliki arti kepunahan. Beberapa spesies hewan dan tumbuhan yang keberadaannya sudah hilang di bumi kemudian disebut dengan kepunahan atau extinction.

7. Climate

Kata climate dalam bahasa Indonesia memiliki arti sebagai iklim. Climate sendiri dalam bahasa Inggris sering muncul dengan istilah Climate Change untuk menunjukkan bentuk dari adanya perubahan iklim yang mempengaruhi cuaca.

8. Conservation

Conservation dalam bahasa Indonesia memiliki arti konservasi. Konservasi sendiri adalah upaya perlindungan atau pelestarian. Biasanya conservation atau konservasi ini digunakan untuk melindungi sumber daya alam seperti flora dan fauna agar tidak mudah punah dan hilang. Contoh konservasi yang ada di Indonesia yakni konservasi Badak di Sumatera. 

9. Biodiversity

Seperti kata sustainability di atas, biodiversity juga merupakan gabungan dua kata dalam bahasa Inggris menjadi satu. Bio memiliki arti makhluk hidup sedangkan diversity adalah keragaman. Biodiversity sendiri berarti keanekaragaman makhluk hidup seperti berbagai macam hewan dan tumbuhan. 

10. Habitat

Kata habitat dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia memiliki penulisan yang sama, lho! Arti habitat sendiri yakni tempat atau lingkungan makhluk hidup tinggal. Apakah kamu tahu bahwa di Indonesia sendiri merupakan habitat asli dari orangutan?

Mulai dari tiga kata yang akrab ditelinga seperti reduce, reuse, recycle hingga conservation dan biodiversity, kira-kira dari kosakata yang telah disebutkan di atas, yang mana paling asing terdengar ditelinga kalian?

Dari kosakata yang telah disebutkan di atas dapat dilihat bahwa kita harus terus menjaga lingkungan dan bumi agar tidak cepat punah yang tentunya bisa dimulai dari hal-hal kecil dan sederhana.

Nah, agar bisa menjaga bumi dengan lebih asyik, kamu bisa mempelajari istilah-istilah lain untuk memperkaya wawasanmu. Bersama EF, kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan metode-metode unik dan seru dari guru yang profesional. Yuk, isi formulir yang ada di halaman ini, banyak kegiatan asyik dan seru, lho! Segera klaim voucher-mu sekarang.

Ben Small Stars
Author
Ben