Menu
kosakata

10 Kosakata Indonesia yang Diserap dari Bahasa Inggris

vocabularykosakatadaftar kosakata
2020.05.13

Sejarah tentang bahasa itu sungguh unik untuk dicari tahu. Seperti bahasa Indonesia sendiri memiliki akar bahasa dari Melayu. Namun, karena Indonesia mengalami penjajahan oleh Portugis, Inggris, dan Belanda, apakah kamu tahu bahwa ada beberapa kosakata Indonesia yang diserap dari bahasa asing tersebut?

Dalam melakukan penyerapan bahasa asing ke bahasa Indonesia, ada empat cara yang digunakan. Pertama adalah adopsi. Cara kerja adopsi adalah mengambil bentuk dan maknanya secara keseluruhan. Kedua, adaptasi. Dalam adaptasi, yang diambil adalah maknanya. Untuk penulisannya disesuaikan dengan ejaan bahasa Indonesia. Ketiga adalah penerjemahan. Dalam cara ini yang diambil adalah konsepnya, nantinya dicarikan padanan yang pas dalam bahasa Indonesia. Keempat adalah kreasi. Cara ini hanya mengambil konsep dasar namun tidak menuntut bentuk fisik seperti yang dilakukan oleh penerjemahan.

Bahasa Indonesia memiliki ratusan kosakata. Beberapa di antaranya adalah hasil serapan melalui cara-cara yang telah disebutkan. Berikut 10 kosakata yang berasal dari bahasa Inggris.

Incorrect phone number
Dapat Diskon Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

  1. Akseptabilitas = Hal mudah dicapai. Kata Akseptabilitas diambil dari kata Acceptability. Proses yang digunakan dalam melakukan serapan adalah adaptasi.

  2. Bagasi = Barang muatan. Kata Bagasi diambil dari kata Bagage. Proses yang digunakan dalam melakukan serapan adalah adaptasi.

  3. Bening = Bersih. Kata Bersih diambil dari kata Transparent. Proses yang digunakan dalam melakukan serapan adalah penerjemahan.

  4. Berhasil Guna = Dapat membawa hasil. Kata Berhasil Guna diambil dari kata Effective. Proses yang digunakan dalam melakukan serapan adalah kreasi.

  5. Gelar Wicara = Acara bincang-bincang di televisi atau radio yang dilakukan dalam suatu panel yang terdiri atas beberapa tokoh dan dipandu oleh pembawa acara. Kata Gelar Wicara diambil dari kata Talkshow. Proses yang digunakan dalam melakukan serapan adalah kreasi.

  6. Percepatan = Tingkat pertambahan kecepatan. Kata Percepatan diambil dari kata Acceleration. Proses yang digunakan dalam melakukan serapan adalah penerjemahan.

  7. Plaza = Alun-alun di kota. Kata Plaza diambil dari kata Plaza. Proses yang digunakan dalam melakukan serapan adalah adopsi.

  8. Satelit = Bintang siarah yang mengedari bintang siarah yang lebih besar. Kata Satelit diambil dari kata Satellite. Proses yang digunakan dalam melakukan serapan adalah adaptasi.

  9. Suku Cadang = Alat-alat yang merupakan bagian dari mesin. Kata Suku Cadang diambil dari kata Spare Parts. Proses yang digunakan dalam melakukan serapan adalah kreasi.

  10. Vlog = Blog yang isinya berupa video. Kata Vlog diambil dari kata Vlog. Proses yang digunakan dalam melakukan serapan adalah adopsi.