Menu
istilah dunia film dalam bahasa inggris
Grammar and Vocabulary

10 Istilah Film yang Wajib Diketahui Pencinta Film

vocabulary
Ben Small Stars
Author
Ben
2021.05.04

Menonton film adalah kegiatan yang menyenangkan saat kita sedang bersantai bersama orang-orang terdekat. Film biasanya mempunyai istilah-istilah bahasa Inggris yang unik dan tidak asing. Apakah kamu sudah mengetahui istilah-istilah film dalam bahasa Inggris tersebut? Istilah apa saja yang tidak asing ditelingamu?

Istilah-istilah film ada banyak sekali yang perlu kamu ketahui sebagai pencinta film. Tetapi masih banyak yang bingung maksud dari istilah-istilah tersebut. Jadi biar kamu tidak bingung saat sedang berdiskusi dengan teman-temanmu. Dibawah ini terdapat beberapa istilah-istilah film beserta artinya yang bisa kamu simak penjelasannya. Berikut beberapa penjelasannya.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Antagonist

Antagonis dalam bahasa Inggris adalah antagonist, yaitu salah satu jenis perwatakan karakter dalam film. Antagonis biasanya dikaitkan dengan karakter penjahat yang berusaha menimbulkan kekacauan. Padahal, makna antagonis sebenarnya adalah sebuah karakter dalam film yang berusaha menghalangi tujuan peran utama atau protagonis.

Protagonist

Kalau yang satu ini adalah lawannya Antagonis. Protagonist sendiri adalah bahasa Inggris dari protagonis atau tokoh utama.

Dalam dunia film, karakter protagonis umumnya identik dengan sifat baik, heroik, dan penolong. Namun, arti protagonis lebih tepatnya yaitu tokoh dalam film yang diambil sudut pandangnya dan menjadi kunci dari jalannya cerita film.

Sequel dan Prequel

Jika ada sebuah film yang bersifat cerita lanjutan, maka film itu disebut sequel atau sekuel dalam bahasa Indonesia. Sementara itu, prekuel merupakan film yang memiliki latar waktu sebelum film prekuel atau prequel.

Biasanya, film sequel mengangkat tema, tokoh, dan latar yang sama dengan film prequel namun dengan setting waktu yang lebih baru. Umumnya untuk menonton film sekuel kamu harus menonton film prequel terlebih dahulu agar bisa memahami ceritanya.

Score

Kalau kamu sering melihat atau mendengar kata score dalam istilah film, ingat ini bukan berarti nilai, ya. Score di sini berarti sebagai musik latar dalam sebuah film. Score biasanya berupa musik instrumen atau orkestra yang mengiringi adegan di dalam film. Orang-orang yang memproduksi score disebut dengan komposer.

Soundtrack

Berbeda dengan score yang hanya berupa instrumen, soundtrack adalah lagu yang dibawakan seorang penyanyi untuk menjadi pengiring film. Sebuah film biasanya memiliki beberapa lagu yang dijadikan soundtrack agar suasana di dalam ceritanya menjadi lebih dramatis.

Plot

Plot adalah alur cerita yang menjelaskan kejadian-kejadian di dalam film secara kronologis. Plot film dibuat agar kamu bisa memahami cerita film secara runtut dari awal hingga akhir filmya. Plot ini terdiri atas tiga bentuk, yakni alur maju, mundur atau flashback, dan alur campuran.

Plot Twist

Nah, kalau plot yang satu ini berbeda dengan alur. Plot twist sering diartikan sebagai sebuah film yang memiliki ending atau akhir cerita tidak terduga. Suatu film bisa saja menghadirkanbelokan-belokan (twist) dari alur yang sering mengagetkan penontonnya, oleh karenanya dikenal istilah plot twist.

Director

Director atau sutradara adalah orang yang bertanggungjawab penuh dalam proses pembuatan film. Director bertugas mengatur akting para pemeran, pencahayaan, pengambilan gambar, pemberian efek suara, dan lain sebagainya. Sutradara diibaratkan seorang pemimpin yang menentukan jalannya produksi sebuah film.

Screen Writer

Screen writer adalah seorang penulis skenario yang menyusun naskah tentang bagaimana sebuah akting akan dimainkan di dalam film. Seorang screen writer bertugas menerjemahkan ide cerita ke dalam bentuk adegan film. Saat menulis skenario, seorang screen writer dapat membuat naskah berdasarkan idenya sendiri atau mengadaptasi dari karya lain seperti buku dan novel.

Spoiler

Nah, kalau istilah yang satu ini tidak baik untuk dilakukan. Spoiler merupakan suatu bocoran isi cerita film yang biasanya belum atau baru saja rilis. Spoiler biasanya diberikan oleh seseorang kepada orang lain yang belum menontonnya. Perilaku ini jelas tidak boleh dilakukan karena dapat menganggu kenyamanan orang lain dalam menikmati film. Jadi, jangan suka memberikan spoiler, ya!

Poin-poin di atas hanyalah sebagian dari banyaknya istilah film yang bisa kamu pelajari. Selain istilah yang ada di dalam film, kamu bisa mempelajari banyak istilah lainnya bersama EF. Bersama EF, kamu bisa mengenal banyak istilah bahasa Inggris yang mungkin sering dilihat di televisi atau internet. Belajar bahasa Inggris sambil menambah wawasan tentang istilah tertentu akan terasa menyenangkan loh.

 

Maka dari itu, kamu bisa segera daftarkan diri dan merasakan serunya berlatih bahasa Inggris bersama EF. Kalau kamu bergabung di bulan ini, ada promo menarik yang bisa didapatkan. Jadi, jangan sampai terlewat ya. Kami tunggu kehadiranmu!

Ben Small Stars
Author
Ben