Menu
istilah game dalam bahasa inggris
Grammar and Vocabulary

10 Istilah Bahasa Inggris yang Wajib Diketahui Gamer

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.04.21

Kamu suka bermain game? Kira-kira, jenis permainan macam apa yang paling kamu sukai? Board games, consoles, PC atau bahkan mobile games? Apa pun permainan yang kamu pilih, tahukah kamu bahwa ada beberapa istilah di dunia gaming dalam bahasa Inggris yang wajib kamu tahu?

Sebelumnya, mungkin beberapa dari kamu belum familiar dengan istilah jenis-jenis game seperti yang disebutkan di atas. Board games sendiri artinya adalah permainan papan, yang merupakan jenis permainan dengan menggunakan media papan atau fisik. Contohnya adalah monopoli, catur, ular-tangga, hingga scrabbles.

Berbeda dengan board games, permainan consoles, PC atau mobile menggunakan media yang lebih modern dengan perangkat elektronik. Seperti namanya, PC games atau Personal Computer games adalah permainan yang dimainkan melalui komputer seperti Mobile Legends. Sedangkan Mobile games sendiri adalah tren gaming melalui ponsel yang baru berkibar setelah ponsel pintar beredar luas di pasaran. Pastinya, kalian pernah memainkan jenis permainan yang satu ini, kan?

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Sedangkan, Console atau konsol adalah permainan yang menggunakan perangkat tertentu yang biasanya dihubungkan dengan televisi sebagai media penampil gambar dan suara. Contoh game consoles adalah PlayStation, Nintendo dan Xbox, beberapa judul console games yang terkenal adalah Super Mario Bros, Final Fantasy, ataupun Street Fighter.

Nah setelah mengetahui jenis permainan di atas, kira-kira, istilah apa lagi yang perlu kamu ketahui sebagai seorang gamer? Berikut 10 istilah bahasa Inggris di dunia game yang bisa kamu intip!

Gameboard

board game

Jika board games adalah sebutan untuk ‘permainan papan’, gameboard sendiri artinya adalah papan yang menjadi medium untuk permainan tersebut berjalan. Misalnya saja, dalam permainan catur gameboard berarti papan berwarna kotak hitam putih-nya, atau dalam monopoli, kamu bisa melihatnya sebagai papan yang dihiasi berbagai tujuan dan jebakan.

Rulebook

rulebook

Rulebook adalah buku peraturan. Dalam setiap permainan, selalu terdapat cara bermain tertentu untuk meraih kemenangan atau menghindari kecurangan; semua hal ini dirangkum dalam rulebook, yang bisa kamu temukan saat baru membeli game terkait.

Pawns

pawns

Pawns berarti bidak. Jika kamu melihat ‘pawns’ digunakan dalam sebuah permainan, hal ini merujuk pada satu atau lebih pemain yang bisa kamu atau lawan mainmu kontrol. Misalnya, pada permainan catur, kamu bisa menyebut setiap pion caturmu sebagai pawns.

Dungeon

dungeon

Dalam bahasa Indonesia, dungeon adalah penjara bawah tanah. Dalam dunia game, dungeon sering kali digunakan untuk menyebut sebuah ruangan atau area unik yang biasa berisi tantangan yang harus dilalui oleh pemain. Contoh dungeons dalam permainan adalah kastil, penjara, hingga terowongan.

Monopoly

monopoly

Kamu pasti akrab dengan istilah yang satu ini sebagai nama sebuah game. Yup, selain sebagai sebuah permainan papan yang akan menantangmu untuk menguasai berbagai wilayah, monopoly juga dapat diartikan saat kamu melakukan kuasa penuh untuk satu permainan.

Opponents

opponents

Opponents artinya adalah lawan. Tergantung pada jenis permainan yang kamu mainkan, opponents dapat berarti lawan tandingmu saat memainkan permainan papan, atau bahkan monster yang harus kamu tebas dalam sebuah permainan console.

Trivia

trivia

Dalam sebuah permainan, trivia adalah sebuah kuis, pertanyaan atau tantangan kecil yang kadang muncul secara tiba-tiba untuk mengetes kepiawaianmu dalam mengetahui aspek-aspek utama dalam permainan yang kamu mainkan. Walau terkesan sepele, trivia biasanya tetap penting untuk kamu lalui, jadi jangan kamu skip (lewati), ya!

Mechanics

mechanics

Dalam games, mechanics artinya adalah sekumpulan mekanisme atau panduan yang harus dilakukan oleh seorang pemain untuk membuat permainan tersebut berjalan dengan semestinya. Misalnya saja, saat bermain game petualangan, kamu harus mengetahui bagaimana cara untuk melompat, mengalahkan musuh, atau bahkan memenangkan tantangan tertentu. Serangkaian tuntunan tersebut bisa kamu sebut sebagai mechanics.

Role-Playing Games

rpg

Role-Playing Games, atau sering disingkat sebagai RPG adalah permainan bermain peran yang menuntut sang pemain untuk memerankan seorang karakter tertentu dan melakukan kegiatan sebagai karakter tersebut. Biasanya, RPG paling sering melekat pada game bertema adventure atau petualangan. Contoh RPG yang paling terkenal adalah Final Fantasy dan Super Mario Bros.

Arcade

arcade game

Arcade atau arkade adalah istilah yang sering dipakai untuk permainan yang memakai sistem slot koin seperti yang bisa kamu lihat di pusat bermain game atau bioskop. Dewasa ini, arcade sering dipakai untuk menyebut permainan yang memiliki konsep sama dengan permainan-permainan tersebut. Contoh permainan arcade yang terkenal adalah Pin Ball atau Bubble Shooter.

Nah, setelah membaca 10 istilah bahasa Inggris dalam dunia game tersebut, apakah kini kamu sudah siap untuk bermain game favoritmu?

Jika kamu suka belajar bahasa Inggris melalui cara yang menyenangkan seperti bermain game, EF punya jawaban yang seru untuk kamu!

Melalui program lifeclub di EF, kamu bisa belajar bahasa Inggris melalui aktivitas seru yang menyenangkan; mulai dari bermain game seperti Roblox atau Among Us, hingga masak-memasak dan jalan-jalan. Serunya lagi, kamu bisa mengikuti kegiatan ini GRATIS!*

Ditambah lagi, kamu berkesempatan untuk mendapatkan kelas demo GRATIS dan voucher khusus dari EF jika kamu mengisi formulir yang bisa kamu temukan di halaman ini. Asyik, kan?

Tunggu apa lagi? Segera klaim voucher-mu sekarang. Penawaran terbatas!

Ben Small Stars
Author
Ben