Menu
buku cerita anak
Education Advice

10 Buku Cerita Anak-anak yang Mengajarkan Tata Krama

2020.05.27

Berikut ini adalah daftar 10 buku cerita anak-anak dalam bahasa Inggris yang seru dan dapat berfungsi untuk mengajarkan etika dan tata krama.

Karena anak sering belajar lebih baik dengan menggunakan cerita, secara tidak langsung, cerita juga dapat digunakan untuk mengajarkan tata krama dengan lebih efektif.

Yuk, cek daftar berikut untuk melihat referensi buku cerita bahasa Inggris tentang tata krama untuk anak-anak Anda!

1. Excuse Me: A Little Book of Manners

  • Umur: 3-5 Tahun

  • Penulis: Karen Katz

โ€œPleaseโ€ dan โ€œthank youโ€ akan menjadi lebih seru dan mudah diingat apabila disertai dengan kata โ€œExcuse Me!โ€ Buku ini merupakan cara yang baik untuk mengenalkan kata-kata yang cocok untuk diketahui oleh anak-anak kecil. Dari bersendawa sampai merusak mainan saudaranya, buku ini akan mengajarkan anak-anak melalui karakter-karakter yang lucu dalam lingkungan yang familiar bagi mereka. Dalam buku ini, mereka akan mempelajari tentang kata-kata yang menarik dalam mengucapkan โ€œExcuse me!โ€ dan โ€œIโ€™m sorry!โ€

2. Penguin Says โ€œPleaseโ€

  • Umur: 3-5 Tahun

  • Penulis: Michael Dahl

  • Illustrator: Oriol Vidal

Karakter penguin dalam cerita ini senang untuk meminta tolong dan mengajak para pembaca untuk turut menggunakan tata krama dalam mengucapkan kata tolong. Buku ini merupakan buku yang sangat sederhana dan dapat mendorong anak Anda untuk mengucapkan kata โ€œplease.โ€

3. My Teacher is a Monster!

  • Umur: 3-6 Tahun

  • Penulis: Peter Brown

Seorang anak muda bernama Bobby memiliki guru yang menurutnya paling buruk! Guru Bobby suka berteriak, bersuara nyaring, dan apabila seorang anak melempar pesawat terbang kertas, sang guru tersebut akan menghukumnya saat jam istirahat. Guru tersebut adalah seorang monster! Untungnya, Bobby dapat pergi ke tempat favoritnya di taman setiap akhir pekan untuk bermain. Sampai pada suatu hariโ€ฆ dia menemukan gurunya disana! Setelah melewati satu hari, Bobby belajar bahwa si monster tidaklah seperti yang ia selama ini pikirkan.

4. Cliffordโ€™s Manners

  • Umur: 3-6 Tahun

  • Penulis: Norman Bridwell

Clifford memiliki tata krama yang baik. Dia selalu mengucapkan kata โ€œpleaseโ€ dan โ€œthank youโ€œ, mengikuti peraturan, dan berbagi dengan teman-temannya. Sangat mudah untuk seseorang menjadi seperti Clifford: bahkan ketika dia melakukan kesalahan, dia berusaha untuk tetap bersikap baik dan memberikan perhatian untuk teman-temannya.

5. The Berenstain Bears Forget Their Manners

  • Umur: 3-9 Tahun

  • Penulis: Stan Berenstain & Jan Berenstain

Buku cerita klasik tentang keluarga beruang bernama Berenstain ini merupakan salah satu cara untuk mengajarkan anak mengenai pentingnya tata krama. Mama beruang memperhatikan bahwa papa, kakak dan adik tidak menggunakan tata krama yang baik, maka sekarang semua bergantung oleh mama untuk membantu sang keluarga kembali ke jalan yang benar!

6. May I Please Have a Cookie

  • Umur: 4-8 Tahun

  • Penulis: Jennifer Morris

Alfie sangat mencintai kue buatan ibunya, dan ia selalu menginginkan kue itu lebih dari apapun! Tetapi untuk dapat mengambil satu kue tersebut, Alfie harus melakukan berbagai macam hal. Dari mulai menggunakan pancingan hingga berdandan sebagai seorang inspektur kue, tidak juga menghasilkan sebuah hasil bagi Alfie. Sang ibu kemudian mengatakan bahwa ada satu cara yang lebih baik. Apakah cara tersebut?

7. Iโ€™ll Wait, Mr. Panda

  • Umur: 4-8 years Tahun

  • Penulis: Steve Antony

Teman-teman dari Tuan Panda sangat penasaran tentang apa yang sedang dilakukan oleh Tuan Panda. Tapi, tidak seorang pun yang dapat mengetahuinya, termasuk kambing alpaca, tenggiling, kelinci, dan seekor burung yang akhirnya menyerah. Sampai akhirnya ada seekor penguin yang mengatakan, โ€œAku akan menunggu, Tuan Panda!โ€ Hingga akhirnya, penguin tersebut mendapatkan hadiah dengan kejutan besar: sebuah donat raksasa! Buku Iโ€™ll Wait, Mr. Panda merupakan sebuah buku bergambar yang cocok untuk anak-anak dalam mengajarkan nilai kesabaran dan pentingnya mengucapkan kata โ€œthank you.โ€

8. Will Princess Isabel Ever Say Please

  • Umur: 4-8 Tahun

  • Penulis: Steve Metzger

  • Illustrator: Amanda Haley


Isabel telah tiga kali kehilangan kesempatan untuk mendapatkan cinta sejati karena tata kramanya yang sangat buruk. Tetapi pada akhirnya, putri Isabel belajar dari kesalahannya dan hidup berbahagia selamanya. Kisah dongeng ini diwarnai oleh pelajaran mengenati tata krama yang menceritakan tentang sebuah kisah mengenai putri pemberani yang masih harus mengembangkan dirinya.

9. My Mouth Is a Volcano

  • Umur: 5-8 Tahun

  • Penulis: Julia Cook

  • Illustrator: Carrie Hartman

Buku โ€œMy Mouth Is a Volcanoโ€ mengambil sisi lain terhadap kebiasaan menyela dan mengajarkan anak mengenai teknik cerdas dalam menanggapi kata-kata kasar yang mereka dengar. Diceritakan dari sudut pandang Louis, buku ini dapat memberikan sudut pandang lain pada orang tua, guru, dan konselor dengan cara yang menghibur untuk mengajarkan anak nilai dari menghargai orang lain dengan cara mendengarkan atau menunggu giliran mereka untuk berbicara.

10. Do Unto Otters: A Book About Manners

  • Umur: 5-8 Tahun

  • Penulis: Laurie Keller

Tuan kelinci memiliki tentangga baru, sang Tuan Berang-berang. Tetapi, Tuan Kelinci tidak tahu apa-apa mengenai Tuan Berang-berang. Apakah keduanya dapat menjadi akur? Apakah mereka mereka dapat berteman? Akhirnya, Tuan Burung Hantu memberikan sebuah saran: Perlakukan tentangga barumu itu dengan cara yang juga ingin kamu terima dari orang lain. Dengan gayanya yang cerdas dan lucu, Laurie Keller menyoroti mengenai cara terbaik menjadi teman baik dari tetanggamu sendiri.

Dari ke-10 buku di atas, yang mana yang menjadi preferensi Anda?

Pelajaran tata krama harus ditanamkan sejak anak masih berusia belia, hingga nilai-nilai yang diperolehnya dapat terus diingat sampai mereka dewasa nanti. Buku-buku di atas dapat Anda jadikan referensi dalam mengajari mereka tentang tata krama dengan cara yang menarik, sekaligus pula belajar bahasa Inggris melalui format yang menghibur.

Hal ini juga dilakukan oleh EF dalam kelas Small Stars dan High Flyers-nya. Melalui kelas yang seru dan menghibur, anak-anak diajak untuk belajar bahasa Inggris melalui kegiatan yang tidak akan membuat mereka bosan.

Tertarik? Anda dapat mengisi formulir berikut untuk mengetahui lebih lanjut tentang program yang dimiliki oleh EF.

Mari ajak anak Anda untuk mencapai masa depan yang gemilang!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku