Menu
Komik Bahasa Inggris
Reading and Writing

10 Alasan Kenapa Komik Bisa Melatih Bahasa Inggrismu

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.01.13

Kamu suka baca komik? Tahukah kamu bawa membaca komik juga dapat melatih bahasa Inggris-mu? Hmm, memangnya bisa, ya? Tentu saja! Yuk, temukan alasannya di sini!

Belajar bahasa Inggris sering dianggap hanya bisa dilakukan dengan cara yang serius. Lain halnya dengan membaca komik yang kerap kali dinilai sebagai aktivitas main-main dan tidak memberikan manfaat. Kedua hal tersebut tidak selamanya benar setelah kamu menyimak ulasan di bawah. Pasalnya, kamu bisa berlatih bahasa Inggris lewat cara yang seru, yaitu membaca komik. Perhatikan baik-baik 10 alasan kenapa komik bisa melatih bahasa Inggrismu!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Kaya akan Vocabulary

kosakata komik bahasa inggris

Komik terdiri dari berbagai genre, mulai dari petualangan, kehidupan di sekolah, drama, komedi, sejarah, sains hingga horror. Maka vocabulary atau kosa kata yang terdapat pada komik juga sangat bermacam-macam. Hal ini bisa memperkaya hafalan vocabulary.

Vocabulary yang tersedia pada komik pasti berhubungan dengan tema tertentu yang dibawakan. Misalnya, pada sebuah komik yang bercerita tentang persahabatan, di situ akan ada banyak vocabulary terkait persahabatan. Oleh karena itu, jika kamu ingin menguasai vocabulary yang menyangkut topik tertentu, kamu bisa menyesuaikan dengan membaca komik yang mengangkat topik tersebut.

2. Conversation yang Kasual

percakapan dalam komik

Ciri khas dari komik ialah cerita dibangun melalui percakapan di antara para tokoh. Percakapan yang ada biasanya bersifat kasual dan bisa dijadikan sebagai referensi. Silakan mempraktikkan percakapan yang kamu baca sehingga kemampuanmu akan terlatih.

3. Gambar Menarik

gambar komik bahasa inggris

Selain percakapan, komik juga dilengkapi dengan gambar-gambar yang menarik. Ini memudahkanmu untuk memahami maksud dari percakapan yang ada. Dengan gambar tersebut, kamu dapat menebak arti dari suatu vocab ataupun kalimat yang tidak kamu ketahui artinya tanpa perlu membuka kamus.

4. Greeting & Expression

Karena berbentuk percakapan, maka tidak jarang kamu mendapati greeting dan expression dalam situasi yang berbeda-beda pada komik. Untuk melatih bahasa Inggrismu, kamu bisa mempelajari greeting dan expression dari komik dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari.

5. Formal & Informal

Ingatkah kamu akan Perbedaan Bahasa Inggris Formal dan Informal? Melalui komik, kamu bisa berlatih keduanya. Pada komik-komik tertentu, kamu akan menjumpai penggunaan bahasa Inggris formal di dalamnya. Selain itu, bahasa Inggris informal juga banyak digunakan, bahkan ada juga berbagai bahasa slang yang bisa kamu pelajari dan gunakan.

6. Grammar Mudah Dipahami

Kalimat yang ada di komik biasanya sederhana. Untuk itu, tidak terlalu sulit bagi kamu untuk memahami grammar atau tata bahasa yang digunakan. Kamu dapat mengidentifikasi apakah suatu kalimat termasuk contoh simple present tense, simple past tense, present continous tense dan seterusnya.

7. Jumlah Halaman Tidak Banyak

Cerita pada komik yang relatif pendek tidak mudah membuat pembacanya jadi bosan. Semangat pembaca akan terjaga sepanjang cerita. Oleh karenanya, kamu tidak merasa lelah saat membaca komik sembari berlatih bahasa Inggris.

8. Tidak Sulit Dibaca

Komik mudah dibaca oleh siapa saja, tidak terkecuali anak-anak. Bahasa yang digunakan tidak kompleks. Dengan demikian, komik cocok untuk sarana berlatih bahasa Inggris.

9. Membuat Ketagihan

Membaca komik sering menimbulkan rasa ketagihan untuk membacanya lagi. Kamu penasaran bagaimana kelanjutannya, dan akan terdorong untuk membaca lagi dan lagi. Apabila semakin sering membaca, maka akan semakin bagus karena kamu juga akan semakin banyak berlatih bahasa Inggris.

10. Ada di mana-mana

Komik bisa diperoleh di mana-mana. Kamu bisa membeli dalam bentuk fisik dan bisa juga membacanya dalam bentuk elektronik. Selain melalui toko buku, kamu dapat mengakses komik pada situs maupun aplikasi melalui gadgetmu. Dengan begitu, tidak ada lagi hambatan buatmu dalam berlatih bahasa Inggris melalui komik.

Berlatih bahasa Inggris jadi menyenangkan bukan setelah kamu membaca penjelasan di atas? Tunggu apalagi? Segera ambil komikmu dan latih bahasa Inggrismu agar kemampuanmu kian meningkat!

Temukan cara menyenangkan lainnya dalam belajar bahasa Inggris di EF! Kami memberikan harga khusus bagi kamu pembaca EF Blog. Raih vouchermu dengan mendaftar sekarang di laman ini!

Sampai jumpa di kelas untuk merasakan keseruan belajar bahasa Inggris!

Ben Small Stars
Author
Ben