TOEFL vs IELTS, Pilih yang Mana?

2017.04.03
TOEFL vs IELTS, Pilih yang Mana?

Untuk beberapa orang yang berencana belajar maupun pindah ke luar negeri, ada pilihan yang harus dibuat: IELTS atau TOEFL?  Apakah kamu memiliki kesulitan dalam memilih tes kemampuan bahasa Inggris?Kedua tes ini dikenal sebagai tes bahasa Inggris yang diakui oleh sebagian besar universitas maupun institusi lainnya. EF akan membantumu menentukan pilihan tes mana yang sesuai dengan kebutuhanmu:

 

  • TOEFL vs. IELTS: sekilas

Secara umum kedua tes ini serupa. Keduanya mencakup sesi tes yang panjang dan melelahkan. Tes ini mengikutsertakan 4 modul yang sama (Speaking, Writing, Listening and Reading) meskipun dibagi lagi menjadi beberapa sub-tes yang berbeda;TOEFL memiliki sub tes yang lebih banyak disbanding IELTS.

 

TOEFL hanya melakukan tes akademik sedangkan IELTS (akademik) memiliki kombinasi tes membaca dan menulis akademik dengan membaca dan menulis secara umum. IELTS juga melakukan tes komunikasi interaktif dan tatap muka yang lebih nyata.

 

  • British English vs. American English

TEOFL umumnya menggunakan Inggris-Amerika dan termasuk di dalamnya sejarah Amerika, budaya, politik, geografi dan slang yang digunakan. Kebalikannya, IELTS lebih condong ke British-Inggris, dengan cakupan termasuk Britania dan Australia. Ini juga terlihat dalam sesi Listening-nya.

 

  • Berdasarkan negara?

Jika kamu ingin belajar di AS atau Kanada, TOEFL merupakan pilihan yang baik dimana IELTS lebih ditujukan untuk negara-negara seperti UK, Australia dan New Zealand. Menurut Educating Testing Service lebih dari 3000 universitas dan institusi (temasuk 30 universitas terkemuka: http://www.happyschools.com/usa-universities-accepting-ielts-score/) mengakui tes IELTS di AS dan 135 institusi edukasi terkemuka di UK mengakui tes TOEFL.

 

  • Bagaimana jika kamu ingin mendaftar program MBA?

Kebanyakan sekolah bisnis menerima hasil tes TOEFL dan IELTS dengan skor minimal untuk TOEFL:: 100 dan IELTS: 7.0. Sekolah bisnis terkemuka di AS dan UK, seperti Harvard Business School, Saïd Business School, University of Oxford atau University of Cambridge memiliki standar yang lebih tinggi, dengan skor ILETS: 7.5 dan skor TOEFL: 110.

 

  • Tes menulis

IELTS dan TOEFL memiliki tes menulis yang hampir sama.

 

Meski begitu sistem penilainnya tidak sama. TOEFL lebih memfokuskan pada kemampuan menulis sesuai dengan tugas sedangkan IELTS lebih memfokuskan pada kualitas bahasa yang dihasilkan.

 

Salah satu hal penting dari kedua tes ini adalah “tidak ada satu cara yang benar” untuk menjawab pertanyaan yang ada.

 

  • Akankah aksen berpengaruh?

Orang berpikiran mereka akan gagal jika menggunakan aksen Amerika pada tes IELTS atau sebaliknya, ini tidak benar.

 

Tentu aksen Britania, Amerika atau Australia yang kita gunakan berpengaruh pada pengertian dari tester karena mereka akan lebih mengenal aksen tertentu sesuai latar belakangnya. TOEFL Speaking tidak membutuhkan aksen tertentu asalkan jelas dan mudah dimengerti.

 

  TOFEL IELTS
Waktu ± 4 jam 2 jam dan 45 menit
Sumber Komputer Tertulis
Tes Oral Menghadap PC dengan mic Berhadapan langsung dengan tester
Nilai Skala 0 hingga 120 Hingga nilai 9 atau level kefasihan

 

 

shutterstock_173113382 (1)

 

  • Ikuti tes ini untuk mengetahui tes yang sesuai denganmu:

quiz

Kalau jawabanmu lebih banyak YES pada pertanyaan diatas maka kamu sebaiknya mengikuti tes TOEFL untuk mengukur kemampuan bahasa Inggrismu.

quiz

Kalau jawabanmu YES untuk kebanyakan pertanyaan diatas, kamu lebih cocok mengikuti tes IELTS.