Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Pasang Kata-kata Membingungkan dalam Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

5 Pasang Kata-kata Membingungkan dalam Bahasa Inggris

2020.10.12

Salah mengucapkan suatu kata dalam bahasa Inggris mungkin bukan hal yang baru. Pasalnya, dalam bahasa Inggris ada beberapa kata yang pelafalannya hampir mirip. Jadi, tidak heran jika banyak yang sering tertukar saat melafalkan maupun menggunakannya dalam percakapan. Tak jarang, kesalahan ini pun menimbulkan kesalahpahaman. Kata-kata yang memiliki pengucapan yang hampir mirip dalam bahasa Inggris adalah:

Advice dan Advise

Kamu mungkin kebingungan saat berhadapan dengan dua kata ini. Pasalnya, confusing words berikut ini memiliki arti yang tidak jauh berbeda. Bahkan, pelafalannya pun sangat mirip. Namun, kamu harus tahu kapan menggunakan advice atau advise.

Kata advice termasuk kata benda yang berarti nasehat. Maka itu, saat kamu ingin memberikan nasehat kepada orang lain, kamu bisa mengatakan, “Can I give you an advice?”

Sementara itu, advise merupakan kata kerja yang artinya menasehati. Contoh penggunaan kata advise yang tepat adalah, “My mother advised me to come on time.”

Cue dan Queue

Jika hanya dilihat dari penulisannya, “cue” dan “queue” sangat jauh berbeda. Hanya saja, kedua kata memiliki pelafalan yang sangat mirip. Kamu bisa saja salah menangkap makna dari ucapan seseorang jika salah memahami ucapannya.

Cue termasuk ke dalam kata benda yang artinya pertanda untuk melakukan suatu aksi. Contohnya, “I think that’s my cue to come into the room,” yang artinya “Aku rasa ini pertanda untukku agar masuk ke dalam ruangan.”

Di sisi lain, “Queue” yang juga kata benda, artinya antrian dan dilafalkan dengan cara yang sama, yaitu /kju:/. Contoh penggunaan kata “queue” dalam kalimat adalah, “There was a long queue for tickets in the movie theatre.”

Lie dan Lay

Meski memiliki penulisan yang berbeda, bukan berarti dua kata dengan arti dan pelafalan yang hampir sama ini tidak membingungkan. Bahkan, bisa saja kamu masih kebingungan saat menggunakan kedua kata tersebut.

Lie merupakan sebuah kata kerja yang memiliki arti berbaring dan digunakan untuk manusia atau hewan. Maka itu, penggunaan kata “lie” yang tepat adalah, “He lies in bed all day.”

Sementara itu, “Lay” yang juga kata kerja artinya meletakkan seseorang atau suatu benda pada posisi tertentu dengan hati-hati. Contoh kalimatnya adalah, “She laid a hand on my face.”

Hal yang perlu diperhatikan adalah “Lie” menjelaskan posisi tertentu, sementara, “Lay” menjelaskan perlakuan untuk meletakkan sesuatu pada posisi tertentu.

Desert dan Dessert

Kedua kata yang termasuk ke dalam confusing words ini mungkin tergolong familiar dan cukup berbeda. Hanya saja, penulisan keduanya yang hampir sama bisa saja membuat kamu kebingungan. Bahkan, bisa saja kamu tertukar saat melafalkan keduanya.

Desert adalah kata benda yang berarti padang pasir. Biasanya, desert digunakan untuk mendeskripsikan suatu lokasi yang tidak memiliki sumber air dan hampir tidak ditemukan adanya tanaman di sana.

Sementara itu, dessert yang juga kata benda berarti makanan pencuci mulut. Kamu bisa menggunakan kata dessert jika ingin menyebutkan makanan maupun minuman manis yang dimakan setelah menu utama.

It’s dan its

Pelafalan dan penulisan yang hampir dari kedua kata tersebut sering kali menimbulkan kesalahan, apalagi saat berkomunikasi verbal dengan orang lain.

Padahal, it’s merupakan singkatan dari it is. Kamu bisa menggunakannya dalam kalimat seperti berikut ini, “It’s fun to be with you all day.”

Sementara, its menunjukkan kepemilikan untuk benda atau hewan. Misalnya, “I love the book and its author.” Kata its merujuk pada pengarang dari buku yang sebelumnya disebutkan.

Selain lima pasang confusing words di atas, masih banyak kata-kata lain yang juga membingungkan saat diucapkan maupun dituliskan. Namun, jangan jadikan kebingungan itu sebagai penghambat untuk meningkatkan kemampuan kamu berbahasa Inggris, ya.

Daftar Konsultasi Gratis