•  
  •  

Siaran Pers

EF Luncurkan Inovasi Metode Belajar Bahasa Inggris Terkini11-02-2019

EF Small Stars
Jakarta - Pengembangan bahasa merupakan bagian penting dari perkembangan anak. Pada penelitian terbaru pendidikan dalam P21 Framework for 21st Century Skills, disebutkan beberapa keterampilan yang diperlukan siswa agar berhasil dan sukses di masa depannya, seperti; kemampuan berpikir kritis, kreativitas, keterampilan komunikasi, literasi (informasi dan teknologi), sosial dan kolaborasi.

Untuk mendukung hal tersebut, EF English First for Kids & Teens meluncurkan inovasi program EF Small Stars melalui sebuah acara Brunch: Playdate with Roddy & Friends yang diadakan di Publik Markette pada tanggal 24 Januari 2019.

Elisabeth Maria, Regional Director EF English First Indonesia menyampaikan, "Kami menyadari perlunya mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan anak untuk menghadapi era saat ini dan masa depan. Kami melakukan sebuah inovasi pada program EF Small Stars karena kami ingin mendampingi anak-anak mengembangkan kemampuan literasi dini mereka melalui bahasa Inggris. Melalui materi pembelajaran dan aktivitas yang menyenangkan, anak pun akan memiliki antusiasme belajar yang tinggi dan menikmati proses belajar, sehingga mampu mengembangkan kemampuan dan kepercayaan diri dengan lebih baik."

EF Small Stars adalah program pendidikan bahasa Inggris non formal untuk anak usia 3-6 tahun. Program ini menggunakan metode belajar holistik melalui pendekatan pendidikan yang disesuaikan dengan tahapan usia anak. Pembelajaran ini dirancang agar dapat mengembangkan keterampilan sosial dan emosional, kemampuan motorik halus dan kasar, serta kemampuan bahasa dan kognitif mereka dengan optimal.

Di kesempatan terpisah, Elizabeth Santosa atau yang akrab disapa Lizzie, Psikolog Pendidikan dan Anak, menyampaikan mengenai peran penting pengembangan bahasa sebagai dasar keterampilan dalam membantu mengoptimalkan kemampuan kognitif, emosional dan sosial anak. Hubungan dan keterlibatan orang tua merupakan pondasi penting atau titik awal kebahagiaan anak yang berdampak positif terhadap perkembangan psikososial mereka.

"Maka penting bagi orang tua untuk membuat anak-anak mereka bahagia. Mengapa? Karena anak yang bahagia akan memiliki kesadaran diri, manajemen diri dan keterampilan sosial yang baik, serta dapat memiliki kemampuan melakukan pengambilan keputusan yang lebih baik. Semua itu penting dan terkait dengan hasil yang akan mereka peroleh di masa depan yaitu keberhasilan pendidikan dan kesuksesan." jelas Lizzie.

Melalui inovasi pada EF Small Stars, diharapkan program ini dapat menjadi solusi bagi para orang tua yang ingin mengembangkan kemampuan literasi dan komunikasi anak melalui bahasa Inggris, sebagai persiapan kemampuan akademik mereka saat memasuki Sekolah Dasar dan bekal keterampilan yang diperlukan di masa depannya kelak.

***

Keterangan lebih lanjut, hubungi:

Cinthya
Marketing Manager EF
cinthya@EF.com
+(62) 812-2976-745

Inilah Para Pemenang Spelling Bee 2018 Tingkat Nasional27-11-2018

Spelling Bee 2018
Jakarta, 25 November 2018 - Arda A. S. Mudarso, berhasil merebut juara pertama grup C (kategori kelas 5-6 SD) EF Spelling Bee Competition 2018 tingkat nasional. Saat ditanya tentang cita-cita dia mengatakan, "Berubah mulu setiap hari," tapi setelah berbincang beberapa saat & ditanya kembali pertanyaan yang sama, dia mengatakan ingin menjadi seorang paleontolog. Arda, memang hobi baca buku sejak usia 2 tahun. Buku-buku yang dibacanya tidak hanya buku berbahasa Indonesia tapi juga berbahasa Inggris. Tidak heran bahasa Inggrisnya sudah sangat lancar, meskipun usianya baru 10 tahun.

Tri Astuti, Ibunda Arda berpendapat bahwa EF Spelling Bee adalah kompetisi yang dapat membuka peluang & jalan bagi anaknya untuk dapat beasiswa sekolah ke luar negeri.

Aaron Xander Mulyadi, juara 3 dari grup B (kelas 3-4 SD) sangat senang mengikuti kompetisi EF Spelling Bee. Katanya, "Saya ingin menang biar bisa dapat tropi dan bisa dibeliin buku Dog Man sama mama. Harapannya biar bisa jadi good speller". Ungkapnya polos.

EF Spelling Bee Competition ini menjadi salah satu kegiatan yang selalu ditunggu para siswa & orang tua setiap tahunnya, karena, selain membantu anak untuk lebih berani tampil di depan umum, para siswa juga mendapatkan pengalaman berharga yang bisa memacu mereka untuk terus mengasah kemampuan mereka demi menggapai cita-citanya.

EF Spelling Bee Competition dimulai pada Oktober lalu hingga November 2018. Penyaringan pertama diadakan di tingkat regional dan diikuti setidaknya 7000 peserta dari seluruh Indonesia. Sekitar 700 peserta lolos ke tingkat nasional & maju untuk memperebutkan gelar juara yang diselenggarakan pada 25 November 2018, di gedung SMESCO Jakarta.

Inilah daftar juara EF Spelling Bee 2018 tingkat nasional:

Grup A (kelas 1-2 SD)
Juara 1: Kaylee Siswanto, Surabaya
Juara 2: Alendra Windarto, Matraman
Juara 3: Amabelle Pucestri, Cibubur

Grup B (kelas 3-4 SD)
Juara 1: Matheya Prawara, BSD
Juara 2: Karin Lazaro, Bali
Juara 3: Aaron Mulyadi, Cengkareng

Grup C (kelas 5-6 SD)
Juara 1: Arda Mudarso, BSD
Juara 2: Alya Zahra, Bogor
Juara 3: Mifzal Landiyanto, Rawamangun

Grup D (kelas 1-3 SMP)
Juara 1: Riza Ramandira, Bekasi
Juara 2: Jihad Abdurrahman, Cibubur
Juara 3: Emmanuel Patrick, Bandung

Kompetisi EF Spelling Bee 2018 didukung oleh berbagai pihak seperti GOPAY, Antangin Junior, Dwidayatour dan brand lainnya mulai dari tingkat regional hingga tingkat nasional.

Dari Hello English hingga Glamping, Ini Keseruan Baru dari EF05-09-2017

Extra Fun 2017
Jakarta, September 2017 - EF English First Indonesia di bulan September ini kembali mengeluarkan inovasi terbaru yang edukatif serta menyenangkan bernama Hello English. Hello English ditujukan untuk membantu anak-anak belajar bahasa Inggris di rumah dengan dibantu oleh orangtua mereka. Anak-anak cukup mengakses 10 menit sehari selama 3 hari, untuk menambah pengetahuan mereka tentang kosa kata, tata bahasa, hingga lagu-lagu berbahasa Inggris yang bisa dinikmati bersama.

Hello English dapat di akses melalui website yakni di www.ef.com/helloenglish melalui komputer. Selain tampilan yang lucu dan menarik, Hello English di susun sedemikian rupa oleh tim akademik EF untuk mengajarkan dasar-dasar berbahasa Inggris yang disesuaikan dengan usia anak, mulai dari 3-6 tahun, 6-9 tahun, dan 9-12 tahun.

"Melalui Hello English kami ingin mengajak para orangtua untuk memanfaatkan gawai secara positif lewat konten edukatif berbahasa Inggris untuk anak-anak, dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris anak," ujar Joris Satyadharma, selaku Marketing Director EF English First Indonesia.

Dalam Hello English, pertama-tama orangtua harus memilih konten yang ingin dimainkan, ada Song & Chant yang berisi lagu-lagu menarik beserta videonya, serta Learn & Practice yaitu materi belajar Inggris yang dikategorikan berdasarkan usia anak. Dalam Learn & Practice, terdapat materi yang bisa dipelajari untuk 3 hari dengan masing-masing dilakukan selama 10 menit.

Meskipun di desain untuk dikerjakan dalam waktu 3 hari, namun orangtua dapat sewaktu-waktu mengulang kembali materi tersebut atau mengganti kategori usia anak. Melalui Hello English, orangtua juga dapat melihat kemampuan dasar anak dan mengunduh materi untuk dipelajari secara offline.

"Hingga 10 September 2017 nanti, EF melalui Hello English membagi-bagikan hadiah menarik kepada para orangtua yang berhasil mengajak anaknya mengerjakan tantangan yang ada di dalam Hello English," tambah Joris.

Selain Hello English, EF English First yang baru-baru ini memenangkan Indonesia Digital Popular Brand Award 2017 juga memiliki promo spesial selama 8-25 September 2017 di mana seluruh siswa yang mendaftar akan mendapatkan diskon kursus sampai dengan 20%, hadiah langsung banana inflatable sofa, lucky spin merchandise, dan kesempatan memenangkan paket glamping atau glamour camping di Ciater, Jawa Barat melalui undian berhadiah.

"Kami terus berupaya memberikan penawaran-penawaran menarik untuk seluruh siswa baru EF, dengan harapan lebih banyak pelajar Indonesia yang mengasah kemampuan bahasa Inggris di EF," tutup Joris.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan akses ke www.ef.co.id/extrafun2017.

EF English First Menerima Penghargaan 'Indonesia Digital Popular30-08-2017

EF Indonesia Digital Popular Brand Award
Jakarta, 30 Agustus 2017 - Bertempat di Jakarta pada tanggal 24 Agustus 2017 EF English First menerima penghargaan sebagai 'Indonesia Digital Popular Brand Award 2017' untuk kategori pendidikan kursus yang dianugerahkan oleh FranchiseGlobal.com, Tras N Co Research dan IM Focus DigiMarketing Consultant.

Penghargaan tersebut diperoleh berdasarkan beberapa aspek penilaian diantaranya hasil pencarian Google, struktur website, dan sosial media yang di survey selama bulan April hingga Juni 2017 oleh konsultan yang ditunjuk.

Joris Satyadharma selaku Marketing Director EF English First pada saat menerima penghargaan mengatakan, "Penghargaan ini merupakan apresiasi dari kerja keras EF English First untuk tetap menjadi yang terdepan dalam kategori bisnis kursus bahasa di Indonesia."

Perkembangan digital di Indonesia yang semakin pesat menurut Joris, menuntut EF English First untuk senantiasa mengikuti dan berinovasi untuk mempertahankan posisinya sebagai market leader. "Selain memaksimalkan search engine optimization dan didukung dengan konten-konten berkualitas yang mengedukasi, kami terus berinovasi memberikan hal-hal menarik, contohnya seperti games bagi anak dan orang tua, kompetisi video, dan masih banyak lagi," ujar Joris.

Seluruh inovasi yang dilakukan EF English First di bidang digital terbukti membuahkan hasil memuaskan. Di pertengahan tahun 2017 EF meluncurkan program "EF Challenge" yang berhasil mengumpulkan ratusan video pertunjukan bakat anak-anak dan remaja menggunakan bahasa Inggris. Kemudian di bulan Agustus ini, EF meluncurkan platform web bertajuk "Hello English" yang merupakan sarana bagi orang tua dan anak untuk belajar bahasa Inggris bersama melalui gawai secara gratis.

"Kami berharap dengan banyaknya inovasi baik itu melalui kurikulum pelajaran di EF Centers maupun melalui media digital, EF English First tetap menjadi pilihan terbaik bagi anak-anak Indonesia untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka," tutup Joris.

Bagaimana Menstimulasi Anak Agar Mahir Berbahasa Inggris?19-07-2017

talk show EF
Surabaya, 15 Juli 2017 - EF English First mengadakan talkshow "How to Help Your Kids Learn English" dengan menghadirkan narasumber Roslina Verauli, S.Psi., M.Psi., Psikolog dan brand ambassadors EF, pasangan selebriti Donna Agnesia dan Darius Sinathrya di Food Society Pakuwon Mall Surabaya.

Di kesempatan itu, Roslina Verauli, atau akrab disapa Vera menekankan bahwa untuk mengoptimalkan upaya penyerapan bahasa asing pada anak dibutuhkan komitmen, konsistensi, dan system support. "Orangtua harus menciptakan lingkungan yang mendukung untuk anak bisa mengembangkan kemampuan berbahasa asingnya," ujar Vera. Selain itu, ada beberapa stimulasi penting dalam merangsang kecakapan berbahasa asing anak, yaitu:
. Merespon bunyi-bunyi dari bayi dengan bunyi/kata
. Memberi perhatian dan komentar pada apa yang anak lihat
. Bermain social games
. Melibatkan anak dalam bermain pura-pura
. Melibatkan anak dalam percakapan sehari-hari

Tidak lupa lingkungan sekitar yang disebut dengan system support harus dibangun untuk membesarkan anak multilingual. Penggunaan teknologi juga bisa membantu, asal didampingi oleh orangtua atau guru. Vera memaparkan bahwa menjadi bilingual atau multilingual memberikan banyak manfaat terhadap perkembangan anak di masa depan, seperti:
Perkembangan Kognitif
Memiliki performa IQ lebih tinggi dalam tes atensi, penalaran analitik, pembentukan konsep, kemampuan verbal, dan fleksibilitas berpikir.
Sosiokultural
Memiliki kesadaran metalinguistik lebih handal seperti; mampu mendeteksi kesalahan tata bahasa, memahami arti dan aturan dalam percakapan sehingga anak bilingual/multilingual memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik.
Personal
Mereka yang tumbuh menjadi bilingual atau multilingual kelak memiliki kemampuan bersaing lebih tinggi dalam memperoleh pekerjaan yang lebih baik.

Donna dan Darius menyadari ketiga anaknya membutuhkan lingkungan berbahasa Inggris yang suportif selain di rumah, apalagi sebagai orangtua yang sibuk mereka kerap tidak bisa menemani anak-anak belajar atau bermain. Maka, mereka mempercayakan EF sebagai partner dalam mendidik ketiga anak mereka.
EF menekankan kurikulum yang berfokus pada perkembangan anak secara individu yang melibatkan kegiatan belajar mengajar yang menstimulasi kemampuan anak berbahasa Inggris secara lisan, tulisan, dan kemampuan mendengarkan.
Di periode Juli hingga Agustus, EF menawarkan diskon kursus hingga 1,9 juta rupiah dan hadiah langsung kepada siswa baru. Untuk informasi lebih lanjut, klik di www.EF.co.id/BTS17

Kontak media:

Zaneti Sugiharti
Marketing Manager
EF English First Indonesia
zaneti.sugiharti@ef.com

Kembangkan Minat dan Bakat Anak bersama EF Holiday Academy22-05-2017

EF Holiday Academy
Jakarta, Mei 2017 - EF English First tahun ini memberikan terobosan baru dalam pendidikan kursus bahasa Inggris yakni dengan program Holiday Academy yang menawarkan program kursus singkat disesuaikan dengan minat dan bakat anak. Holiday Academy berlangsung selama musim liburan sekolah di seluruh EF Centers di Indonesia selama 2 (dua) minggu.

Yang menarik dari program ini, tidak hanya EF memberikan pengalaman belajar bahasa Inggris dengan sistem belajar yang menyenangkan, namun anak bisa memilih sendiri program dalam Holiday Academy yang disesuaikan dengan minat dan bakat mereka. Program ini diperuntukkan bagi anak usia 4 hingga 17 tahun.

Adapun program Holiday Academy yang bisa dipilih di antaranya:
1. Storytellers 1 & 2 (4 - 9 tahun)
Memicu anak berimajinasi sambil belajar membaca dan memahami sebuah cerita, serta meningkatkan kepercayaan diri dengan menjadi story tellers.
2. Reading Science (9 - 13 tahun)
Bagi yang senang membaca, pelajari caranya menguasai ilmu pengetahuan dalam jurnal berbahasa Inggris dan trik membaca yang efektif.
3. Global Explorer (9 - 13 tahun)
Disusun bagi mereka yang senang bereksplorasi dan bekerjasama dalam tim untuk melakukan sebuah proyek bersama dalam bahasa Inggris.
4. On Stage (9 - 17 tahun)
Asah kemampuan berbahasa Inggris anak Bapak/Ibu sekaligus memacu kepercayaan dirinya dalam kegiatan bermain peran.
5. Writers Guild (9 - 17 tahun)
Belajar menulis berbagai jenis tulisan seperti essay, narasi, dan lainnya dalam bahasa Inggris dengan kosakata dan tata bahasa yang tepat.

"Holiday Academy memberikan kesempatan bagi anak untuk merasakan pengalaman belajar di EF dalam waktu singkat sekaligus mengembangkan minat dan bakat mereka," ujar Joris Satyadharma, Marketing Director EF English First.

Di akhir periode, peserta Holiday Academy juga bisa memilih untuk mengikuti kegiatan camping di alam bebas selama 2 (dua) hari 1 (satu) malam yang akan diselenggarakan di Ciater, Subang.

Tunggu apalagi, segera daftarkan anak Anda di Holiday Academy EF English First. Kunjungi EF Centers terdekat di kota Anda atau silakan mengakses ke : www.ef.co.id/holiday-academy

 

BOOK A FREE CLASS

Nama  
Telepon   

Kami membutuhkan nomor telpon Anda untuk menjadwalkan kelas Anda. Kami tidak akan memberikan informasi Anda kepada pihak lain di luar EF.

Alamat Email   
Usia  
  • 3-6
  • 7-9
  • 10-14
  • 15-18 (SMA)
  • 18+
Kota
Area
Hubungi Kami
 

 

Gratis Tes Penempatan

Nama  
Telepon   

Kami membutuhkan nomor telpon Anda untuk menjadwalkan kelas Anda. Kami tidak akan memberikan informasi Anda kepada pihak lain di luar EF.

Alamat Email   
Usia  
  • 3-6
  • 7-9
  • 10-14
  • 15-18 (SMA)
  • 18+
Kota
Area
DAFTAR SEKARANG