Bagikan EF EPI

TENTANG INDEKS

METODOLOGI

Indeks Kecakapan Bahasa Inggris EF semakin sering dikutip sebagai sumber data otoritatif oleh para wartawan, pendidik, pejabat terpilih, serta pimpinan usaha. EF dengan gembira memberikan kontribusinya pada pembahasan global mengenai pendidikan bahasa Inggris yang terus berlanjut.

Untuk dapat menggunakan EF EPI secara efektif, pembaca harus memahami metodologi yang digunakan. EF EPI disiapkan setiap tahun dari hasil serangkaian tes bahasa Inggris yang dilakukan selama tahun kalender sebelumnya oleh ratusan ribu orang dewasa di seluruh dunia. Data untuk edisi keenam ini dihitung menggunakan hasil dari 950.000 peserta ujian yang menyelesaikan tiga tes bahasa Inggris EF yang berbeda pada tahun 2015.

TES

Dua tes dapat diikuti secara terbuka oleh semua pengguna internet dengan gratis. Tes ketiga adalah tes penempatan online yang digunakan oleh EF dalam proses pendaftaran untuk kursus bahasa Inggris. Ketiga tes ini mencakup bagian membaca dan menyimak.

Tes online terbuka berupa ujian adaptif yang terdiri dari 30 soal, sehingga setiap pertanyaan yang dijawab oleh peserta tes disesuaikan tingkat kesulitannya berdasarkan jawaban yang benar dan salah sebelumnya. Sebuah analisis dilakukan dari 47.600 peserta tes yang menyelesaikan beberapa versi ujian adaptif ini guna menentukan metode yang seragam dan konsisten untuk penentuan skor di antara mereka. Tes penempatan nonadaptif terdiri dari 70 soal. Semua skor telah divalidasi terhadap tingkat kursus EF. Pelaksanaan tes ini sama untuk semua tes, yaitu peserta tes mengerjakan ujian pada komputer.

PESERTA TES

Meskipun sampel peserta tes untuk Indeks Kecakapan Bahasa Inggris EF ini bias terhadap responden yang tertarik untuk melakukan studi bahasa, sampel yang digunakan adalah seimbang antara responden pria dan wanita serta mewakili pembelajar bahasa dewasa dari berbagai usia. Responden wanita terdiri dari 46,3% dari keseluruhan sampel, dan usia rata-rata responden dewasa adalah 28 tahun. Sebesar 98,9% responden dewasa berusia di bawah 60 tahun. Responden pria cenderung sedikit lebih tua, dengan usia menengah dua tahun lebih tua dari responden wanita. Karena para responden termotivasi untuk mengikuti tes berdasarkan minat mereka dalam belajar bahasa Inggris, sampel terutama akan terdiri dari orang dewasa usia kerja, dengan bias terhadap siswa dan pekerja di awal karier mereka.

Hanya negara-negara dengan minimal 400 orang peserta tes yang disertakan dalam indeks, namun secara keseluruhan, jumlah peserta tes jauh lebih banyak. Sebanyak 72 negara dan wilayah yang disertakan dalam indeks.

Kami sadar bahwa populasi peserta tes yang mewakili dalam indeks ini dipilih sendiri dan tidak dijamin sebagai representasi negara secara keseluruhan. Hanya mereka yang berminat untuk belajar bahasa Inggris atau ingin tahu tentang kemampuan bahasa Inggris mereka yang akan berpartisipasi dalam salah satu dari tes ini. Hal ini dapat menggeserkan skor menjadi lebih rendah atau lebih tinggi daripada populasi umum. Tidak ada manfaat bagi peserta tes untuk memaksakan memperbesar skor mereka dalam tes risiko rendah ini dengan melakukan kecurangan atau menghafal secara mendadak karena hasil tes ini tidak memberikan sertifikasi atau penerimaan ke suatu program.

Tes ini gratis dan dilakukan secara online, jadi setiap orang yang memiliki koneksi internet dapat berpartisipasi. Hampir semua peserta tes kami adalah dewasa pekerja atau dewasa muda yang sedang menyelesaikan studi mereka. Orang tanpa akses Internet dikecualikan. Di negara-negara dengan penggunaan internet yang rendah, kami menduga dampak pengecualian ini paling kuat. Simpangan ini akan cenderung menaikkan skor lebih tinggi dengan mengecualikan masyarakat yang lebih miskin, berpendidikan rendah, dan yang kurang beruntung. Namun demikian, metode akses terbuka dari tes internet telah terbukti efektif dalam mengumpulkan jumlah data yang sangat besar terkait perkembangan tingkat kecakapan bahasa Inggris dalam angkatan kerja global.

PERHITUNGAN SKOR

Untuk menghitung skor EF EPI suatu negara, masing-masing skor tes dinormalisasi untuk mendapatkan persentase yang tepat dari jawaban yang benar untuk tes tersebut. Lalu, semua skor untuk sebuah negara dimenengahkan pada ketiga tes, sehingga memberikan bobot yang sama pada masing-masing tes. Menengah regional dan global ditimbang dengan populasi masing-masing negara di masing-masing wilayah.

Masing-masing negara dimasukkan ke dalam kelompok kecakapan berdasarkan skornya. Kelompok-kelompok kecakapan ini mempermudah pengenalan kelompok negara dengan tingkat kemampuan berbahasa Inggris yang setara serta perbandingan di dalam dan antar wilayah. Kelompok kecakapan ini selaras dengan Common European Framework of Reference (CEFR) dan tingkat kursus EF. Kelompok Kecakapan Sangat Tinggi terkait dengan CEFR tingkat B2. Kelompok Kecakapan Tinggi, Menengah, dan Rendah terkait dengan CEFR tingkat B1, dengan masing-masing kelompok terkait pada tingkat kursus EF tertentu. Kelompok Kecakapan Sangat Rendah terkait dengan CEFR tingkat A2. Lihat halaman 9 dan 40 untuk informasi lebih lanjut mengenai kemampuan tertentu penutur bahasa Inggris dalam masing-masing kelompok.

SUMBER DATA LAIN

EF EPI diciptakan menggunakan proses yang sama sekali berbeda dari yang dilakukan oleh organisasi riset opini publik seperti Euromonitor dan Gallup, atau oleh OECD dalam survei keterampilan seperti PISA dan PIAAC. Penelitian-penelitian tersebut memilih peserta survei menggunakan faktor umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pendapatan, dan berbagai faktor lainnya untuk menyusun suatu panel survei. Panel survei mereka cenderung kecil, paling banyak beberapa ribu peserta per negara, tetapi karena panel survei ini disusun menggunakan metode sampling yang kompleks, maka dianggap mewakili seluruh populasi.

Sumber lain data tentang kecakapan berbahasa Inggris berasal dari sistem pendidikan nasional. Banyak negara menguji keterampilan bahasa Inggris siswa sekolah menengah atas menggunakan penilaian nasional standar. Hasil ujian tersebut bisa dipublikasikan ataupun tidak, namun para pendidik dan pejabat pemerintah menggunakan data tersebut untuk menilai keberhasilan reformasi pendidikan dan menemukan hal-hal yang perlu ditingkatkan.

Sayangnya, penilaian-penilaian nasional tersebut tidak dapat dibandingkan dengan satu sama lain dan tidak diterapkan untuk orang dewasa, sehingga meskipun memberikan indikasi yang baik dari kecakapan berbahasa Inggris di kalangan siswa sekolah menengah atas di satu negara dari waktu ke waktu, hasil tersebut tidak bisa dibandingkan untuk siswa antar negara, juga tidak menggambarkan tingkat kecakapan bahasa Inggris orang dewasa.

EF EPI tidak bertujuan untuk bersaing dengan atau menyanggah hasil tes nasional, data jajak pendapat bahasa, atau kumpulan data mana pun. Sebaliknya, kumpulan data ini dapat saling melengkapi. Beberapa di antaranya diuraikan secara terperinci, namun terbatas dalam lingkup satu kelompok usia, negara, atau profil peserta tes. EF EPI bersifat luas, berorientasi pada orang dewasa usia kerja di seluruh dunia menggunakan metode penilaian umum. Tidak ada kumpulan data lain dengan ukuran dan lingkup yang sebanding, dan, terlepas dari keterbatasannya, kami dan banyak orang lain percaya bahwa EF EPI merupakan titik referensi berharga dalam pembahasan global tentang pendidikan bahasa Inggris.

LAPORAN EF EPI TERKAIT

Seri penelitian EF EPI memiliki tiga laporan terpisah: laporan EF EPI utama ini yang menyoroti kecakapan bahasa Inggris orang dewasa; EF EPI untuk perusahaan (EF EPI-c) yang meneliti kemampuan bahasa Inggris tenaga kerja; dan EF EPI untuk Sekolah (EF EPI-s) yang menguji siswa menengah atas dan mahasiswa di seluruh dunia. Tahun ini, kami menerbitkan EF EPI edisi keenam dan EF EPI-c edisi ketiga. EF EPI-s edisi pertama diterbitkan pada tahun 2015.

EF EDUCATION FIRST

EF Education First (www.ef.com) adalah sebuah perusahaan pendidikan internasional yang berfokus pada bahasa, akademisi, dan pengalaman budaya. Didirikan pada tahun 1965 dengan misi untuk membuka dunia melalui pendidikan, EF memiliki 500 sekolah dan kantor di lebih dari 50 negara. EF adalah Penyedia Pelatihan Bahasa Resmi dalam Olimpiade Musim Panas Rio 2016 dan bertindak sebagai Penyedia Pelatihan Bahasa Resmi dalam Olimpiade Musim Dingin Sochi 2014 dan Olimpiade Beijing 2008. Indeks Kemahiran Bahasa Inggris EF (www.ef.com/epi) dipublikasikan oleh EF Learning Labs, sebuah divisi dari EF Education First.

Laporan lain EF EPI

EF EPI-s

EF English Proficiency Index for Schools

EF English Proficiency Index for Schools (EF EPI-s) adalah studi tentang pemerolehan kemahiran bahasa inggris oleh murid SMP dan SMA.

EF EPI-c

EF English Proficiency Index for Companies 2016

EF English Proficiency Index for Companies (EF EPI-c) adalah evaluasi kemampuan berbahasa Inggris angkatan kerja global.

Silahkan berpartisipasi di EF EPI

EF Standard English Test

Ikut serta dalam laporan EF EPI berikutnya dengan mengambil EF SET – tes kemampuan bahasa Inggris gratis pertama di dunia.