Menu
kreasi telur
News and Lifestyle

Kreasi Menu Olahan Telur Berbagai Negara. Yummy!

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.11.07

EFriends, siapa yang suka makan telur? Tahukah kamu kalau telur adalah sumber protein yang mudah diolah menjadi menu makanan apapun baik gurih maupun manis? Agar tidak bosan makan telur yang begitu-begitu saja, Tom akan berbagi ide olahan dan kreasi telur yang lezat!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Tahukah kamu kalau dalam 1 butir telur mengandung 6 gram protein dan berbagai nutrisi lain seperti zat besi, vitamin B6, magnesium, kalsium, vitamin D, dan vitamin B12? Banyak sekali ya nutrisinya EFriends.

Telur tidak hanya bisa diolah menjadi telur mata sapi, telur rebus atau telur dadar saja loh EFriends. Kalau kamu punya stok telur di rumah, yuk coba buat menu olahan telur dari berbagai negara ini!

1. Chawan Mushi

chawan mushi

Menu telur pertama berasal dari negeri Sakura. Kalau kamu pergi ke restoran Jepang, menu ini hampir selalu bisa kamu jumpai. Kamu bisa membuat Chawan Mushi sendiri di rumah, lho!. Pada dasarnya, Chawan Mushi adalah telur kukus yang punya tekstur lembut seperti puding. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu telur, air kaldu, dan kecap asin. Tapi kalau mau menambah nutrisi, kamu bisa tambahkan wortel, jamur, atau daging kesukaanmu.

2. Tamagoyaki

tamagoyaki

Menu kedua masih dari Jepang. Tamagoyaki atau omelet gulung ini berbeda dengan omelet atau telur dadar lain. Selain dari bentuknya yang kotak, rasanya juga berbeda. Tahukah kamu kalau di Jepang sendiri ada beberapa versi Tamagoyaki dari yang asin sampai yang manis? Kalau kamu, suka Tamagoyaki yang asin atau manis EFriends?

3. Egg-drop Soup

Ingin makan sesuatu yang hangat? Semangkuk egg drop soup akan membuatmu merasa nyaman. Apalagi kalau dimakan saat cuaca sedang dingin atau saat kamu sedang kurang enak badan. Untuk membuatnya, kamu harus membuat kaldu ayam dahulu, baru kamu bisa tambahkan telur dan bumbu-bumbu seperti garam, lada, gula dan minyak wijen.

4. Quiche

quiche

Menu yang berasal dari Perancis ini bisa jadi opsi sarapan sehatmu kalau sedang ingin hidangan yang berbeda. Quiche terbuat dari adonan kulit pai atau pie crust yang diisi dengan campuran telur, keju, sosis atau smoked beef dan sayuran seperti bayam yang kemudian dipanggang. Kalau membuat pie crust terlalu sulit, kamu bisa menggatinya dengan menggunakan adonan pastry yang dijual beku di supermarket. Tertarik mencoba membuatnya?

5. Egg tortilla

Kalau membaca kata tortilla, kamu pasti sudah bisa menebak asal makanan ini. Yup, Spanyol. Menu ini bisa kamu jadikan menu sarapan ataupun camilan mengenyangkan. Sederhananya, kamu hanya perlu roti tortilla dan telur. Tapi kalau mau lebih banyak protein, kamu bisa tambahkan sosis, atau daging. Yummy!

Selain makanan yang punya cita rasa gurih, telur juga bisa diolah menjadi dessert manis untuk melengkapi waktu makanmu. Untuk membuatnya pun sangat mudah.

6. Egg Tart

egg tart

Dessert kombinasi kulit pastry renyah dan custard yang creamy dan manis. Siapa yang bisa menolak kelezatan egg tart? Siapa sangka kalau membuat makanan satu ini sangat mudah. Kamu hanya perlu kulit pastry beku dan adonan custard yang merupakan campuran telur, susu, gula, tepung maizena dan ekstrak vanla. Yuk buat egg tart di akhir pekan!

7. Puding karamel

puding karamel

Perpaduan sempurna rasa manis dan sedikit pahit dari karamel. Puding karamel yang populer di Jepang ini ternyata bisa kamu buat sendiri di rumah. Bahan dasanya terdiri dari telur, susu, gula dan ekstrak vanila. Tapi kalau kamu mau puding yang lebih creamy, kamu bisa tambahkan krim kental. Yang menjadikan puding ini semakin mudah dibuat yaitu teknik memasaknya hanya perlu dikukus. Kamu bisa buat dessert ini kapanpun!

Itu tadi beberapa makanan berbahan dasar telur dari beberapa negara. Ada yang belum pernah kamu coba?

EFriends, ternyata semua nutrisi yang terkandung dalam telur bisa mendorong pertumbuhan sel-sel otak, lho! Bagus banget untuk kamu para siswa yang butuh banyak nutrisi untuk belajar.

Oh iya, kalau kamu mau belajar Bahasa Inggris sambil membuat kreasi makanan dan lewat aktivitas menyenangkan lain, yuk gabung di EF! Semua kelas di EF dibimbing oleh guru-guru bersertifikat dan dengan metode pengajaran terbaru.

Penasaran? Kamu bisa coba kelas pertamamu di EF secara gratis. Kamu hanya perlu mendaftarkan nomor handphone di form yang ada di halaman ini. Mudah kan? Yuk seru-seruan bersama di EF!