Menu
ilustrasi waffle dengan strawberry
News and Lifestyle

Ide Kreasi Waffle Lezat, Bukan Cuma Croffle!

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.03.18

Masih ingat dengan croffle yang sempat booming beberapa waktu lalu? Croissant yang dipanggang pakai cetakan waffle ini adalah salah satu kreasi waffle yang unik. Tapi, kreasi waffle yang unik tidak cuma croffle. Kita bisa buat banyak kreasi waffle dengan menggunakan kreativitas kita.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Yang membedakan waffle dari makanan lain adalah bentuk cetakannya yang kotak-kotak, sehingga saat dipanggang teksturnya sedikit crispy, yummy! Waffle biasa disajikan dengan berbagai macam topping, baik yang manis (sweet) ataupun yang gurih (savoury). Kamu bisa kreasikan sesukamu, EFriends. Tapi Tom mau bagikan beberapa kreasi favorit Tom.

sastra puisi

Waffle Klasik ala Belgia

Bahan membuat waffle klasik asal Belgia sebenarnya sangat mudah ditemukan. Kamu hanya butuh tepung, susu, telur, mentega, gula, sedikit garam dan sedikit baking powder. Karena ini waffle kllasik, topping yang digunakan hanya mentega, sirup maple atau madu, dan buah beri.

Hash Brown Waffle

Adakah dari kamu yang bisa menolak kenikmatan kentang goreng? Nah bagaimana jadinya kalau kentang dijadikan waffle? Yup waffle hash brown ini terbuat dari kentang yang diparut dan diperas airnya, lalu ditambahkan bumbu-bumbu. Alih-alih digoreng di atas wajan anti lengket, kamu bisa gunakan cetakan waffle supaya hash brown yang kamu buat semakin crispy.

Banana Waffle

Kamu punya sisa pisang yang sudah terlalu matang untuk dimakan? Sulap jadi banana waffle saja EFriends. Kalau biasanya cara membuat banana bread adalah dipanggang, kamu bisa membuatnya lebih cepat dengan menambahkan pisang di adonan waffle klasik.

Grilled Cheese Waffle

EFriends pecinta keju, ayo merapat! Ayo buat grilled cheese yang lebih lezat pakai alat pencetak waffle! Kamu cuma perlu roti tawar, keju cheddar dan mozzarella, plus mentega. Buat sandwich keju, lalu panggang di alat pencetak waffle. Dijamin grilled cheese buatanmu jadi next level!

Waffle Klasik Gurih

Waffle klasik nggak harus selalu ditambahkan topping manis, lho. Kamu bisa kreasikan dengan topping yang gurih juga! Beberapa ide waffle gurih untuk sarapanmu antara lain:

  • Telur mata sapi & salad

Setelah waffle buatanmu matang, tambahkan salad sayuran seperti selada, tomat dan wortel. Supaya makin bergizi, jangan sampai kamu tidak menambahkan telur mata sapi.

  • Croque-madame waffle

Kalau sedang ingin makan sesuatu yang gurih dan creamy, croque-madame bisa jadi pilihanmu! Kalau biasanya croque-madame dibuat dengan roti tawar, kali ini dibuat dengan waffle. Yum! Jadi semakin kenyang deh.

Waffle Fun Fact!

Meskipun waffle identik dengan Belgia, tapi sebenarnya negara-negara lain juga punya “waffle” ciri khas mereka, lho.

Stroopwafel

Bisa tebak waffle ini berasal dari mana? Yup, waffle asal Belanda ini berbentuk bulat, tipis dan punya tekstur renyah. Stroopwafel diisi dengan sirup karamel yang lezat, cocok dimakan bersama teh atau kopi.

Egg waffle

Egg waffle asal Hongkong ini bentuknya tidak kotak-kotak seperti waffle pada umumnya. Seperti namanya, egg waffle berbentuk bulat-bulat. Tidak jarang juga ada yang menyebutnya bubble waffle.

Bergische Waffles

Kudapan yang berasal dari Jerman punya bentuk yang lucu, yaitu bentuk hati. Orang Jerman biasanya menambahkan krim dan ceri saat menyantap waffle ini.

Taiyaki

Iya EFriends, kamu nggak salah baca. Kue berbentuk ikan ini adalah waffle asal Jepang. Kalau versi tradisionalnya, kue ini diisi pasta kacang merah, tapi saat ini sudah banyak variasinya.

Kue Gapit

Hayo, siapa yang suka kue gapit? EFriends, cemilan manis dari Cirebon ini juga salah satu versi waffle, lho. Yang membedakan kue gapit dari versi waffle lainnya adalah bahannya yang berasal dari tepung tapioka, lalu digapit sehingga menghasilkan kue yang renyah.

Ternyata waffle punya banyak variasi ya, EFriends. Waffle sudah jadi sensasi di seluruh dunia. Kemanapun negara yang kamu kunjungi, kamu pasti bisa menemukan waffle di restoran, kafe, bahkan di penjual kaki lima. Dari waffle manis hingga gurih, renyah atau lembut, selalu ada waffle untuk memenuhi setiap keinginanmu.

EFriends, apakah kamu mau belajar membuat kreasi waffle sambil belajar Bahasa Inggris? Ada EF LifeClub tempat kamu bisa belajar Bahasa Inggris lewat berbagai pilihan kegiatan menyenangkan. Dari membuat waffle, sampai berpetualang memecahkan misi, semua bisa kamu lakukan.

Mau ikut keseruan EF LifeClub? Yuk ikut kelasnya dengan mendaftarkan nomor HP aktifmu di form yang tersedia!