Menu
cerita dongeng
Reading and Writing

Hari Dongeng Sedunia. Kenali Jenis Cerita Fiksi

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.03.21

Kamu suka cerita fiksi? Jangan mengaku pecinta fiksi atau cerita dongeng kalau kamu belum tahu jenis-jenisnya. Untuk meramaikan Hari Dongeng Sedunia, ayo kita kenalan dengan berbagai jenis cerita fiksi!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Tapi sebelum itu, kamu tahu kan apa yang dimaksud dengan cerita dongeng atau cerita fiksi? Cerita fiksi adalah sebuah karya tulis naratif yang menggambarkan individu, peristiwa, atau tempat yang tidak nyata atau khayalan. Karena bersumber dari imajinasi sang penulis, cerita fiksi atau dongeng tidak bisa dijadikan acuan karena sifatnya yang tidak konsisten dengan fakta dan sejarah

Jenis Cerita Fiksi

Setelah kamu tahu apa itu cerita fiksi, langsung saja kita cari tahu jenis cerita fiksi. Yang harus kamu ingat, jenis cerita fiksi berbeda dengan genre cerita fiksi. Agar tidak bingung, berikut ini adalah jenis cerita fiksi.

Cerita pendek (Short story)

Cerita pendek atau cerpen adalah cerita yang dikemas secara ringkas dan jelas. Cerpen bisa juga disebut dongeng pendek. Cerpen biasanya hanya menceritakan tentang konflik yang dialami satu tokoh. Biasanya cerpen ditulis tidak lebih dari 10.000 kata dan bisa diselesaikan dalam sekali membaca.

Fiksi kilat (Flash fiction)

Berbeda dengan cerpen, fiksi kilat adalah jenis cerita yang lebih singkat. Biasanya hanya terdiri dari beberapa kalimat.

Novel (Novel)

Kamu pasti sudah familiar dengan jenis cerita fiksi yang satu ini. Novel adalah karya naratif berupa satu cerita panjang yang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya.

Naskah drama (Play script)

Naskah adalah cerita yang ditulis secara detail dengan tujuan dipentaskan di depan umum.

Puisi (Poem)

Puisi adalah salah satu karya sastra yang pembuatannya terikat oleh aturan ritme, irama, rima, sajak dan juga rangkaian bait dan larik.

Contoh Cerita Fiksi

Dari penjelasan di atas, kamu sudah tahu kan apa saja jenis cerita fiksi? Cerita fiksi masih dibagi lagi menjadi beberapa macam. Ada fabel, legenda, mitos, dan lain sebagainya. Sebagai gambaran Tom mau membagikan beberapa contoh cerita fiksi Bahasa Inggris yang bisa kamu baca (dan dengarkan). EF punya banyak kumpulan cerita dongeng atau contoh cerpen singkat, mulai dari cerita rakyat, fabel, sampai dongeng sebelum tidur. Kamu bisa cek artikel di bawah ini ya!

fable bahasa inggris

EFable: The Rabbit's Carrots

reading tipsefable

Seru kan dongeng pendeknya? Tidak hanya menghibur, tapi kamu juga bisa sekaligus belajar Bahasa Inggris. Termasuk juga di EF kamu juga akan mendapatkan berbagai cerita dongeng anak yang bisa kamu pelajari.

Dari kumpulan dongeng Bahasa Inggris tadi sekaligus jadi sedikit gambaran kalau kamu belajar di EF. Kamu akan belajar Bahasa Inggris lewat media yang menghibur dan pastinya belajar bersama guru-guru yang asyik. Belajar jadi tidak bosan dan bisa langsung kamu terapkan di kehidupan sehari-hari.

Penasaran? Coba kelas gratis dulu, yuk! Kamu bisa daftarkan nomor handphone kamu atau orang tuamu dan langsung ikut kelasnya di EF Center di kotamu.

Selamat bersenang-senang!