Skip Navigation LinksHome > Percakapan Bahasa Inggris
Percakapan Bahasa Inggris

Percakapan Bahasa Inggris

Percakapan Bahasa Inggris tertulis

Bagaimana melatih pemikiran untuk terbiasa berpikir dalam bahasa Inggris? Tentunya ada banyak cara untuk melakukannya, antara lain adalah dengan berlatih percakapan bahasa Inggris secara tertulis. Memangnya ada percakapan bahasa Inggris tertulis? Tentu saja! Dengan semakin banyaknya pengguna internet di dunia, percakapan bahasa Inggris juga semakin banyak. Baik itu dalam jaringan sosial di dunia maya, forum, blog, messenger, tanpa disadari kita telah menggunakan percakapan bahasa Inggris tertulis. Kita saling berkomentar dengan menggunakan gaya bahasa lisan, namun dalam bentuk tulisan.

Percakapan tertulis ini biasanya menggunakan tata bahasa Inggris non-formal yang biasa digunakan oleh penutur asli dalam percakapan sehari-hari. Semakin banyak Anda mengenal percakapan tertulis semacam ini, maka semakin familiar Anda dengan percakapan bahasa Inggris yang biasa digunakan oleh penutur asli yang tentunya akan sangat berguna ketika kita sendiri ingin bercakap-cakap dalam bahasa Inggris.

Percakapan bahasa Inggris dengan topik sederhana

Kita dapat melatih percakapan bahasa Inggris dengan percakapan tentang hal-hal sederhana yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari seperti cuaca, film favorit, sahabat dekat, dsb. Topik-topik umum sederhana seperti itu dapat diceritakan dengan menggunakan tata bahasa present tense yang biasanya lebih mudah dan juga kosa-kata yang umumnya kita tahu. Namun, jangan takut untuk mencoba topik-topik lainnya terutama jika topik itu merupakan hobi atau kesukaan.

Kenapa kita merasa sulit bercakap-cakap dalam bahasa Inggris?

Di Indonesia, pelajaran bahasa Inggris mulai diajarkan di sekolah sejak usia dini. Ada sekolah yang mulai mengajarkan Sekolah Dasar, bahkan ada juga yang mengajarkan mulai dari Taman Kanak-Kanak. Namun, setelah ribuan jam belajar bahasa Inggris, kenapa kita masih saja merasa sangat sulit untuk bercakap-cakap dalam bahasa Inggris? Padahal, kalau mendengar percakapan bahasa Inggris di tempat umum atau mungkin di televisi kita mengerti.

Hal ini adalah hal yang sangat wajar. Kemampuan untuk bercakap-cakap dalam bahasa Inggris perlu dilatih secara rutin dan memang sedikit lebih menantang dibandingkan dengan kemampuan lainnya seperti mendengar atau menulis. Ketika kita bercakap-cakap, kita tak memiliki referensi dari kamus ataupun dari catatan, melainkan semuanya diambil langsung dari pemikiran dan langsung diujarkan. Oleh sebab itu, perlu latihan secara rutin untuk membiasakan pemikiran kita untuk mengujarkan kata-kata dalam bahasa Inggris. Jika kita tak terbiasa untuk berpikir dalam bahasa Inggris, maka kita pun seringkali merasa sulit untuk bercakap-cakap dalam bahasa Inggris walaupun kita tahu banyak sekali kosa-kata bahasa Inggris.

Percakapan bahasa Inggris dengan penutur asli dan teknologi canggih

Salah satu cara terbaik untuk melatih agar kita fasih bercakap-cakap dalam bahasa Inggris adalah dengan langsung bercakap-cakap dengan native speaker atau penutur asli. Mereka adalah guru terbaik yang dapat mengajarkan kita cara bercakap-cakap secara natural. Dengan belajar di EF English First, ada banyak kesempatan untuk bercakap-cakap langsung dengan penutur asli karena sebagian besar guru bahasa Inggris di EF English First adalah penutur asli.

Selain itu, kelas di EF English First dilengkapi dengan teknologi canggih seperti computer dan juga IWB board (papan sentuh interaktif) yang membuat kegiatan belajar mengajar lebih efektif dan menyenangkan. Dengan guru terbaik dan teknologi canggih, melatih kemampuan bercakap-cakap dalam bahasa Inggris bukanlah sesuatu hal yang sulit untuk dilakukan.

Segera hubungi sekolah EF English First terdekat untuk informasi lebih lanjut tentang kelas Conversation Club dari EF English First.


Artikel Berkaitan
>
Usia Siswa
  • 18+
  • 14-17
  • 10-13
  • 7-9
  • 4-6

Nama

Telepon

Kami membutuhkan nomor telpon Anda untuk menjadwalkan kelas Anda. Kami tidak akan memberikan informasi Anda kepada pihak lain di luar EF.

Email

Kami membutuhkan alamat email Anda untuk memberikan informasi terbaru mengenai penawaran khusus dan diskon di EF English First. Kami tidak akan menggunakan alamat email Anda untuk tujuan lain.

Area

Pilih area terdekat Anda

Berita Terbaru

03-13-2014

EF Ditunjuk Sebagai Mitra Resmi Pelatihan Bahasa ...

Rio de Janeiro, Brazil - March 13, 2014 EF Education First has been appointed Official Supplier of Language Training Services for the Rio 2016 Olympic and Paralymp...

Baca lebih lanjut

Tahukah Anda?

UNESCO bekerja sama dengan EF English First Indon...

Dengan mengundang sekitar 200 siswa EF English First, UNESCO dan EF English First, bekerja sama dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia, Friends ...

Baca lebih lanjut

Saya Ingin Bertanya

Jika Anda punya pertanyaan, konsultan kursus kami akan dengan senang hati menghubungi Anda. Silahkan klik di sini dan tinggalkan pertanyaan Anda. Seseorang akan menghubungi Anda kembali.

Tanya sekarang

Kota Anda

Terima kasih!

Anda akan menerima email yang berisi tautan untuk mengunduh "Tips Belajar Bahasa Inggris EF English First".

Mohon isi alamat email yang benar

Pilih kota tempat Anda tinggal