Menu
anaphora dalam tulisan
Reading and Writing

Yuk, Tingkatkan Kekuatan Tulisanmu dengan Anaphora!

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.04.03

EFriends! Pernahkah kamu membaca teks atau mendengarkan pidato yang penuh dengan pengulangan kata atau frasa di awal kalimat? Pengulangan ini namanya anafora dan kehadirannya bukan tanpa alasan, lho! Kira-kira apa alasanya? Ikuti Tom terus ya!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Ada teknik khusus yang disebut anaphora atau anafora yang digunakan untuk memperkuat pesan dan menarik perhatian pembaca atau pendengar. Bagaimana fungsi dan ada berapa jenis anaphora? Yuk ketahui lebih lanjut disini.

pengertian anaphora

Apa itu Anaphora?

Anaphora adalah sebuah teknik gaya bahasa di mana kata atau frasa diulang di awal kalimat atau frasa berturut-turut. Kata atau frasa yang diulang ini disebut anaphora. Teknik ini sering digunakan untuk:

  • Menekankan poin penting: Pengulangan kata atau frasa penting dapat membantu pembaca atau pendengar untuk lebih fokus dan mengingat informasi tersebut.

  • Membuat kalimat lebih mengalir: Anaphora dapat menciptakan ritme dan alur yang lebih baik dalam sebuah teks atau pidato.

  • Meningkatkan koherensi: Pengulangan kata atau frasa dapat menghubungkan ide-ide dan membuat teks atau pidato lebih mudah dipahami.

  • Menciptakan efek emosional: Anaphora dapat digunakan untuk membangkitkan emosi tertentu, seperti semangat, kesedihan, atau kemarahan.

Jenis-jenis Anaphora

  • Anaphora Pronominal: Pengulangan kata ganti seperti "I", "you", "he/she", "they/them". Contohnya seperti kalimat "I want to be a doctor. I want to help others."

  • Anaphora Leksikal: Pengulangan kata atau frasa dengan kata yang sama. Contohnya seperti kalimat "Freedom is the right of all people. Freedom must be fought for."

  • Anaphora Frasa: Pengulangan frasa yang sama. Contohnya seperti kalimat We must study hard. We must achieve our goals."

Fungsi Anaphora

  • Menegaskan Makna: Anaphora membantu menekankan dan memperkuat makna suatu kata atau frasa. Pengulangan bagaikan palu yang menancapkan makna ke dalam pikiran pembaca dan pendengar.

  • Menciptakan Irama: Pengulangan kata atau frasa dapat menciptakan irama dan keindahan dalam sebuah kalimat. Ibarat sebuah lagu, anaphora menciptakan melodi yang menarik dan memikat telinga.

  • Meningkatkan Koherensi: Anaphora membantu menghubungkan antar kalimat dan membuat teks lebih mudah dipahami. Bagai lem yang merekatkan, anaphora menyatukan kalimat-kalimat menjadi sebuah teks yang padu.

  • Menarik Perhatian: Pengulangan dapat menarik perhatian pembaca dan membuat mereka lebih fokus pada teks. Seperti lampu sorot, anaphora menerangi poin-poin penting dalam sebuah teks.

Adapun contoh anafora dalam pidato yang diberikan oleh Wiston Cruchill dengan judul "We Shall Fight on the Beaches", 1940.

"We shall fight on the beaches, we shall fight on the landing grounds, we shall fight in the fields and in the streets, we shall fight in the hills; we shall never surrender."

Jadi, anaphora adalah teknik gaya bahasa yang bermanfaat untuk menekankan poin penting, menciptakan efek ritme, dan meningkatkan koherensi teks. Dengan mempelajari dan menggunakan anaphora, kamu dapat meningkatkan kemampuan menulis dan berbicara, serta memahami teks dan speaking dengan lebih baik.

EFriends, sekarang kalian sudah tahu apa itu anaphora dan bagaimana penggunaannya. Yuk, coba gunakan anaphora dalam tulisanmu untuk membuatnya lebih menarik dan berkesan!

Jika EFriends butuh bantuan untuk belajar dan merangkai kata-kata dalam bahasa Inggris, kamu bisa mendaftarkan di kelas gratis EF dengan mengisi nomor telepon pada laman ini. Disini kamu akan belajar dengan berbagai metode belajar yang menyenangkan bareng guru-guru professional. Dijamin belajar bahasa Inggris jadi menyenangkan.

Sampai ketemu di kelas ya!