Menu
tahun baru 2024
News and Lifestyle

Tradisi Tahun Baru di Berbagai Negara yang Bikin Kamu Tersenyum

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.12.28

Happy new year EFriends! Tahun baru adalah saat yang penuh semangat, penuh warna, dan penuh kegembiraan di seluruh dunia. Setiap negara punya cara unik untuk merayakan pergantian tahun, dan tradisinya seringkali mencerminkan budaya dan nilai-nilai khas setempat. Yuk simak tradisi-tradisi seru di berbagai negara yang bisa jadi inspirasi buat tahun baru kamu!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Ternyata tahun baru nggak cuma dirayakan dengan kembang api, loh. Setiap negara punya tradisi tahun baru yang unik dan seru. Nah, ayo kita jalan-jalan virtual ke beberapa negara untuk melihat bagaimana mereka menyambut tahun yang baru.

Spanyol: 12 Anggur untuk 12 Bulan

anggur

Di Spanyol, mereka punya tradisi yang unik. Pas di detik-detik terakhir tahun, orang-orang akan memakan 12 buah anggur secepat kilat. Setiap buah melambangkan bulan dalam setahun. Katanya, kalau ada yang berhasil memakan semuanya dengan cepat, maka ia akan dapat keberuntungan sepanjang tahun. Seru banget kan?

Jepang: Berkunjung ke kuil dan menukar jimat keberuntungan

kuil jepang

Tradisi tahun baru di Jepang punya fokus yang mulia ni EFriends. Tahun baru di Jepang biasanya dirayakan dengan berkunjung ke kuil setempat untuk menukarkan jimat keberuntungan tahun lalu (omamori) dengan yang baru dan lebih besar. Setelahnya, masyarakat akan menyantap makanan tradisional khas tahun baru seperti mi soba, mochi dan udang.

Italia: Pakaian dalam merah

baju merah

Orang Italia punya kepercayaan kalau memakai pakaian dalam berwarna merah pada malam tahun baru akan membawa keberuntungan dan cinta sepanjang tahun. Jadi, jangan heran kalau kamu smelihat banyak toko pakaian dalam di Italia menjual koleksi merah sebelum perayaan tahun baru!

Irlandia: Memukul roti ke tembok

roti

Untuk mengusir roh jahat dan memulai tahun dengan rumah yang bersih, keluarga-keluarga di Irlandia merayakan tahun baru dengan memukulkan roti sisa Natal ke dinding dan pintu di seluruh bagian rumah. Namun salah satu tradisi yang paling terkenal adalah menyiapkan piring tambahan di meja makan untuk orang-orang terkasih yang pergi di tahun sebelumnya.

Brazil: Memakai pakaian putih dan pergi ke pantai

gadget

Di Brazil, orang biasanya pergi ke pantai karena di sana sedang musim panas. Segera setelah tengah malam, orang-orang harus melompati tujuh gelombang sambil membuat tujuh permintaan. Dalam perayaan ini, orang-orang yang melompat ke air harus memakai pakaian serba putih yang melambangkan kesucian.

Meksiko: Berjalan-jalan dengan koper kosong

koper

Di Meksiko, ada satu tradisi yang diikuti orang-orang pada malam tahun baru untuk membantu merayakan tahun yang penuh dengan perjalanan dan pengalaman baru. Di beberapa negara Amerika Latin, orang akan berjalan-jalan dengan membawa koper kosong atau meletakkannya di tengah ruangan dan berjalan-jalan mengelilinginya. Ada juga yang berjalan-jalan satu putaran penuh mengelilingi satu blok dengan koper yang kosong. Yang ingin banyak jalan-jalan, yuk coba tradisi ini!

Itulah sebagian tradisi tahun baru dari berbagai negara yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk merayakan tahun baru dengan cara yang lebih unik dan berwarna. Setiap tradisi memiliki cerita dan makna tersendiri, dan semuanya mengajarkan kita tentang keberagaman budaya di seluruh dunia.

Jadi, bagaimana kamu berencana merayakan tahun baru EFriends? Kalau kamu mau belajar budaya dan memperlancar kemampuan bahasa Inggris, kamu bisa bergabung di kelas EF gratis! Ada teman dan guru yang menantimu untuk bersenang-senang bersama, lho. Penasaran dengan keseruan belajar di EF? Yuk daftar kelas gratisnya sekarang dengan mengisi nomor HP di form yang ada di halaman ini ya. Jangan sampai kehabisan kursi!