Menu
tips menulis ulasan film
Reading and Writing

Tips Menulis Ulasan Film dalam Bahasa Inggris

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.06.21

Kamu pernah nonton film? Jika iya, apakah kamu pernah menuliskan ulasan tentang film yang kamu suka? Kali ini, Tom Thunder sang pemberani akan memberitahumu cara menuliskan ulasan film dalam bahasa Inggris. Simak sama-sama, yuk!

(Tom tidak takut film hantu, kok!)

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Sebelum melihat tips menulis ulasan di bawah ini, apa kamu tahu apa yang sebenarnya dimaksud dengan ‘ulasan film’ atau juga bisa disebut movie review? Ulasan film adalah tulisan yang mengungkapkan opini seseorang tentang film ditontonnya. Ulasan film bisa ditulis untuk diri si penulis sendiri, untuk mengungkapkan pendapatnya setelah menonton suatu film.

Ulasan film juga bisa ditulis dengan tujuan untuk dibaca oleh orang lain, untuk merekomendasikan atau mengritik film tersebut. Yuk lihat sama-sama tips menulis ulasan film di bawah ini!

1.Pertama-tama, apa itu opini?

blog film review

Ulasan film harus menyertakan fakta tentang film serta opini asli si penulis tentang film tersebut. Pertama-tama, penulis harus bisa membedakan antara fakta versus opini.

Fakta adalah suatu hal yang sungguh-sungguh terjadi atau benar secara empiris dan bisa dibuktikan. Opini adalah pertimbangan, pandangan, sikap atau penilaian pribadi seseorang, yang biasanya bersifat subjektif. Mari lihat pernyataan di bawah ini; mana yang fakta, dan mana yang opini?

  1. The Life of Pi movie is directed by Ang Lee.

  2. Life of Pi is the best movie I’ve ever seen.

  3. Three Billboards Outside Ebbing, Missouri should win the Oscar best picture of the year award.

  4. Three Billboards Outside Ebbing, Missouri presents a story of a mother who challenges the local authorities to solve her daughter’s murder.

  5. Jacky Chen is the best actor in China.

Jawaban:

  1. Fakta

  2. Opini

  3. Opini

  4. Fakta

  5. Opini

2. Berikan fakta tentang film tersebut

fakta tentang film

Kamu harus membuat pembaca ulasanmu menganggap bahwa tulisanmu dapat dipercaya dan bukan tanpa dasar. Hal tersebut yang membuat penulisan fakta menjadi hal yang penting. Berikut ini adalah beberapa kalimat yang bisa kamu tulis untuk membeberkan fakta tentang suatu film:

  1. It’s set in…(Bangkok/ in the 1960’s).

  2. The movie took place in New York.

  3. The main characters are … and they’re played by…

  4. It’s a martial art movie / thriller / love-story.

3. Berikan pendapatmu tentang film tersebut

opini tentang film

Ulasan film yang bagus perlu mengandung fakta-fakta penting, tetapi BUKAN berupa daftar fakta tentang film tersebut. Ulasan film yang bagus harus memberikan opini asli tanpa membocorkan plot cerita.

Saat menulis ulasan film, kamu bisa menilai isi cerita dengan bertanya hal-hal berikut: apakah plotnya masuk akal? Apakah alur kisahnya logis? Kamu juga bisa menilai akting si aktor: apakah dia berakting sesuai dengan jalan cerita?

Selain itu kamu juga bisa menulis pendapatmu tentang efek khusus atau menganalisa musiknya: apakah efek khusus, pencahayaan, suara dan berbagai komponen lainnya berhasil mendukung film, atau malah merusak film? Apakah musiknya sesuai dan digunakan secara efektif?

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengungkapkan opinimu:

  • It seems to me that….

  • In my opinion, …

  • Personally, I think…

  • I’m sure/certain…

Setelah membuat pernyataan tentang suatu film, jangan lupa untuk mendukung pernyataan tersebut dengan memberikan contoh deskriptif. Jelaskan penampilan tiap adegan, penampilan si aktor dalam berakting, sudut pandang kamera, dan sebagainya.

Ini adalah bukti-bukti untuk mendukung opinimu. Kamu juga bisa mengutip dialog untuk memperkuat opinimu.

Jadi, sudah siapkah kamu menuliskan ulasan film-mu sendiri dalam bahasa Inggris? Jika sudah, jangan lupa untuk terus menulis supaya kamu dapat membuat orang lain tertarik dengan karya-karyamu!

Apa kamu tahu bahwa kamu juga dapat mengukur seberapa jauh kemampuan bahasa Inggris dengan ikut bergabung dalam kelas demo GRATIS EF? Yuk, dapatkan kesempatan untuk mencobanya sekarang juga dengan mengisi form di halaman ini. Kuota terbatas!

Selamat menulis ulasan film kesukaanmu!