Menu
speak english
Listening and Speaking

Tips Melatih Kemampuan Speaking Bahasa Inggris Kamu

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.04.06

Kamu ingin lancar berbahasa inggris tapi bingung bagaimana caranya? Caranya dimulai dengan melatih kemampuan speaking bahasa inggris kamu dari sekarang. Kamu bisa meningkatkan kemampuan speaking melalui tips berlatih speaking bahasa inggris dibawah ini.

Di dunia modern saat ini, berbahasa inggris dengan lancar memiliki banyak keuntungan. Bicara menggunakan bahasa inggris tidak hanya membuatmu lancar, tetapi juga dapat membuatmu percaya diri. Sering kali beberapa dari kita tidak berani untuk berbicara bahasa inggris, karena tidak banyak latihan dan memperkaya kosakata bahasa inggris kita.

Dapat kita ketahui banyak sekali alasan mengapa orang-orang tidak ingin berlatih untuk berbicara dalam bahasa inggris. Mereka takut membuat kesalahan, sehingga mereka tidak bisa mengatakan apa yang mereka ingin katakan. Selain itu, mereka juga malu dan takut orang-orang akan menertawakan pengucapan mereka yang salah.

Tentunya kita semua pernah merasakan perasaan itu saat kita sedang belajar mengucapkan kalimat dalam bahasa inggris, tetapi jika kamu tertarik untuk meningkatkan kemampuan speaking. Ayo coba ikuti tips-tips dibawah ini ya.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Menonton Film dalam Bahasa Inggris

film bahasa inggris

Pertama-tama yang perlu kamu lakukan yaitu mengganti saluran yang kamu tonton dengan bahasa inggris. Baik itu berita, film, ataupun kartun yang sering kamu tonton. Termasuk film dan kartun yang kamu sukai, ubahlah subtitle nya ke dalam bahasa inggris juga. Latihan ini berguna untuk menambah kosakata bahasa inggris di ingatanmu dan kamu dapat mengamati bagaimana pengucapan bahasa inggris yang baik dan benar.

Membaca Buku Berbahasa Inggris

buku bahasa inggris

Tidak hanya menonton, membaca buku tentu saja sangat membantu kamu memperkaya kosakata bahasa inggris. Coba lah untuk mengingat kosakata bahasa inggris yang ada di buku tersebut. Selain menambah kosakata, membaca mempunyai banyak manfaat yaitu juga menambah ilmu pengetahuan kita. Semoga kamu termasuk salah satu yang hobi membaca ya.

Latihan di Depan Cermin

berlatih bicara inggris di depan kaca

Buatlah situasi ketika kamu sendirian, seperti berdiri dan berbicara di depan cermin menggunakan bahasa inggris. Perkenalkan dirimu dan ceritakan apa yang kamu suka, apa cita-citamu, termasuk hobi kamu. Situasi ini dapat kamu praktikan dengan menonton video berikut ini sebagai contoh. Mari kita simak video-nya di bawah ini!

Mengikuti Kegiatan Berbahasa Inggris

kegiatan bahasa inggris

Perhatikan jika ada pengumuman atau iklan kegiatan berbahasa inggris di sekolah ataupun disekitarmu. Apabila kamu sudah menemukannya, coba lah ikut ke dalam kegiatan tersebut. Kamu bisa saja berjumpa dengan siswa pertukaran pelajar ataupun guru-guru yang bisa membimbing kamu untuk berlatih.

Ajak Temanmu Berbicara Bahasa Inggris Secara Rutin

berlatih berbicara bahasa inggris

Kamu bisa mengajak teman terdekatmu satu atau dua orang untuk berbicara bahasa inggris dengan rutin. Kamu dan teman-temanmu bisa mencobanya di sekolah, sepulang sekolah, ataupun ketika kalian sedang bersantai. Cara ini cukup efektif bagi kamu yang malu dan tidak percaya diri untuk berbicara bahasa inggris didepan orang asing.

Nah, itulah dia tips-tips yang dapat kamu praktikan untuk melatih speaking bahasa inggrismu. Jangan lupa dicatat ya. Tidak hanya tips di atas, EF juga dapat membantu melatih kemampuan speaking bahasa inggris kamu bersama teman-temanmu. Metode yang diajarkan sangat menyenangkan dan membuat kamu berkembang pesat dalam berbahasa inggris. Selain itu, EF memiliki pengajar profesional yang tidak mengecewakan tentunya.

Jadi tunggu apalagi? EF sedang ada promo spesial untuk kamu yang daftar di bulan ini ya. Ayo daftar sekarang dan nikmati keseruannya.

Sampai jumpa di kelas!

Ben Small Stars
Author
Ben