Menu
debat bahasa inggris
Listening and Speaking

Tips Debat Bahasa Inggris supaya Kamu Makin Jago!

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.12.15

Ada yang sudah pernah ikut kelas debat di sekolah? Debat dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris nih? Di beberapa sekolah, debat sudah dijadikan ekstra kurikuler atau kegiatan di luar sekolah yang bisa kamu manfaatkan ilmunya lho. Debat juga berguna untuk mengasah kemampuan berpikir. Kamu akan dilatih untuk memiliki cara berpikir yang logis dan kritis.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Selain itu, debat sangat dibutuhkan untuk memberi, mempertahankan, atau bahkan menentang suatu argumen. Hal ini juga bisa terjadi di mana saja. Selain di sekolah, nanti ketika kamu sudah masuk universitas, kamu akan menemukan banyak platform untuk mengembangkan kemampuan debatmu. Sampai ada kompetisinya lho!

Biasanya, kemampuan debat berjalan bersamaan dengan kemampuan negosiasi, di mana keduanya termasuk dalam bidang komunikasi. Nah, Kamu sudah tahu belum? Apa saja hal yang harus kamu lakukan saat debat?

Berikut tips debat Bahasa Inggris yang harus kamu persiapkan. Simak artikel di bawah sampai habis ya.

1. Memilih Tema

memilih temaSaat debat, kamu tidak boleh keluar dari tema yang sedang diperdebatkan. Pilih tema yang kamu kuasai dan analisis terlebih dahulu untuk memperdebatkan masalah atau fenomena yang relevan dengan tema tersebut. Kalau kamu membahas mengenai sistem pendidikan, jangan membahas mengenai transportasi ya. Pegang prinsip โ€œ Think before act โ€œ.

2. Keraskan Suara

suaraKetika menyampaikan argumen, keraskan suara agar argumen yang kamu sampaikan terdengar oleh lawan, juri, dan audience yang menonton. Suara juga memiliki efek psikologi, karena jika kamu tidak lantang menyuarakan argumenmu, artinya kamu tidak yakin dengan argumen tersebut dan memberi celah kepada lawan untuk menyela.

3. Perbaiki Cara Pengucapan

speakingSuara sudah lantang, tapi tetap perhatikan cara pengucapanmu. Sudah hebat ikut debat Bahasa Inggris dengan tema yang keren, tapi pronounciationnya masih berantakan. Sangat disayangkan bukan? Kamu bisa mulai riset mengenai kata โ€“ kata yang akan kamu utarakan pada saat debat. Cek terlebih dahulu bagaimana cara mengucapkannya.

4. Perbanyak Kosakata

kosakataTak kalah penting! Kosakata juga sangat menentukan level Bahasa Inggrismu lho. Coba tanyakan pada gurumu atau riset perbedaan kosakata untuk pemula dengan level yang sudah mahir. Pasti berbeda. Selain itu, pelajari kelas katanya. Kamu harus tau kata kerja (verb), adjektiva (adjective), adverbia (adverb), kata benda (noun), dan lainnya. Jangan sampai yang seharusnya kamu menggunakan adjektiva, kamu malah menggunakan adverbia.

5. Kuasai Tata Bahasa

grammarPahami penggunaan tata bahasa dengan benar. Kamu harus bisa menyampaikan argumen sesuai dengan waktu atau fungsi dari kalimat yang akan kamu sampaikan. Jika kamu membahas mengenai fakta, gunakan present simple. Jika terdapat dua kegiatan yang terjadi di masa lampau, gunakan past perfect. Ketahui penggunaan gerund dan to-infinitive, sesuaikan kata penghubung (conjunction), dan aturan tata bahasa lainnya.

5. Jaga Sopan Santun

sopan santunTerakhir, jangan lupakan sopan santun. Menang atau kalah, kamu harus tetap bisa menjaga sikap. Saat lawan menyampaikan argumen, walaupun kamu kontra terhadap gagasan tersebut. Kamu harus tetap rendah diri dan menghormati seseorang yang sedang berbicara. Perhatikan juga bahasa non-verbalmu, seperti postur, gestur, dan mimik wajah.


Bagaimana? Untuk kamu yang sudah pernah berdebat atau bahkan mengikuti kompetisi debat, sudah melakukan enam tips tadi? Ayo semangat belajar! Kamu pasti bisa. Tidak ada yang tidak mungkin, jika kamu terus berusaha dan mencoba.

Perbanyak baca buku, pahami femonema yang terjadi, banyak berlatih dan terus tingkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu. Wah, pengalamanmu akan semakin banyak dan bisa menjadi bekal untuk masa depan.

Ingin melatih Bahasa Inggrismu agar lebih pro? Yuk bergabung bersama EF Kids & Teens. Coba Free Demo Class EF! Kamu akan didampingi oleh guru yang jago dan teman-teman yang seru lho! Penasaran? Ayo daftar kelasnya! Gratis! ๐Ÿ˜‰