Menu
menjaga lingkungan
News and Lifestyle

Tips Ajarkan Anak untuk Merawat Lingkungan Sejak Dini

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.01.30

Parents, apakah perubahan iklim dalam beberapa tahun terakhir semakin terasa lebih signifikan daripada sebelumnya? Oleh karena itu, memberi anak pengajaran tentang menjaga lingkungan sejak dini sangatlah penting. Ini merupakan kesempatan bagus bagi anak untuk belajar mencintai dan menjaga lingkungan di masa yang akan datang. Ingin tahu langkah-langkah yang dapat diambil? Temukan informasi selengkapnya di bawah ini!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Penting bagi orangtua untuk memberikan pengajaran kepada anak-anak mengenai pentingnya pelestarian lingkungan. Mendidik anak-anak untuk peduli terhadap lingkungan merupakan tindakan yang positif dan memiliki dampak yang baik bagi keberlanjutan hidup.

Lingkungan yang bersih dan sehat tidak hanya membantu mencegah penyakit fisik, tetapi juga menjaga keseimbangan pikiran. Orang tua bisa mulai mengajarkan hal ini dari lingkungan terdekat, baik di dalam rumah maupun di sekitar tempat tinggal.

membaca buku anak-anak

Mengapa mengajarkan linkungan kepada anak penting?

Belajar tentang keberlanjutan lingkungan sejak usia dini sangat penting untuk membentuk kebiasaan hidup yang peduli lingkungan di masa depan. Salah satunya adalah menjadi lebih bijaksana dalam menggunakan sumber daya, memastikan bahwa penggunaan tersebut tidak merugikan lingkungan.

Si kecil dapat diajarkan untuk menghemat air dan energi, melakukan daur ulang dengan baik, serta memperhatikan seberapa banyak sampah yang dihasilkan setiap harinya. Faktanya, anak-anak adalah kelompok yang paling rentan karena mereka lebih banyak terpapar dengan lingkungan yang mungkin tidak baik.

Ada beberapa cara untuk mengajari anak-anak pentingnya melindungi lingkungan, yaitu:

Berikan Contoh yang Baik

beri contoh yang baik

Pastikan sang buah hati melihat contoh baik dari orangtua yang peduli dengan lingkungan. Orangtua adalah teladan pertama bagi anak-anak. Dengan menunjukkan tindakan positif, anak-anak akan belajar bagaimana menjaga lingkungan dari orangtua mereka.

Contohnya, dengan membuang sampah pada tempatnya, mematikan lampu dan alat elektronik saat tidak digunakan, menggunakan tas belanja yang bisa digunakan berulang, dan hal-hal positif lainnya.

Melakukan Aktivitas di Luar

bercocok tanam

Untuk membuat anak lebih mencintai dan peduli terhadap lingkungan, sebaiknya kamu mengajak mereka untuk beraktivitas di luar rumah. Kamu bisa mengajak anak berkebun, liburan atau sekadar jalan-jalan di alam terbuka atau di sekitar kota. Selama kegiatan tersebut, kamu bisa berbicara pada mereka tentang betapa pentingnya menjaga lingkungan sekitar kita.

Saat melakukan aktivitas, kamu bisa mengajarkan anak mengenai kehidupan alam, seperti tumbuhan dan binatang. Kamu dapat menjelaskan mengapa penting untuk merawat dan melestarikan flora dan fauna tersebut. Dengan cara ini, anak akan lebih memahami bagaimana tindakan kecil kita dapat berkontribusi dalam menjaga keindahan lingkungan.

Ajarkan Mengenai Daur Ulang

daur ulang sampah

Jelaskan pada si kecil kenapa kita perlu mendaur ulang. Tanamkan pemahaman tentang pentingnya memisahkan sampah, yang bisa dimulai dari rumah kita sendiri. Ajarkan anak-anak mengenai berbagai jenis sampah seperti sampah makanan, barang-barang bekas, dan sampah yang berbahaya. Ajarkan mereka cara memisahkan sampah ini agar bisa didaur ulang dengan baik.

EF Parents, cobalah menerapkan pola hidup "green housekeeping" di rumah. Artinya, usahakan untuk menghasilkan sesedikit mungkin sampah dan menghemat penggunaan air serta listrik. Gunakan pembersih yang ramah lingkungan dan sediakan tempat khusus untuk sampah kompos. Dengan begitu, kita semua dapat berkontribusi untuk menjaga bumi kita tetap bersih dan sehat. Ingat! setiap tindakan kecil memiliki dampak besar untuk lingkungan!

Berikan Edukasi Energi Baru

matikan air jika tidak digunakan

Memberikan pengetahuan kepada anak-anak tentang energi terbarukan, seperti energi dari air, matahari dan angin, akan membantu mereka memahami cara menggunakan energi secara ramah lingkungan. Kamu juga bisa menunjukkan langkah-langkah praktis untuk menghemat energi, seperti mematikan perangkat elektronik saat tidak digunakan atau menggunakan lampu yang lebih hemat energi. Ingatlah, sebagai orang tua, kita memiliki peran penting sebagai guru pertama anak-anak dalam hal pendidikan nilai-nilai positif.

Ajak Anak Bergabung dengan Komunitas

volunteer lingkungan

Terakhir, ajak anak-anak untuk terlibat dalam kegiatan sosial bersama komunitas. Ini bisa berupa kegiatan membersihkan pantai bersama-sama atau mengikuti program penanaman pohon. Dengan berpartisipasi dalam kegiatan bersama, anak-anak akan merasa bahwa mereka juga bagian dari upaya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.

Oiya EF Parents, jika anak memiliki banyak mainan atau barang yang masih bagus tetapi tidak digunakan, ajarkan mereka untuk berbagi dengan teman sebaya yang mungkin membutuhkan atau dengan badan amal. Ini lebih baik daripada membuangnya. Dengan berbagi, barang tersebut dapat menemukan rumah baru dan memberikan manfaat kepada orang lain.

EF Parents, yuk, kita bersama-sama menciptakan generasi yang peduli terhadap lingkungan! Dengan melibatkan anak-anak sejak usia dini, kita sedang membangun dasar yang kuat untuk sikap peduli terhadap alam. Ingat, setiap tindakan kecil yang kamu lakukan bisa memberikan dampak besar untuk bumi kita. Ayo, kita jaga lingkungan bersama-sama!

Kalau kamu mau meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris anak, kamu bisa daftarkan si kecil ikut les bahasa Inggris di EF. Anak akan belajar bahasa Inggris lewat metode yang menyenangkan. Pastinya akan dipandu dengan guru yang profesional!

Penasaran? Yuk coba kelas gratis untuk melihat keseruan kelas EF untuk buah hati.