Menu
minat baca anak
News and Lifestyle

Tingkatkan Minat Baca, Ketahui Cara Kreatif dan Menyenangkan Membaca Buku di Rumah

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.01.19

Bermain, makan es krim, nonton film. Ketiga hal tersebut bisa jadi top of mind anak-anak saat ditanya tentang kegiatan di rumah yang menyenangkan buat mereka. Jarang sekali ada yang menjawab “membaca buku”. Kalau kamu orang tua yang ingin meningkatkan minat baca anak, kamu menemukan artikel yang tepat!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Eits, sebelum kamu melakukan sesuatu untuk meningkatkan minat baca anak, kamu sebagai orang tua harus gemar membaca juga, ya. Kalau kamu memang suka membaca buku, mengajak anak punya hobi membaca bisa jadi lebih mudah nih EFparents.

Kalau kamu suka membaca dan ingin mengisi kegiatan anak di rumah dengan membaca (menggunakan cara yang menyenangkan), yuk cek tips berikut ini.

membaca buku anak-anak

Biarkan anak memilih buku favoritnya

Komik, novel fiksi, majalah, koran, atau mungkin buku resep favoritmu. Bebaskan anak-anak membaca buku apapun yang menarik minat mereka.

Membaca buku bergambar tanpa teks

Apakah kamu pernah tahu buku yang satu ini? Ini adalah buku cerita yang isinya hanya gambar, tanpa ada teks. Yang menarik dari buku ini, kamu dan buah hati bisa membaca bersama, berimajinasi menentukan alur dan panjang cerita.

Membuat suasana membaca sesuai cerita di buku

Sebagai contoh, kamu dan buah hati sedang membaca cerita tentang petualangan. Kamu bisa membaca di dalam tenda, memasang lampu senter, dan berpakaian layaknya petualang penakluk dunia!

Bermain seni peran berdasarkan karakter dari buku

Bemain seni peran punya manfaat tersendiri untuk anak, lho. Setelah menyelesaikan satu buku, kamu dan anak bisa berkhayal jadi tokoh dari buku tersebut dan menghadirkannya ke dunia nyata. Pasti seru!

Buat reading corner

Supaya lebih nyaman saat membaca, kamu bisa buat sudut baca di rumah. Tidak perlu fancy, kamu bisa sediakan beanbag atau sofa yang nyaman, pencahayaan yang baik, dan yang paling penting, mnim distraksi.

Gunakan audiobook

Siapa bilang buku hanya bisa dibaca? Buku juga bisa didengar, lho EFparents. Ada bebbagai judul buku yang memiliki audiobook. Kalau sedang bosan membaca, anak-anak bisa memilih mendengarkan audiobook. Kalau bosan mendengar audiobook, mereka bisa kembali membaca buku fisik. Seru kan?

Membaca sambil nyemil

Siapa sih yang tidak suka membaca buku sambil makan cemilan? Kamu bisa membuat jadwal membaca rutin, dimana saat jadwal tersebut, anak bisa mendapat camilan favoritnya sebagai teman membaca.

EFparents, itu tadi beberapa tips membaca buku di rumah lewat cara yang kreatif dan menyenangkan yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan minat baca anak-anak. Tips yang mana nih yang membuatmu tertarik untuk mencoba?

Kalau kamu mau meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris anak, kamu bisa daftarkan si kecil ikut les bahasa Inggris di EF. Anak akan belajar bahasa Inggris yang bisa dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari lewat metode yang menyenangkan.

Penasaran? Yuk coba kelas gratis untuk melihat keseruan kelas EF untuk buah hati.