Menu
bahasa formal
Listening and Speaking

Tidak Cuma Berprestasi, Cek Manfaat Lain Belajar Bahasa Formal

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.05.03

Kalau kamu pernah membaca surat edaran ataupun kolom syarat dan ketentuan saat mendaftar sesuatu, kalau kamu perhatikan lagi, bahasa yang digunakan dalam dokumen tersebut terasa berbeda, ya? Banyak kosakata yang asing dan susah. Hal ini karena dokumen-dokumen tersebut menggunakan bahasa formal. Apa itu bahasa formal?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Bahasa formal atau formal language berbeda dengan bahasa informal/santai. Bahasa formal adalah bahasa yang digunakan dalam situasi atau keperluan resmi. Biasanya kamu akan menjumpai atau menggunakan bahasa formal saat membaca dokumen legal, membuat esai beasiswa, membuat surat lamaran kerja, atau saat melakukan wawancara. Tidak mungkin kan kamu menggunakan bahasa informal/santai saat menulis esai beasiswa atau saat melakukan wawancara?

Perbedaan utama antara Bahasa Inggris formal dan informal selain pemilihan kosakata yaitu:

Bahasa Inggris Formal

  • Tidak menggunakan contractions

Contoh: Payment could not be made due to a system error.

  • Menggunakan bahasa literal

Contoh: Our team requires additional support from other teams.

  • Tidak menggunakan bahasa slangl/coloquial

Contoh: Teachers expect students to use the correct grammar for essays.

  • Tidak menggunakan kata ganti orang pertama

Contoh: During the interview applicants were asked to provide a portfolio

Bahasa Inggris Informal

  • Menggunakan contractions

Contoh: The payment can’t be made due to a system error.

  • Diperbolehkan menggunakan phrasal verb

Contoh: Our team needs a backup from another team.

  • Banyak menggunakan bahasa slangl/coloquial

Contoh: Teachers count on students to use the correct grammar for essays.

  • Boleh menggunakan kata ganti orang pertama

Contoh: During the interview we asked the applicants for a portfolio.

Kalau kamu tidak familiar dengan Bahasa Inggris formal, sebaiknya kamu mulai belajar ya. Ada banyak kelebihan kalau kamu paham perbedaan Bahasa Inggris formal dan informal serta bisa menggunakannya dengan tepat.

Meningkatkan kemampuan komunikasi

Beajar bahasa Inggris formal bisa membantu kamu berkomunikasi dengan lebih efektif dalam lingkungan profesional dimana sangat diperlukan komunikasi yang singkat, padat dan jelas. Dengan memahami bahasa inggris formal, kamu bisa lebih mudah memahami dan memaknai ide dan argument yang kompleks.

Kesempatan kerja lebih besar

Banyak perusahaan mencari karyawan yang punya kemampuan komunikasi yang kuat terutama dalam komunikasi tertulis. Nah, di bagian ini bahasa formal punya peran besar. Kamu bisa punya peluang lebih besar untuk dipekerjakan di posisi yang memang memerlukan kemampuan menulis dan berbicara yang tinggi. Apa saja contoh pekerjaannya? Apakah kamu tahu?

Performa akademik meningkat

Siswa yang belajar bahasa Inggris formal seringkali punya prestasi yang lebih baik secara akademis. Tapi bukan berarti kamu yang tidak familiar dengan Bahasa Inggris formal kurang berprestasi, ya. Hal ini karena dalam academic writing atau penulisan akademik ada banyak disiplin ilmu memerlukan bahasa yang tepat dan komunikasi yang jelas. Teks akademik biasanya menggunakan bahasa formal dengan istilah-istilah yang sesuai jurusan keilmuan masing-masing.

Meningkatkan kepercayaan diri

Mempelajari Bahasa Inggris formal dapat meningkatkan kepercayaan dirimu dalam situasi sosial dan professional. Kamu bisa mengekspresikan diri dengan lebih jelas dan efektif sehingga orang lain bisa dengan mudah memahami ucapanmu.

Pemahaman budaya yang lebih luas

Bahasa Inggris formal adalah bahasa standar yang digunakan di banyak negara di seluruh dunia, khususnya dalam lingkungan akademik dan bisnis. Belajar Bahasa Inggris formal bisa membantumu lebih memahami dan menghargai budaya lain dan kebiasaan mereka.

Banyak kan manfaat belajar Bahasa Inggris formal? Sudah mulai tertarik untuk belajar lebih dalam? Kalau iya, belajarnya di EF aja yuk! Kamu tidak hanya akab belajar teori, tapi juga aka nada banyak praktik agar kamu terbiasa menulis dan berbicara menggunakan bahasa formal. Ada guru-guru professional yang akan membimbingmu sampai fasih, kok!

Segera daftar sekarang ya, karena ada diskon khusus untukmu yang mau jago bahasa Inggris bersama EF.