Menu
ikan paus
News and Lifestyle

Serba Serbi Keunikan Ikan Paus yang Harus Kamu Tahu

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.02.19

Buddy, siapa yang suka dengan hewan air, salah satunya ikan paus? Ikan paus adalah hewan yang keren karena ia dijuluki si raja lautan. Tapi sayangnya, beberapa spesies ikan paus sudah hampir punah. Dalam rangka Hari Paus Sedunia, yuk kita kulik berbagai fakta seputar ikan paus.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Hari Paus Sedunia atau World Whale Day diperingati setiap tanggal 18 Februari untuk menumbuhkan kesadaran tentang ancaman yang menyerang spesies satu ini. Ayo kita bersama-sama mengenal lebih jauh tentang ikan paus.

Ada sekitar 90 spesies paus di dunia. Mulai dari paus biru yang merupakan ikan paus terbesar di dunia, sampai lumba-lumba hector yang mungil. Yup, lumba-lumba terasuk ke dalam golongan “cetacea”.

Ikan paus dikelompokkan menjadi dua, ikan paus bergigi dan ikan paus balin. Yang termasuk ikan paus bergigi adalah paus orca, paus beluga dan paus sperma. Sementara yang termasuk paus balin diantaranya adalah paus humpback dan paus biru.

Semua ikan paus bergigi punya tonjolan berupa jaringan lemak di kepalanya yang dinamai “melon”. Tonjolan ini digunakan untuk berkomunikasi dan ekolokasi. Apakah kamu tahu apa gunanya ekolokasi? Ekolokasi digunakan untuk menavigasi lautan.

Ambergris adalah zat padat seperti lilin yang berasal dari sistem pencernaan paus sperma yang terbentuk dari sisa makanan yang tidak bisa dicerna. Ambergris digunakan sebagai bahan pembuatan parfum. Ambergris ini benda langka, lho. Tidak heran harganya sangat mahal.

makanan penyu

Paus biru Antartika adalah jenis yang terbesar dari semua paus biru. Ia juga merupakan hewan terbesar di bumi, lho. Beratnya mencapai 180 ton dan panjangnya mencapai 30 meter. Dalam sehari, mereka bisa makan sampai 4 ton. Wow!

Tahukah kamu kalau ikan paus berkepala busur adalah salah satu mamalia yang punya umur panjang? Ia bisa hidup sampai 200 tahun.

makanan penyu

Paus orca alias the killer whale merupakan apex predator, ia adalah pemegang posisi tertinggi di piramida rantai makanan.

Paus abu-abu melakukan salah satu migrasi tahunan terpanjang dibandingkan mamalia mana pun: mereka melakukan perjalanan sekitar 16.000 km pulang pergi.

Dari ukuran raksasa hingga suara misterius yang mereka hasilkan, ikan paus memang makhluk indah yang penuh misteri. Ayo ajak teman-temanmu bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan agar paus dan spesies lainnya tetap bisa hidup bahagia dan sehat di lautan yang indah ini.

Buddy, selain menjaga lingkungan bersama teman, kamu juga bisa seru-seruan dengan cara lain, lho. Belajar bahasa Inggris rame-rame bikin suasana kelas makin menyenangkan. Yuk ajak temen buat belajar bahasa Inggris di program kelas gratis EF. Selain belajar bahasa Inggris, kalian juga bisa mencoba berbagai aktivitas seru seperti cooking class dan scavenger hunt. Tertarik ikutan?