Menu
remember
Grammar and Vocabulary

Remember atau Recall? Mengingat dalam Bahasa Inggris

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.04.08

Kata “mengingat” dalam Bahasa Inggris adalah remember. Tapi selain itu, ada juga sinonimnya yaitu recall. Meskipun sinonim, kedua kata ini punya sedikit perbedaan. Baca penjelasannya yuk!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Mengingat adalah sebuah kegiatan untuk memunculkan kembali kejadian maupun informasi di masa lalu. Meskipun keduanya bisa saling digunakan untuk menggantikan satu sama lain, remember dan recall punya perbedaan halus yang memengaruhi cara kita berbicara tentang ingatan.

Remember

Remember mengacu pada keadaan umum menyimpan sesuatu di memori otakmu. Sesuatu ini bisa berupa informasi, pengalaman, atau bahkan orang. Remember adalah proses mengingat yang pasif. Ibarat kamu menyimpan file di komputermu. File-nya ada di sana dan menunggu untuk diakses. “Remember” bisa terjadi secara spontan, dipicu oleh pemandangan yang familiar, bau, atau bahkan pikiran acak.

Contoh kalimat:
  • I remember going to the amusement park as a child. (Aku ingat pergi ke taman hiburan saat kecil.)

  • Do you remember the store name? (Apakah kamu ingat nama tokonya?)

  • I must remember to take the dog for a walk. (Aku harus ingat untuk mengajak anjing jalan-jalan.)

  • I remembered that I had forgotten to hang the laundry. (Aku ingat aku lupa menjemur pakaian.)

Recall

Di sisi lain, recall menyiratkan upaya aktif untuk mengambil informasi dari memori. Seperti mencari file yang kamu perlukan, kamu harus membuka beberapa folder sampai kamu menemukannya.

Contoh Kalimat
  • I couldn’t recall his number. (Aku tidak bisa ingat nomornya.)

  • Let’s calmly recall what happened yesterday. (Mari dengan tenang mengingat apa yang terjadi kemarin.)

  • Do you recall going to this restaurant? (Apakah kamu ingat pergi ke restoran ini?)

  • At the reunion, Jake recalled some of the best moment during the summer camp. (Di reuni, Jake mengingat beberapa momen terbaik saat kamp musim panas.)

Memahami Bedanya Remember dan Recall

Remember menandakan keadaan dimana informasi disimpan di dalam ingatan, sementara recall menekankan pada tindakan aktif untuk mengingat kembali detail informasi yang tersimpan di dalam memori otak.

Bayangkan kamu sedang jalan-jalan ke suatu tempat yang familiar. You remember the place, kamu mengingat dan mengenali tempatnya. You recall what happened on that place, kamu mengingat detail yang terjadi di tempat tersebut, apa yang terjadi, bersama siapa, atau tanda tertentu yang kamu lihat sebelumnya.

Selain itu, upaya yang harus dikeluarkan juga berbeda. “Remember” bisa dilakukan dengan mudah, bahkan tiba-tiba, dipicu oleh isyarat sensorik atau asosiasi acak. Misalnya aroma kue yang mengingatkanmu pada rumah nenek, atau hujan yang mengingatkanmu pada hari tertentu.

Berbeda dengan “recall” yang membutuhkan upaya aktif yang disengaja supaya kamu bisa mengingat detail-detail kejadian atau informasi. Bisa jadi kamu perlu berkonsentrasi, atau menelusuri kembali apa yang sudah dilakukan. Misalnya saat kamu kehilangan dompet atau HP, kamu pasti akan mengingat dan merunut kembali apa saja yang kamu lakukan sebelum dompet atau HPmu hilang.

Satu lagi perbedaan remember dan recall yaitu, kamu bisa mengganti kata “remember” dengan “don’t forget.” Contohnya:

  • Remember to lock the windows = Don’t forget to lock the windows

  • Please remember to submit the assignment before 3 p.m. = Please don’t forget to submit the assignment before 3 p.m.

Efriends, itu tadi penjelasan tentang perbedaan remember dan recall, kosakata bahasa Inggris yang berkaitan dengan ingatan dan memori. Apakah kamu sudah paham bagaimana menggunakan kedua kata ini dengan benar?

Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar bahasa Inggris, kamu bisa bertanya langsung ke guru-guru di EF, lho. Ada kelas percobaan gratis yang tersedia di seluruh sekolah EF di Indonesia dan bisa kamu ikuti kapanpun! Yuk daftar kelasnya sekarang supaya kamu bisa dapat kuota di bulan ini!

Sstt, ada juga EF Holiday Academy yang bisa kamu ikuti selama liburan! Mulai dari 650 ribuan kamu sudah bisa belajar bahasa Inggris seru!